Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sempat Unggul 1-0, Akhirnya Timnas U-19 Kalah 1-2 vs Skotlandia

Timnas Indonesia U-19 menelan kekalahan ketiga dalam Turnamen Toulon di Prancis. Dalam laga terakhir Grup C, Garuda Muda kalah 1-2 dari Timnas Skotlandia U-20.
Pemain Timnas Skotlandia U-20 Ryan Hardie ketika menghadapi Indonesia U-19. Skotlandia menang 2-1./The Sun
Pemain Timnas Skotlandia U-20 Ryan Hardie ketika menghadapi Indonesia U-19. Skotlandia menang 2-1./The Sun

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia U-19 asuhan pelatih Indra Sjafri menelan kekalahan ketiga dalam Turnamen Toulon di Prancis. Dalam laga terakhir Grup C, Garuda Muda kalah tipis 1-2 dari Timnas Skotlandia U-20 meski sempat memimpin 1-0.

Dalam pertandingan di Stadion Jules-Ladoumegue di Vitrolles pada Selasa tengah malam WIB 6/6/2017), Indonesia sempat unggul 1-0 melalui gol Harris Saghara Putra pada menit ke-24. Gol itu bermula dari umpan terobosan Egy Maulana Fikri, namun bola mengarah ke pemain Skotlandia U-20 Alex Iacovitti.

Beruntung, kontrol bola pemain belakang Skotlandia itu buruk dan bola mental ke aras Harris yang langsung menggocek bola melewat Iacovitti yang coba merebut kembali si kulit bundar. Harris mengakhiri dengan tendangan keras mendatar yang gagal ditepis kiper Skotlandia John Ruddy.

Sayangnya, keunggulan skuat muda Merah Putih tak berlangsung lama. Hanya berselang 9 menit kemudian, Skotlandia berhasil menjebol gawang Timnas Indonesia U-19 yang dikawal kiper Muhammad Ryandi.

Adalah penyerang Skotlandia Ryan Hardie yang mencatatkan namanya di papan skor sekaligus menyeimbangkan kedudukan menjadi 1-1.

Hardie, yang sehari-hari merumput bersama tim senior Rangers, salah satu klub kondang Skotlandia, mencetak gol dengan tendangan dari dalam kotak penalti menuntaskan kerja sama yang dibangun Greg Taylor dan Aidan Nesbitt.

Skotlandia akhirnya mencetak gol penentu kemenangan kembali melalui kontribusi Hardie pada menit ke-69 dari eksekusi tendangan penalti. Hadiah penalti untuk Skotlandia diberikan wasit asal Malta Alan Mario Sant akibat Irsan Lestaluhu mengganjal Iacovitti di area kotak terlarang.

Indonesia sebelumnya kalah 0-1 dari Brasil U-20 dan 0-2 versus Republik Ceska U-19. Dengan kekalahan ketiga ini Indonesia U-19 menjadi juru kunci Grup C. Adapun posisi teratas dikuasai Republik Ceska dengan nilai 7, diikuti Skotlandia 6, dan Brasil 4.

Meski selalu kalah, apabila dicermati dari skor, jelas hasil ini layak dibanggakan, mengingat lawan-lawan merupakan tim kuat di papan atas dunia. Bahkan, Ceska tengah bersiap untuk bertarung di putaran final Piala Eropa U-19 di Georgia bulan depan.

Indonesia sendiri akan bertempur di babak kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Di kualifikasi, Indonesia tergabung di Grup F yang digelar pada November 2017. Indonesia berada satu grup dengan tuan rumah Korea Selatan, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Timor Leste.

Indonesia cukup mengincar posisi runner up Grup F untuk lolos ke putaran final yang negara tuan rumahnya belum ditentukan.

Terdapat 10 grup Pra-Piala Asia U-19, yang lolos ke putaran final adalah setiap juara grup, lima runner up terbaik, dan satu jatah lagi untuk tuan rumah di mana Indonesia diketahui juga mengincar kesempatan menyelenggarakannya.

Kembali ke Turnamen Toulon, pesertanya terdiri dari 12 timnas junior, U-18, U-19, ataupun U-20. Ke-12 tim itu dibagi menjadi tiga grup. Setiap juara grup lolos ke semifinal bersama satu runner up terbaik.

Lolos dari Grup A adalah Inggris U-18 dengan status juara grup, dari Grup B lolos Pantai Gading U-20 juga selaku juara grup, sedangkan dari Grup C, selain Ceska sebagai pemuncak klasemen, Skotlandia juga ke semifinal sebagai runner up terbaik.

Dua laga semifinal dijadwalkan berlangsung pada Jumat dini hari WIB (9/6/2017), Inggris jumpa Skotlandia, sedangkan Pantai Gading mneladeni Republik Ceska.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : The Sun

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper