Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persiapan Piala AFF, Timnas U-16 Latihan di Cijantung

Timnas Indonesia U-16 telah kembali lagi menjalani pemusatan latihan (training centre/TC) di Stadion Atang Sutresna, Kompleks Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur.
Pelatih Timnas U-16 Fachri Husaini/Timnas.com
Pelatih Timnas U-16 Fachri Husaini/Timnas.com

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia U-16 telah kembali lagi menjalani pemusatan latihan (training centre/TC) di Stadion Atang Sutresna, Kompleks Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur.

Sebagaimana dilansir website resmi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), latihan mereka di pemusatan latihan kali ini untuk sementara terbagi dua sesi, pagi jam 07.00 dan sore jam 16.00.

Selain 20 pemain yang sebelumnya sudah menjalani pemusatan latihan, beberapa kali uji coba nasional dan internasional serta ikut dalam dua turnamen (Tien Phong Plastic Cup 2017 di Vietnam dan AFF U-15 Championship 2017 di Thailand) terlihat juga beberapa muka-muka baru dalam latihan tersebut.

“Latihan kami di pagi hari adalah kembali menjalani beberapa pengenalan program-program latihan, latihan lanjutan, pemulihan fisik juga. Kemudian kami lanjutkan pada latihan sore hari yaitu penguasaan bola, dribling, shielding, dan passing,” ungkap pelatih kepala timnas U-16, Fakhri Husaini usai latihan.

Ada tujuh orang yang tidak ikut dipanggil kembali dalam pemusatan ini. Mereka adalah Aban Yudhistira (belakang), Muhammad Uchida Sudirman (belakang), I Made Arya Sukawidana (belakang), Kartika Vedhayanto (tengah), Rayhan Azryal Syahputra (tengah), Rifki Dwi Septiawan (depan), dan Alsyah Risky (depan).

Tiga orang juga ada yang tidak ikut latihan karena sakit/cedera, namun masih tetap dipanggil kembali. Mereka adalah Pualam Bahari (penjaga gawang), Hamsa Lestaluhu (tengah), dan Yadi Mulyadi (depan).

“TC kali ini saya ingin melihat kemampuan pemain dan perkembangan pemain ditambah bagaimana mereka bisa bersatu padu dengan beberapa pemain baru. Saya harap juga para pemain baru bisa cepat beradaptasi dengan pemain lain dan program latihan kami,” kata Fakhri.

“Saya juga katakan kepada 20 pemain yang saya panggil kembali di TC ini bahwa mereka harus tetap berjuang mempertahankan tempatnya di timnas U-16 ini. Tidak menutup kemungkinan bahwa bisa saja dipulangkan apabila mereka tidak menunjukkan performanya di tim ini atau tidak memperlihatkan perkembangan yang signifikan,” ujarnya.

Mengenai beberapa pemain baru yang dibawanya kali ini, pelatih yang pernah menjadi bagian dari timnas Indonesia era 1990-an itu mengatakan sudah mengantongi nama-nama untuk dipanggil dan juga hal itu sebagai persiapannya menghadapi kualifikasi Piala AFC 2017 mendatang.

Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 digelar 16-24 September 2017. Mereka berada di Grup G bersama dengan tuan rumah Thailand, Laos, Timor Leste, dan Kepulauan Mariana Utara.

Timnas Indonesia U-16 akan meladeni Kepulauan Mariana Utara di laga perdana Grup G, 16 September 2017. Berikutnya, tim ini menghadapi Timor Leste (18 September), Thailand (20 September), dan Laos (22 September).

Babak penyisihan Piala Asia U-16 2018 diikuti 43 tim. Nantinya, 10 juara grup dan lima runner-up terbaik berhak lolos ke putaran final bersama tuan rumah putaran final Piala Asia U-16 2018.

“Saat ini kami memiliki 15 nama pemain baru, mereka kami panggil secara acak dan bertahap. Hari ini tahap pertama, tahap selanjutnya kami akan melihat dahulu perkembangan dan kemampuan serta sikap pemain paling lama seminggu atau bisa saja kurang dari itu,” ungkap Fakhri.

“TC kali ini juga sebagai ajang seleksi kami terhadap semua pemain untuk mempersiapkan tim menghadapi padatnya jadwal kualifikasi Piala AFC 2017. Untuk latihan kami selanjutnya di hari Rabu besok hanya akan lakukan di sore hari saja,” lanjutnya.

Berikut 20 nama pemain timnas U-16 yang kembali dipanggil:

Kiper: Ahludz Dzikri Fikri (ASAD 313, Purwakarta), Havidz Fauzan Muzaki (PSP Padang), Pualam Bahari (ASAD 313, Purwakarta)

Belakang: Mochammad Yudha Febrian (SSB Cibinong Putra), Liba Valentino Imwahyusyah (ASIFA, Malang), Muhammad Reza Fauzan (SSB Patriot Panton Labu, Aceh), Ahmad Rusadi (SSB Prima Utama Palaran, Samarinda), Fadilah Nur Rahman (Nagari Ketaping, Padang), Miftakhul Septa Anjar Pradika (Apacinti Akademi, Semarang)

Tengah: Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi (PPSM Junior, Magelang), Brylian Negiehta Dwiki Aldama (Gelora Putra, Sidoarjo), David Maulana (PTP W 1, Sumatera Utara), Hamsa Lestaluhu (ASAD 313 Purwakarta), Yadi Mulyadi (ASAD 313 Purwakarta)

Depan: Miftahul Husyen Rahmatullah (SSB Bromo), Rendy Juliansyah (ASIOP Apacinti), Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri (PPSM Junior, Magelang), Andre Oktaviansyah (SSB Pelita Jaya Soccer School), Sukra Yatul Fajra (ASAD 313 Purwakarta), Althaf Indie Alrizky (SSB Tajimalela)

15 Pemain baru:

Kiper: Ernando Ari Sutaryadi (SSB Bina Bakat, Kalteng Putra), Muhammad Risky Sudirman (SSB Villa 2000)

Belakang: Wenvi Adhana (Diklat Ragunan), Erza Bristha (SSB Bina Taruna, Jakarta), Ilham Akbarsyah (SSB YRMD, Jakarta), M. Salman (SSB JFA)

Tengah: Kaka Dwi Guna (ASAD 313, Purwakarta), Sandi Kusuma (Diklat Ragunan), Komang Teguh Trisnanda (Diklat Ragunan), Fatah Aji Pratama (PPLP, DKI Jakarta), M. Rafiq Ramdani (SSB Bina Taruna, Jakarta)

Depan: Bangkit Mustaqim (PPLP Sumatera Utara), Iryanto Wandik (Mancinan FC, Papua Barat), Mochammad Supriadi (SSB Blue Eagle, Jakarta), Sutan Zico Armando (SSB Bina Taruna, Jakarta).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : PSSI.org
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper