Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil & Klasemen Pra-Piala Dunia 2018: Belanda Buka Peluang, Swedia Sikat Prancis

Belanda membuka peluang untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah menang 5-0 atas Luksemburg pada pekan keenam Grup A Pra-Piala Dunia zona Eropa.
Para pemain Swedia merayakan gol kedua yang menentukan kemenangan atas Prancis, yang dicetak Ola Toivonen (tengah) pada injury time babak kedua./Reuters
Para pemain Swedia merayakan gol kedua yang menentukan kemenangan atas Prancis, yang dicetak Ola Toivonen (tengah) pada injury time babak kedua./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Belanda membuka peluang untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah menang dengan skor telak 5-0 atas Luksemburg pada pekan keenam Grup A Pra-Piala Dunia zona Eropa.

Dalam pertandingan di Stadion De Kuip di Rotterdam pada Sabtu dini hari WIB (10/6/2017), Belanda menghabisi negara jirannya, Luksemburg, dengan lima gol tanpa balas.

Kelima gol Belanda dicetak lima pemain berbeda yakni Arjen Robben (21’), Weslej Sneijder (34’), Georginio Wijnaldum (62’), Quincy Promes (70’), dan penalti Vincent Janssen (84’).

Bagi Sneijder, golnya bermakna ganda. Selain membantu skuat Oranje memetik kemenangan besar, juga dicetaknya pada saat hari ulang tahunnya yang ke-33 dan persis pada saat bersamaan dia menorehkan rekor caps terbanyak sepanjang sejarah Timnas Belanda yakni 131 pertandingan.

Kemenangan ini mengangkat Belanda satu setrip ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup A, menggeser Bulgaria yang pada saat bersamaan ditaklukkan tuan rumah Belarusia 1-2.

Sebanyak 54 negara bertarung—di luar Rusia yang sudah pasti lolos karena berstatus tuan rumah—untuk berebut 13 tiket ke putaran final tahun depan.

Ke-54 kontestan itu dibagi ke dalam sembilan grup, sehingga setiap grup berisi enam tim. Setiap juara grup lolos langsung ke Rusia, sedangkan delapan runner up terbaik akan menjalani play off dua leg untuk memperebutkan empat tiket.

Sementara itu di Stadion Friends Arena di Solna, tuan rumah Swedia memberi kekalahan pertama kepada Prancis dengan skor 2-1. Kemenangan Swedia ditentukan gol kedua yang dihasilkan ketika injury time babak kedua telah memasuki menit ke-3.

Olivier Giroud membuka keunggulan Prancis lebih dulu pada menit ke-37, namun disamakan tuan rumah lewat kontribusi Jimmy Durmaz 3 menit menjelang turun minum. Akhirnya datang gol kedua penentu kemenangan Swedia pada injury time babak kedua lewat Ola Toivonen, 2-1 untuk tuan rumah.

Gol Toivonen disebabkan blunder kiper Prancis Hugo Lloris yang jauh keluar kotak penalti membawa bola dan ketika menendang si kulit bundar, justru jatuh ke kaki Toivonen yang langsung melepas bidikan dari jarak setengah lapangan ke gawang Prancis yang telah kosong ditinggal Lloris.

Dengan kekalahan itu, Prancis turun satu setrip ke peringkat kedua klasemen sementara dengan nilai sama-sama 13, tetapi Swedia berhak di urutan teratas karena unggul selisih gol dalam kondisi head to head 3-3 di mana keduanya saling mengalahkan dengan skor 2-1 saat bertindak sebagai tuan rumah.

Hasil pertandingan pekan keenam Grup A: Belarusia 2 vs Bulgaria 1; Belanda 5 vs Luksemburg 0; Swedia 2 vs Prancis 1.

Klasemen sementara (main, menang, seri, kalah, gol memasukkan, gol kemasukan, selisih gol, nilai):

Swedia

6

4

1

1

12

4

+8

13

Prancis

6

4

1

1

11

5

+6

13

Belanda

6

3

1

2

13

6

+7

10

Bulgaria

6

3

0

3

9

12

-3

9

Belarusia

6

1

2

3

4

11

-7

5

Luksemburg

6

0

1

5

6

17

-11

1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper