Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diprotes Southampton, Liverpool Akhiri Perburuan Van Dijk

Liverpool resmi mengakhiri minatnya mendatangkan bek Virgil van Dijk setelah media massa Inggris melaporkan keluhan Southampton.
Virgil van Dijk/Reuters-Edidie Keogh
Virgil van Dijk/Reuters-Edidie Keogh

Bisnis.com, JAKARTA - Liverpool resmi mengakhiri minatnya mendatangkan bek Virgil van Dijk setelah media massa Inggris melaporkan keluhan Southampton kepada pengelola Liga Primer Inggris mengenai adanya pendekatan ilegal Liverpool kepada pemainnya itu.

Liverpool menjadi favorit terkuat mendapatkan bek tengah asal Belanda itu, sebaliknya sang pemain sudah berkata kepada pelatih Liverpool Jurgen Klopp bahwa dia ingin bergabung dengan tim berjuluk The Reds tersebut.

Perkembangan ini seketika mengakhiri drama transfer pemain yang disebut-sebut bakal meninggalkan St Mary's dengan bayaran 60 juta pound sterling.

"Liverpool FC mengungkapkan penyesalannya sehubungan spekulasi media massa menyangkut Southampton FC dan transfer pemain antara kedua klub," kata Liverpool dalam laman resminya.

"Kami memohon maaf kepada pemilik, dewan direksi, dan penggemar Southampton atas kesalahpahaman menyangkut Virgil van Dijk. Kami menghormati posisi Southampton dan dapat memastikan kami telah mengakhiri minat kepada sang pemain."

Ada aturan yang harus dipatuhi soal transfer pemain di mana klub dapat merundingkan syarat-syarat dengan pemain hanya jika pemain bebas kontrak atau ketika fee telah sepakat dibayarkan kepada pihak penjual. Aturan ini juga mengatur pendekatan tidak langsung lewat perantara.

Southampton konsisten mengaku tidak berniat menjual Van Dijk yang bergabung dari klub Skotlandia Celtic dengan nilai kontrak 13 juta pound pada September 2015 dan diperpanjang untuk durasi 6 tahun pada 2016.

Kesepakatan baru itu diganjar dengan penampilan menawan jantung pertahanan The Saints, walaupun Van Dijk tidak bermain sejak Januari lalu akibat cedera pergelangan kaki.

Liverpool telah beberapa kali ‘menculik’ para pemain Southampton seperti Adam Lallana, Dejan Lovren, Sadio Mane, dan Nathaniel Clyne yang semuanya kini bermain di Anfield. Keempat pemain ini bergabung dengan Liverpool 3 tahun terakhir ini dalam nilai kontrak total 100 juta pound.

Ini kali kedua Liverpool menghadapi masalah dalam soal transfer pemain setelah menerima larangan 2 tahun mengontrak pemain hasil akademi muda klub-klub Liga Inggris lainnya akibat melakukan pendekatan tidak sah terhadap seorang pemain berusia 12 tahun di Stoke City. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper