Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BARCELONA: Inilah Sosok Pengganti Luiz Enrique, Ernesto Valverde

Barcelona menunjuk mantan pelatih Athletic Bilbao Ernesto Valverde pada Senin (29/5/2017) sebagai suksesor Luis Enrique, dan akan menangani klub runner up Liga Spanyol itu dengan ikatan kontrak dua tahun.
Pelatih baru Barcelona Ernesto Valverde/Reuters
Pelatih baru Barcelona Ernesto Valverde/Reuters

Bisnis.com, BARCELONA -  Barcelona menunjuk mantan pelatih Athletic Bilbao Ernesto Valverde pada Senin (29/5/2017)  sebagai suksesor Luis Enrique, dan akan menangani klub runner up Liga Spanyol itu dengan ikatan kontrak dua tahun.

Valverde, yang akan diperkenalkan secara resmi pada Kamis, bermain untuk Barcelona sebagai penyerang antara 1988 dan 1990 di bawah arahan Johan Cruyff dan merupakan salah satu dari sekian banyak anak asuh pria Belanda itu yang memasuki dunia kepelatihan setelah pensiun sebagai pesepak bola.

"Ia sangat, sangat gembira, ia memiliki kemampuan, pengalaman, dan pengetahuan untuk pekerjaan ini," kata presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu pada konferensi pers.

"Ia menyukai sepak bola usia muda dan ia memiliki gaya yang tepat untuk melatih klub ini dan tahu bagaimana cara kerja klub. Ia memiliki peringkat kerja yang tinggi, ia bergairah perihal sepak bola dan tertarik bekerja dengan teknologi terkini."

Valverde (53) memulai karier kepelatihannya dengan tim junior Athletic Bilbao dan merupakan pelatih dengan masa kerja terpanjang untuk klub asal Basque itu, menangani tim dalam 308 pertandingan selama enam tahun dalam dua masa kerja yang berbeda.

Selain membawa Athletic lolos ke kompetisi Eropa pada lima dari enam tahunnya bersama klub, yang hanya mengandalkan pemain-pemain dari wilayah Basque, ia mengakhiri penantian klub selama 31 tahun untuk meraih gelar dengan membawa mereka memenangi Piala Super Spanyol 2015, menang agregat 5-1 atas Barcelona.

Ia juga sempat melatih dan bermain untuk rival sekota Barca, Espanyol, mencapai final Piala UEFA 2007 saat masih menangani klub itu meski kalah adu penalti dari Sevilla, dan memenangi tiga gelar Liga Yunani dan dua piala domestik bersama Olympiakos Piraeus.

Valverde membawa dua anggota staf kepelatihannya di Athletic ke Barcelona, asistennya selama 15 tahun Jon Aspiazu dan pelatih kebugaran Jose Antonio Pozanco.

Luis Enrique mengakhiri masa kerja tiga tahunnya di Barcelona pada Sabtu (27/5/2017) dengan mengalahkan Alaves 3-1 untuk memenangi Piala Raja untuk tahun ketiga secara beruntun, trofi kesembilan yang ia persembahkan kepada klub sebagai pelatih.

Valverde akan dilemparkan dalam perjuangan berat pada pertandingan kompetitif pertamanya sebagai arsitek tim, ketika Barca menghadapi seteru abadi sekaligus juara Liga Spanyol Real Madrid pada leg pertama Piala Super Spanyol di Nou Camp pada Agustus.

Sebelum itu, tim akan menjalani tur pramusim ke AS untuk memainkan pertandingan-pertandingan persahabatan melawan Real, Manchester United, dan Juventus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper