Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Portugal Ingin Sandingkan Piala Eropa dan Piala Konfederasi

Di turnamen besar, garis antara kesuksesan dan kegagalan bisa setipis wafer. Ricardo Carvalho tahu itu lebih baik dari kebanyakan.
Dua andalan Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (kiri) dan Andre Silva/Reuters-Kacper Pempel
Dua andalan Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (kiri) dan Andre Silva/Reuters-Kacper Pempel

Bisnis.com, JAKARTA - Di turnamen besar, garis antara kesuksesan dan kegagalan bisa setipis wafer. Ricardo Carvalho tahu itu lebih baik dari kebanyakan.

Tahun lalu, dia adalah bagian dari skuad Portugal yang menghasilkan sejarah di UEFA EURO 2016. Sambil membantu tim untuk meraih kemuliaan, dia menuliskan namanya sendiri ke dalam buku rekor, menjadi pemain tertua dalam sejarah turnamen itu - 53 hari setelah ulang tahunnya yang ke 38 - untuk mengklaim medali pemenang.  "Saya bangga dengan itu," kata dia mengakui. "[Itu menunjukkan] tidak ada yang tidak mungkin."

Tapi 12 tahun sebelumnya, dia adalah bagian dari skuad Portugal lainnya yang bisa dibilang lebih berbakat - yang berisi Luis Figo, Rui Costa, Deco dan Cristiano Ronaldo muda - yang direndahkan oleh Yunani di kandang sendiri.

"Kami memiliki skuad yang luar biasa pada 2004 dan semangatnya hebat, sama seperti pada 2016," katanya kepada FIFA.com. "Satu-satunya perbedaan adalah kami tanpa gelar, dan itu sepak bola. Anda perlu sedikit keberuntungan."

Kenangan  2004 dan 2016 [final EURO] telah mengajarkan Carvalho bahwa pada tingkat yang tinggi ini, tidak ada yang bisa diterima begitu saja. Dan, sementara dia tidak akan, pada usia 39, menjadi bagian dari tim Selecção das Quinas yang mengambil yang terbaik di Piala Konfederasi FIFA, mantan bek Real Madrid dan Chelsea itu tahu rekan-rekannya sangat menginginkan penaklukan baru.

"Ini adalah kompetisi hebat bagi kami setelah 2016, dan saya pikir ada ambisi lagi untuk memenangkan piala," kata pemain tengah, yang sekarang bermain untuk  klub di China  Shanghai SIPG. "Kami sudah mendapat nama kami diukir di piala Eropa tahun lalu, jadi penting sekarang untuk bisa meraih piala global untuk negara kami."

"Ini akan sangat berarti, orang-orang Portugis menyukai sepak bola dan, setelah melihat tim menang di Eropa tahun lalu, mereka menunggu pencapaian besar berikutnya."

Portugal, tentu saja, memiliki ace signifikan yang di lengan bajunya ada ban kapten dan jimat mereka yang terkenal di dunia. Cristiano Ronaldo adalah pemain yang  Carvalho kenal betul, baik dari tim nasional maupun dari waktu mereka bersama di Madrid, dan dia sangat yakin dengan status mantan rekan satu timnya dalam pertandingan tersebut.

"Cristiano adalah pemain terlengkap di dunia," kata Carvalho. "Dan dia bekerja lebih keras dari siapapun."

Perpaduan bakat dan kerja keras tersebut merupakan kombinasi kemenangan bagi Portugal di Prancis tahun lalu. Waktu akan mengatakan apakah itu terbukti sama kuatnya dengan Rusia 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : uefa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper