Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tinggalkan Sevilla, Sampaoli Tangani Timnas Argentina

Pelatih Sevilla Jorge Sampaoli meninggalkan klub Spanyol itu setahun sebelum kontraknya habis untuk mengisi posisi pelatih timnas Argentina, kata Sevilla pada Jumat (26/5/2017).
Pelatih Sevilla, Jorge Sampaoli/Juventus
Pelatih Sevilla, Jorge Sampaoli/Juventus

Bisnis.com, BARCELONA -  Pelatih Sevilla Jorge Sampaoli meninggalkan klub Spanyol itu setahun sebelum kontraknya habis untuk mengisi posisi pelatih timnas Argentina, kata Sevilla pada Jumat (26/5/2017).

Sevilla mengatakan kesepakatan kini bergantung pada presentasi dokumen-dokumen yang relevan, yang semestinya akan diteken kedua pihak pada 1 Juni.

Para perwakilan Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) telah menyetujui klausa pembatalan pada kontrak Sampaoli, yang dilaporkan oleh media lokal bernilai sampai 1,5 juta euro.

"Pada pembicaraan-pembicaraan antara Sevilla dan AFA, yang bertindak sebagai perwakilan Jorge Sampaoli, kuantitas klausa pembatalan pada kontrak sang pelatih tidak diperdebatkan sama sekali," demikian pernyataan Sevilla.

"Semua pihak puas dengan kesepakatan ini." Sampaoli membawa tim peringkat keempat Sevilla finis di posisi tertinggi mereka sejak 2010 pada musim pertamanya di sepak bola Eropa, setelah lama berkarier di Amerika Selatan yang berpuncak dengan dirinya memimpin Chile menjuarai Piala Amerika 2015.

Presiden AFA Claudio Tapia mengatakan pada bulan lalu bahwa Sampaoli merupakan satu-satunya kandidat untuk menggantikan Edgardo Bauza yang dipecat pada April, setelah menangani timnas untuk delapan pertandingan.

Argentina membidik tranformasi radikal terhadap gaya permainan sepak bola yang dimainkan Sevilla di bawah pendahulunya Unai Emery, yang timnya menjuarai Liga Europa untuk tiga tahun secara beruntun.

Metode-metode Sampaoli membawa hasil-hasil impresif dengan rekor jumlah angka untuk paruh pertama musim, ketika mereka bergabung dengan dua raksasa tradisional Barcelona dan Real Madrid pada persaingan tiga tim, sampai penampilan Sevilla mengendur pada Maret.

Ia membawa klub ke 16 besar Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2010, namun mereka disingkirkan tim juara Liga Inggris Leicester City dengan skor agregat 3-2 setelah gagal untuk memaksimalkan peluang-peluangnya pada leg pertama yang berlangsung berat sebelah.

Tereliminasi dari Liga Champions berbarengan kemerosotan hasil Sevilla secara umum, di mana mereka hanya meraih tiga kemenangan dari 13 pertandingan di semua kompetisi sehingga peringkat ketiganya di klasemen Liga Spanyol dapat direbut Atletico Madrid.

Eduardo Berizzo, yang seperti Sampaoli merupakan penggemar gaya bermain menekan tinggi, merupakan kandidat teratas untuk melatih Sevilla setelah meninggalkan Celta Vigo pada akhir musim lalu.

Perubahan lain diharapkan juga terjadi di klub Andalusia itu, yang pada Maret berpisah dengan direktur olahraga dan maestro transfer mereka Ramon Rodriguez "Monchi" yang mengakhiri masa kerja 17 tahunnya untuk mengisi posisi yang sama di AS Roma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper