Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Gold Cup: Menang 3-0, Amerika & Panama Lolos ke 8 Besar

Amerika Serikat dan Panama lolos ke babak 8 besar Gold Cup (Piala Emas) 2017 setelah sama-sama mencatat kemenangan dengan skor 3-0.
Para pemain Amerika Serikat merayakan gol ke gawang Nikaragua/USA Today
Para pemain Amerika Serikat merayakan gol ke gawang Nikaragua/USA Today

Bisnis.com, JAKARTA - Amerika Serikat dan Panama lolos ke babak 8 besar Gold Cup (Piala Emas) 2017 setelah sama-sama mencatat kemenangan dengan skor 3-0 dalam pertandingan matchday ketiga Grup B pada Minggu (16/7/2017).

Dalam pertandingan di Stadion First Energy di Cleveland, Ohio, tuan rumah AS menghantam Nikaragua tiga gol tanpa balas, ditandai dengan dua eksekusi penalti yang gagal dari pasukan asuhan pelatih Bruce Arena.

Ketiga gol tuan rumah dilesakkan Joe Corona (36’), Kelyn Rowe (56’), dan Matthew Miazga (88’). AS membuang percuma dua eksekusi penalti pada menit ke-51 oleh Dom Dwyer dan Corona pada menit ke-63.

Nikaragua sendiri harus mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain setelah bek Luis Copete terkena kartu kuning kedua yang berbuah kartu merah dari wasit asal Honduras Melvin Matamoros 6 menit menjelang laga usai.

Dalam pertandingan sebelumnya di tempat yang sama Panama juga menang 3-0 atas Martinique. Ketiga gol Panama dicetak Michael Murillo (44’), Abdiel Arroyo (60’), dan Gabriel Torres (67’).

Dengan hasil dua laga itu, AS memimpin klasemen akhir Grup B dengan nilai 7, sama dengan Panama di posisi kedua, namun AS unggul dalam hal produktivitas mencetak gol. Selisih gol AS 7-3, sedangkan Panama 6-3.

Di babak perempat final, AS akan berhadapan dengan salah satu dari dua peringkat ketiga terbaik yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis (20/7/2017), sedangkan pada hari yang sama Panama sebagai runner up Grup B jumpa juara Grup A Kosta Rika.

Sehari sebelumnya, Kosta Rika telah lolos ke perempat final atau 8 besar sebagai juara Grup A bersama Kanada sebagai runner up Grup A, serta Honduras sebagai salah satu dari dua tim peringkat ketiga terbaik.

Piala Emas merupakan turnamen antarnegara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia (The Confederation of North, Central America and Caribbean Association Football/Concacaf) yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali.

Putaran final Piala Emas 2017 diikuti 12 negara yang dibagi menjadi tiga grup yang masing-masing berisi empat tim. Setiap juara dan runner up grup lolos ke babak 8 besar bersama dua peringkat ketiga terbaik.

Grup A terdiri atas Kosta Rika, Guyana Prancis, Honduras, dan Kanada. Di Grup B terdapat tuan rumah AS, Panama, Nikaragua, dan Martinique. Sedangkan Grup C diisi juara bertahan Meksiko, Jamaika, El Salvador, dan Curacao.

Meksiko adalah juara terbanyak Piala Emas sejak digelar pertama kali pada 1991 yakni tujuh kali pada edisi 1993, 1996, 1998, 2003, 2009, 2011, dan 2015. AS juara lima kali pada 1991, 2002, 2005, 2007, dan 2013, sedangkan Kanada satu kali pada 2000.

Sebelum 1991, kejuaraan antarnegara anggota Concacaf disebut sebagai Kejuaraan Concacaf yang berlangsung sejak 1963 hingga 1989 di mana Timnas AS belum dilibatkan.

Meksiko, bersama Kosta Rika, juga juara terbanyak Kejuaraan Concacaf masing-masing tiga kali. Meksiko juara pada 1965, 1971, dan 1977, sedangkan Kosta Rika 1963, 1969, 1989. Empat timnas yakni Guatemala, Haiti, Honduras, dan Kanada masing-masing satu kali tampil sebagai juara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper