Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Roma Amankan Tiket Grup Champions, Crotone Selamat

AS Roma sukses mempertahankan tiket langsung masuk fase grup Liga Champions Eropa musim depan setelah menaklukkan tamunya Genoa dengan skor 3-2.
Para pemain AS Roma bersuka cita selepas keberhasilan mencetak gol penentu kemenangan di ujung laga versus Genoa yang meloloskan mereka langsung masuk fase grup Liga Champions Eropa musim depan./Twitter AS Roma
Para pemain AS Roma bersuka cita selepas keberhasilan mencetak gol penentu kemenangan di ujung laga versus Genoa yang meloloskan mereka langsung masuk fase grup Liga Champions Eropa musim depan./Twitter AS Roma

Bisnis.com, JAKARTA - AS Roma sukses mempertahankan tiket langsung masuk fase grup Liga Champions Eropa musim depan setelah menaklukkan tamunya Genoa dengan skor 3-2 dengan gol penentu di ujung pertandingan dalam pekan ke-38 atau terakhir Serie A musim 2016-2017.

Dalam pertandingan di Stadion Olimpico Roma pada Senin dini hari WIB (29/5/2017), Diego Perotti menjaringkan gol pada menit ke-90. Gol di ujung pertandingan tersebut memenangkan tuan rumah dengan skor 3-2.

Sebelumnya Pietro Pellegri membuka skor untuk Genoa ketika laga baru berjalan 3 menit, namun berselang 7 menit kemudian bomber Roma Edin Dzeko menyeimbangkan skor menjadi 1-1 yang bertahan hingga 45 menit babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Edin Dzeko kembali menunjukkan kegemilangannya dengan memainkan peran pentingnya dengan memasok assist untuk gol Daniele de Rossi pada menit ke-74 sehingga tuan rumah berjuluk I Lupi alias Serigala berbalik unggul 2-1.

Namun, Genoa, yang sebenarnya tak berkepentingan apa pun lagi dengan hasil pertandingan ini—karena telah selamat dari degradasi dan tak mungkin lagi finis di zona Eropa—tetap berupaya memberikan gol balasan yang akhirnya terwujud pada menit 79 lewat kontribusi Darko Lazovic, 2-2.

Jika saja skor 2-2 bertahan hingga laga usai, maka tiket langsung masuk fase grup Liga Champions Eropa musim depan akan menjadi milik Napoli yang pada saat bersamaan berhasil mengalahkan tuan rumah Sampdoria 4-2. Tapi Roma akhirnya diselamatkan oleh gol Perotti pada menit ke-90, skor akhir 3-2.

Di Stadion Luigi Ferraris di Kota Genoa, Napoli menggasak tuan rumah Sampdoria 4-2 dan sempat unggul 3-0 berkat gol-gol Dries Mertens (36’), Lorenzo Insigne (42’), dan Marek Hamsik (49’).

Setelah sempat memperkecil skor jadi 1-3 lewat gol Fabio Quagliarella semenit setelah gol Hamsik, Sampdoria harus kebobolan lagi oleh tamunya yang kali ini mendapatkan gol melalui Jose Maria Callejon, 1-4.

Sampdoria hanya bisa menambah satu gol hiburan lagi dari Ricardo Alvarez pada menbit ke-90 sehingga skor akhir 2-4 untuk kemenangan tim tamu Napoli.

Dengan hasil dua pertandingan itu, Roma dengan nilai 87 finis di posisi kedua yang merupakan slot terbawah untuk tiket langsung fase grup Liga Champions, sedangkan Napoli di peringkat ketiga dengan nilai 86.

Sementara itu, Crotone secara dramatis berhasil lolos dari jeratan degradasi setelah menang dengan skor 3-1 atas Lazio.

Lolosnya Crotone dari jeratan degradasi layak disebut dramatis mengingat sepanjang pekan kedua hingga pekan ke-37 mereka selalu berada di zona degradasi. Namun, kemenangan itu akhirnya membuat Crotone tetap bisa bermain di Serie A musim depan.

Tiga gol Crotone dicetak Andrea Nalini (14’ dan 60’) serta Diego Falcinelli (22’), sedangkan satu-satunya gol Lazio—yang tak berkepentingan dengan hasil laga ini karena telah pasti finis di posisi kelima, slot terbawah ke fase grup Liga Europa—membalas satu gol lewat penalti Ciro Immobile pada menit ke-26.

Lolosnya Crotone ini semakin dramatis lantaran bertahannya mereka di Serie A itu tidak terlepas dari kekalahan Empoli pada saat bersamaan dari tim yang telah lebih dulu terdegradasi, Palermo, dengan skor tipis 2-1.

Dengan hasil dua pertandingan itu, Crotone finis di peringkat 17 atau setrip terbawah zona aman dengan koleksi 34 angka, sedangkan Empoli—yang sepanjang pekan 13 hingga 37 mampu bertahan di posisi 17—akhirnya finis di posisi 18 dengan nilai 32 dan mesti main di Serie B musim depan.

Selain Empoli dan Palermo, tim lain yang degradasi ialah Pescara dengan menuntaskan kompetisi di dasar klasemen dengan nilai hanya 18 setelah dalam pertandingan terakhir menahan imbang tuan rumah Fiorentina dengan skor 2-2.

Berikut hasil pertandingan pekan terakhir Serie A: Atalanta Bergamo 1 vs Chievo Verona 0; Bologna 1 vs Juventus 2; Cagliari 2 vs AC Milan 1; AS Roma 3 vs Genoa 2; Sampdoria 2 vs Napoli 4; Palermo 2 vs Empoli 1; Crotone 3 vs Lazio 1; Fiorentina 2 vs Pescara 2; Torino 5 vs Sassuolo 3; Inter Milan 5 vs Udinese 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper