HASIL LIGA PRANCIS: SC Bastia vs Lyon Disetop, Pemain Diserang Sekelompok Penggemar

Pertandingan Olympique Lyonnais di markas SC Bastia pada Minggu (16/4/2017) terpaksa dihentikan setelah kiper mereka Anthony Lopes diserang oleh sekelompok penggemar tuan rumah, ketika ia meninggalkan lapangan saat turun minum pada pertandingan Liga Prancis.
Martin Sihombing | 17 April 2017 05:02 WIB
Presiden Liga Prancis (LFP) Frederic Thiriez - Reuters/Philippe Wojazer

Bisnis.com, PARIS -  Pertandingan Olympique Lyonnais di markas SC Bastia pada Minggu (16/4/2017) terpaksa dihentikan setelah kiper mereka Anthony Lopes diserang oleh sekelompok penggemar tuan rumah, ketika ia meninggalkan lapangan saat turun minum pada pertandingan Liga Prancis.

Awal pertandingan telah tertunda selama hampir satu jam ketika para penggemar Bastia mengganggu tim tamu saat mereka melakukan pemanasan, sehingga para pemain Lyon harus meninggalkan lapangan.

Saat turun minum, sekelompok penggemar menyerang Lopes ketika ia menuju ruang ganti, saat kedudukan imbang 0-0, dan pertandingan harus dihentikan 30 menit setelah babak kedua semestinya dimulai.

LFP, badan Liga Prancis, mengeluarkan pernyataan yang mengutuk keras masalah ini. Namun,

Pihaknya memutuskan untuk menghentikan pertandingan menyusul konsultasi-konsultasi yang dilakukan dengan otoritas lokal Corsica yang berwenang terhadap keselamatan publik.

"LFP mengutuk keras insiden-insiden yang berlangsung baik sebelum pertandingan SC Bastia/Olympique Lyon, dan sepanjang turun minum," ucap mereka dalam pernyataannya. Namun, Presiden Liga Prancis (LFP) Frederic Thiriez belum memberikan keterangan.

Pertandingan itu semestinya dimulai pukul 15.00 GMT namun tertunda setelah para penggemar klub Korsika itu memasuki lapangan di Stade Armand Cesari.

Lyon merilis cuitan pada akun resmi mereka yang berbunyi, "Para penggemar Bastia memasuki lapangan untuk mengerumuni para pemain Lyon yang menyelesaikan pemanasan mereka." Para pemain Lyon kembali ke lapangan hampir 40 menit berselang dan pertandingan dimulai tidak lama sebelum pukul 16.00 GMT.

Lyon terkejut Mantan pemain Lyon Jeremy Berthod mengatakan kepada stasiun televisi resmi klub bahwa para penggemar Bastia melempari bola ke gawang kiper cadangan Mathieu Gorgelin saat ia melakukan pemanasan.

Bola-bola itu dilemparkan kembali oleh penyerang Lyon Memphis Depay sebelum para pemain diserang oleh para penggemar Bastia.

"Para pemain berkumpul bersama-sama. Baik mereka maupun staf kepelatihan sangat terkejut," kata Berthod.

LFP mengatakan pihaknya akan meminta SC Bastia untuk menjelaskan ulang pendekatan-pendekatan keamanan mereka dan mengambil semua pendekatan yang diperlukan untuk memastikan orang-orang yang bertanggung jawab diskors dari stadion.

Liga menambahi bahwa komite disipin mereka akan mempertimbangkan tindakan apa yang diambil terkait insiden-insiden di stadion.

Ini merupakan kedua kalinya dalam sepekan di mana Lyon terlibat pertandingan dengan keributan yang melibatkan penggemar, setelah pertandingan Liga Europa mereka melawan Besiktas di Parc Olympique Lyonnais pada Kamis yang dimulai terlambat 45 menit akibat kerusuhan penonton.

UEFA mengatakan tindakan disiplin terhadap Lyon dan klub Turki Besiktas akan diambil pada Jumat.

Klub Prancis itu didakwa dengan organisasi yang tidak berjalan baik dan pelanggaran regulasi-regulasi keselamatan ketika para penggemar mereka memblok tangga-tangga, menyalakan kembang api dan memasuki lapangan setelah mereka menang 2-1 pada leg pertama perempat final.

Klub Turki Besiktas didakwa setelah menyalakan kembang api, melemparkan benda-benda, dan kerusuhan penonton.

Sumber : ANTARA/REUTERS

Tag : liga prancis
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top