Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Korupsi FIFA, Eduardo Li Diskors Seumur Hidup

Mantan presiden Asosiasi Sepak Bola Kosta Rika Eduardo Li, diskors seumur hidup oleh Komite Etik Independen FIFA pada Jumat 921/4/2017).
Markas FIFA di Zurich, Swiss/Reuters-Arnd Wiegmann
Markas FIFA di Zurich, Swiss/Reuters-Arnd Wiegmann

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan presiden Asosiasi Sepak Bola Kosta Rika Eduardo Li, diskors seumur hidup oleh Komite Etik Independen FIFA pada Jumat 921/4/2017), kata organisasi sepak bola dunia tersebut.

Li merupakan salah satu dari 42 orang dan entitas yang didakwa dalam penyelidikan AS terhadap skandal korupsi terbesar dalam sejarah Federation Internationale de Football Association (FIFA).

Warga negara Kosta Rika keturunan China itu merupakan satu dari tujuh ofisial sepak bola yang ditangkap di hotel mewah di Zurich, Swiss, pada Mei 2015.

Li, yang juga merupakan mantan anggota eksekutif Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf), dinyatakan bersalah oleh pengadilan federal AS pada Oktober karena mengambil ratusan ribu dolar dari berbagai penyuapan.

Jaksa-jaksa penuntut AS mendakwa Li dan yang lain terlibat dalam skema yang mencakup lebih dari 200 juta dolar dalam penyuapan dan pembayaran kembali yang dicari dan diterima oleh ofisial-ofisial sepak bola untuk hak-hak pemasaran dan penyiaran terhadap berbagai turnamen dan pertandingan.

Di pengadilan, Li mengatakan dirinya menegosiasikan suap sebesar 500.000 dolar, di mana 300.000 dolar telah ia terima, untuk menghadiahi media Brazils Traffic Group yang bermarkas di Miami dan hak-hak pemasaran untuk pertandingan-pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022.

Li juga mengatakan dirinya setuju untuk menerima suap terpisah senilai 500.000 dolar, 230.000 dolar yang telah ia terima, dari para perantara sebagai imbalan untuk memberikan kontrak kepada perusahaan AS untuk menjadi sponsor seragam timnas Kosta Rika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper