Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Bundesliga: 2 Gol Injury Time, Munchen Sempurnakan Gelar Juara

Berkat dua gol pada injury time, Bayern Munchen bisa menyempurnakan gelar juara dengan kemenangan dramatis 5-4 atas tuan rumah RB Leipzig di pekan ke-33 Bundesliga.
Para pemain Bayern Munchen setelah menjebol gawang RB Leipzig/Twitter FCBayern
Para pemain Bayern Munchen setelah menjebol gawang RB Leipzig/Twitter FCBayern

Bisnis.com, JAKARTA - Pertemuan dua tim teratas di ajang Bundesliga berakhir dramatis berupa kemenangan Bayern Munchen dengan skor 5-4 atas RB Leipzig yang ditandai dengan dua pada injury time pembawa kemenangan bagi sang juara.

Laga Leipzig menjamu Munchen pada pekan ke-33 Bundesliga Jerman di Red Bull Arena pada Sabtu malam WIB (13/5/2017) tak lagi memengaruhi gelar juara tim tamu sekaligus juara bertahan yang telah memastikan kembali meraih gelar sejak pekan ke-32.

Adapun bagi tuan rumah Leipzig, laga tersebut penting demi mempertahankan peringkat kedua yang dalam ancaman jika dalam laga lain yang digelar pada saat bersamaan Borussia Dortmund bisa menaklukkan tuan rumah Augsburg.

Pada kenyataannya, meskipun Leipzig menelan kekalahan di hadapan sekitar 42.500 pendukungnya, posisi keduanya tetap aman lantaran Borussia Dortmund dipaksa imbang oleh Augsburg dengan skor 1-1.

Dalam laga di Leipzig, tuan rumah masih unggul 4-2 hingga menit 83. Keempat gol Leipzig dipasok Marcel Sabitzer (2’), penalti Timo Werner (29’), Yussuf Poulsen (47’), dan Werner lagi pada menit ke-65. Sedangkan dua gol Munchen dihasilkan penalti Robert Lewadowski (17’) dan Thiago Alcantara (60’).

Namun, Munchen bangkit dengan mencetak tiga gol di ujung pertandingan melalui Lewandowski pada menit ke-84 serta dua ketika laga memasuki injury time melalui David Alaba dan Arjen Robben, sehingga skor 4-5 untuk tamu dari Bavaria.

Bagaimana pun, kekalahan itu pun tak bermakna buruk bagi Leipzig setelah Dortmund dipaksa imbang Augsburg di WWK Arena. Alfredh Finnbogason membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-28 dan dibalas bomber Dortmund Pierre-Emerick Aubameyang hanya berselang 4 menit kemudian.

Dengan hasil dua laga tersebut, Munchen menyempurnakan titel juaranya dan tak menodai dengan kehilangan poin, apalagi kalah. Skuat asuhan Carlo Ancelotti kini mengoleksi nilai 79, sedangkan Leipzig 66.

Posisi Leipzig di tempat kedua juga aman, karena hasil seri membuat Dortmund saat ini mengoleksi 61 angka dan kalau pun Dortmund menang pada pekan terakhir kontra Werder Bremen pada Sabtu pekan depan dan pada saat yang sama Leipzig kalah dari Eintracht Frankfurt, tetap Leipzig finis di posisi kedua.

Bundesliga Jerman mendapat jatah tiga tim teratas langsung lolos ke fase grup Liga Champions Eropa musim depan, sedangkan tim yang finis di posisi keempat masuk jalur kualifikasi melawan wakil negara lain untuk masuk ke fase grup.

Dengan demikian, Munchen dan Leipzig telah dipastikan berkompetisi langsung ke fase grup Liga Champions musim depan, tapi tidak demikian dengan Dortmund, karena nilai 61 itu sama dengan yang diraih Hoffenheim di peringkat keempat, namun Dortmun unggul selisih gol 31 berbanding 27.

Dalam laga lain, Hoffenheim menggasak tuan rumah Werder Bremen dalam laga yang juha ditandai dengan hujan gol dan berakhir dengan skor 5-3 untuk kemenangan tim tamu di Stadion Weser di Bremen.

Hoffenheim sempat unggul 5-0 melalui rangkaian gol yang dikontribusi Adam Szalai (7’), Andrej Kramaric (11’, 49’), Steven Zuber (40’), dan Ermin Bicakcik (51’).

Namun tuan rumah yang tak mau dipermalukan begitu saja mampu memberi tiga gol balasan lewat Theodor Gebre Selassie (59’), Philipp Bargfrede (86’), dan Robert  Bauer (90’), sehingga skor akhir 3-5 untuk kemenangan tamu.

Penentuan apakah Dortmund tetap bisa mempertahankan tiket otomatis fase grup Liga Champions harus ditentukan hingga matchday terakhir pada Sabtu pekan depan ketika skuat asuhan Thomas Tuchel itu menjamu Werder Bremen dan pada saat yang sama Hoffenheim menjamu Augsburg.

Sedikit keberuntungan bagi Dortmund karena Werder Bremen tak bakal lagi mati-matian memberikan perlawanan mengingat posisinya yang telah sangat aman dari zona degradasi. Beda dengan Hoffenheim yang dapat dipastikan bertarung dalam sengit kontra Augsburg yang belum aman dari potensi degradasi.

Nilai Augsburg saat ini 37 atau hanya 2 angka di atas peringkat ke-16 Hamburg. Peringkat ke-16 merupakan slot khusus bagi tim yang akan bertarung playoff degradasi-promosi melawan peringkat ketiga 2.Bundesliga (Divisi 2 ) yang untuk sementara ini diisi Hannover 96.

Sementara itu, Ingolstadt 04 dipastikan menyusul Darmstadt 98 degradasi ke 2.Bundesliga setelah dipaska seri 1-1 oleh tuan rumah Freiburg.

Bertarung di Stadion Schwarzwald di Freiburg, Maximilian Philipp membuka skor untuk tuan rumah pada menit ke-31 dan dibalas tamu lewat kontribusi Dario Lezcano 3 menit menjelang babak pertama berakhir.

Hasil itu membuat Ingolstadt hanya mengumpulkan nilai 31 dan dengan hanya sisa satu pertandingan lagi, tak mungkin mengejar Hamburg yang mendulang nilai 35. Dengan demikian, Ingolstadt harus kembali main di 2.Bundesliga musim depan.

Adapun bagi Freiburg, tambahan satu angka belum membuiat tim besutan pelatih Christian Streich aman menggenggam tiket langsung masuk fase grup Liga Europa musm depan.

Freiburg kini menghuni posisi keenam dengan nilai 48 atau 2 angka di atas Koln. Tim yang mengakhiri Bundesliga di posisi kelima dan keenam diganjar tiket otomatis fase grup Liga Europa dan Freiburg harus menantikan hingga matchday terakhir akhir pekan depan untuk kepastian hal itu.

Hasil pekan ke-33: Bayer Leverkusen 2 vs Koln 2; Schalke 1 vs Hamburg SV 1; Mainz 4 vs Eintracht Frankfurt 2; Wolfsburg 1 vs Borussia Monchengladbach 1; Augsburg 1 vs Borussia Dortmund 1; Werder Bremen 3 vs Hoffenheim 5; Darmstadt 0 vs Hertha Berlin 2; Freiburg 1 vs Ingolstadt 1; RB Leipzig 4 vs Bayern Munchen 5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper