Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasan Salihamidzic Pulang ke Bayern Munchen, Jadi Direktur

Juara Jerman Bayern Munchen pada Senin tengah malam (31/7/2017) mengumumkan penunjukan mantan gelandangnya, Hasan Salihamidzic, sebagai direktur sport yang baru.
Hasan Salihamidzic/Zimbio
Hasan Salihamidzic/Zimbio

Bisnis.com, JAKARTA - Juara Jerman Bayern Munchen pada Senin tengah malam (31/7/2017) mengumumkan penunjukan mantan gelandangnya, Hasan Salihamidzic, sebagai direktur sport yang baru.

Salihamidzic memenangi enam gelar Bundesliga bersama Munchen selama karier bermainnya dan diperkenalkan kepada wartawan dalam jumpa pers pada Senin.

Munchen berjalan tanpa direktur sport setelah tahun lalu Matthias Sammer mengundurkan diri dari posisi tersebut untuk berkonsentrasi menyembuhkan penyakit berupa gangguan peredaran darah di otak.

Mantan kapten sekaligus bek kanan Philipp Lahm semula diperkirakan bakal mengambil tugas itu, namun ternyata dia kemudian memilih beristirahat dan menjauh untuk sementara dari sepak bola menyusul keputusannya pensiun pada akhir musim 2016-2017.

“Bayern adalah segalanya bagi saya. Saya dapat mengidentifikasi klub 100 persen, itu masih berjalan sampai sekarang. Bagi saya sangat jelas bahwa saya akan datang kembali,” kata Salihamidzic, yang setuju mengemnbang jabatan tersebut sampai 2020.

Dia menyatakan memahami seluruh struktur klub Bavaria tersebut. “Saya akan menangani tugas baru saya dengan cara yang sama seperti ketika bermain. Saya tersedia 24 jam setiap hari untuk para pemain,” lanjut lelaki kelahiran Jablanica, Bosnia-Herzegovina, pada 1 Januari 1977 itu.

Mantan pemain yang dahulu tampil sebagai bek ataupun gelandang sayap itu menghabiskan waktu selama 9 tahun di Bayern Munchen, menjadi bagian dari tim yang memenangi Liga Champions Eropa musim 2000-2001, dan Chief Executive Karl-Heinz Rummenigge percaya karakternya pas untuk tugas baru itu.

“Hasan tahu Bayern dengan sangat baik, dia bermain di sini selama beberapa tahun. Dia selalu bekerja keras dan memberikan segalanya. Loyalitasnya sangat bagus dan dia berbicara dalam lima bahasa, sehingga bisa berbicara dengan semua pemain,” tutur Rummenigge.

Tugas Salihamidzic, kata Rummenigge, adalah bertanggung jawab untuk semua aktivitas sepak bola klub dan menjadi penghubung antara pelatih dan tim serta antara pelatih dan klub. “Dia ditunjuk melalui suara bulat.”

Salihamidzic mempunyai catatan bermain dalam 234 pertandingan untuk Munchen dengan ikut mengontribusi 31 gol sepanjang 1998 hingga 2007. Dia memulai karier profesionalnya bersama Hamburg pada 1995.

Dia sempat pula merumput bersama jagoan Serie A Italia Juventus pada 2007 hingga 2011 dan mengakhiri perannya sebagai bintang lapangan hijau pada 2012 di Wolfsburg.

Salihamidzic mencatat sejarah sebagai pencetak gol pertama Timas Bosnia-Herzegovina di pertandingan resmi yang diakui Federation Internationale de Football Association (FIFA) yakni ketika menang 2-1 atas Italia di Sarajevo pada 6 November 1996.

Meski jadi bagian penting dari Timnas Bosnia-Herzegovina dengan jumlah caps 42 pertandingan dengan enam gol sepanjang 10 tahun masa pengabdiannya hingga 2006, sejarah kelam sempat dialaminya ketika perang yang memecah belah Yugoslavia memaksa keluarganya mengungsi ke Jerman pada 2002.

Salihamidzic pernah menjadi bagian penting Bayern Munchen dan Timnas Bosnia-Herzegovina. Dia kini kemhali ke klub yang membesarkan namanya. Namun, pelatih Munchen Carlo Ancelotti tampaknya tak terkesan dengan kepulangan Salihamidzic.

“Saya tidak tahu apa yang mereka presentasikan [jumpa pers]. Saya tidak berpikir bahwa musim lalu ada yang hilang, tapi klub berpendapat bahwa seorang direktur sport baru dibutuhkan. Selamat datang,” kata pelatih berkebangsaan Italia tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Soccerway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper