Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Liga Inggris: Chelsea, Spurs, City, Liverpool Petik 3 Poin

Empat tim teratas di klasemen sementara Liga Primer Inggris yakni Chelsea, Tottenham Hotspur, Liverpool, dan Manchester City berhasil mencatat kemenangan.
Dua andalan lini depan Liverpool, Roberto Firmino (kiri) dan Philippe Coutinho, saat menjadi penentu kemenangan atas Stoke City/Twitter Premier League
Dua andalan lini depan Liverpool, Roberto Firmino (kiri) dan Philippe Coutinho, saat menjadi penentu kemenangan atas Stoke City/Twitter Premier League

Bisnis.com, JAKARTA - Empat tim teratas di klasemen sementara Liga Primer Inggris yakni Chelsea, Tottenham Hotspur, Liverpool, dan Manchester City berhasil mencatat kemenangan dalam pertandingan pekan ke-32.

Chelsea berhasil membekuk Bournemouth dengan skor 3-1 di Stadion Vitality, Bournemouth, pada Minggu dini hari WIB (9/4/2017).

Kemenangan itu diraih berkat gol-gol Eden Hazard dan Marcos Alonso yang melengkapi satu gol bunuh diri Adam Smith, sementara Bournemouth membalas lewat Joshua King.

Tambahan tiga poin membuat tim besutan Antonio Conte kini mengantongi 75 poin di puncak klasemen dan mengembalikan jarak aman menjadi tujuh poin dari Tottenham Hotspur (68) di urutan kedua.

Sementara itu Bournemouth (35) melorot dari peringkat ke-13 menjadi urutan ke-15.

Kembalinya Victor Moses mengembalikan performa Chelsea yang sempat menurun di beberapa laga terakhir, terbukti baru 17 menit permainan berlangsung pemain Nigeria yang kerap dipasang sebagai bek sayap oleh Conte itu melepaskan umpan kunci gol pembuka keunggulan timnya.

Umpan tarik Moses berhasil disambut dan dikendalikan Diego Costa, lantas penyerang Spanyol itu berusaha melepaskan tembakan yang sejatinya bakal melebar namun beruntung malah membentur badan Smith dan bola masuk ke sudut bawah gawang.

Tiga menit berselang Hazard menggandakan keunggulan Chelsea menjadi 2-0 atas Bournemouth setelah berhasil mengejar bola umpan lambung N'Golo Kante dan mengendalikannya hingga mengecoh penjaga gawang Artur Boruc sebelum melepaskan tendangan dari sudut sempit ke dalam gawang.

Bournemouth hampir mencetak pada menit 29 jika saja bola tendangan voli Benik Afobe tidak menghantam tiang gawang.

Tuan rumah akhirnya memperkecil kedudukan 1-2 saat bola umpan Afobe berhasil diselesaikan dengan tendangan keras King yang sempat membentur badan David Luiz sebelum mengecoh penjaga gawang Thibaut Courtois dan melesak ke dalam gawang pada menit 42.

Pada menit 68, Costa dijatuhkan di luar kotak penalti oleh Steve Cook dan Alonso sukses menunaikan tugasnya sebagai algojo dengan eksekusi tendangan bebas yang melengkung melewati atas kepala pagar hidup dan melesak ke sudut atas gawang sekaligus memastikan kemenangan Chelsea menjadi 3-1.

Sementara itu, penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, mengemas dua gol saat timnya berhasil mengalahkan Watford dengan skor 4-0 di Stadion White Hart Lane di London.

Selain kedua gol Heung-min, kemenangan tim besutan Mauricio Pochettino itu diraih berkat gol-gol dari Bamidele Alli dan Eric Dier.

Heung-min bahkan bisa saja mencatatkan empat gol atas namanya di laga tersebut, jika dua bidikannya yang lain tak membentur mistar gawang.

Setelah bola umpan silang Heung-min yang membentur tubuh Daryl Janmaat masih diselamatkan oleh mistar gawang pada menit 7, berbagai upaya Spurs selalu berhasil digagalkan oleh barisan pertahanan Watford sebelum akhirnya Alli memecah kebuntuan pada menit 33.

Alli menerima umpan Heung-min di sisi kiri serangan sebelum menusuk ke tengah dan melepaskan tendangan melengkung yang tak mampu dijangkau penjaga gawang Heurelho Gomes demi menghujamkan bola ke sudut atas gawang dan membawa Spurs unggul 1-0.

Hanya 6 menit berselang, pada menit 39 Spurs mengandakan keunggulan mereka saat bola muntah tendangan Heung-min malah bergulir ke Dier yang ruang tembaknya cukup terbuka sehingga melepaskan sepakan keras tak terbendung Gomes.

Pada menit 44, Heung-min akhirnya mencatatkan namanya di papan skor dengan sepakan kaki kirinya yang melesak ke sudut bawah gawang tak mampu diantisipasi Gomes.

Heung-min mencetak gol keduanya dengan memanfaatkan umpan silang kiriman Kieran Trippier pada menit 54.

Pada menit 84 ia hampir meraih trigol jika saja bola tendangannya tak lurus mengarah tiang gawang.

Tiang gawang juga menjadi penghalang sambutan manis bagi kembalinya Harry Kane, yang masuk menggantikan Vincent Janssen pada menit 61, saat eksekusi tendangan bebasnya tepat di pengujung laga berhasil melewati pagar hidup namun ditolak oleh mistar gawang.

Berkat kemenangan tersebut, Spurs yang berada di peringkat kedua kini mengoleksi 68, Sementara Watford (37) ada di urutan ke-10.

Dalam laga lainnya, Liverpool bangkit dari ketertinggalan dan berbalik menundukkan tuan rumah Stoke City 2-1.

Kemenangan itu tidak lepas dari peranan duo penggawa tim Samba, Philippe Coutinho dan Roberto Firmino, yang masuk ke lapangan pada babak kedua setelah diistirahatkan pelatih Jurgen Klopp sepanjang babak pertama.

Keduanya pula yang mencetak dua gol kemenangan demi mengubur dalam-dalam keunggulan yang sempat dimiliki tuan rumah berkat gol dari Jonathan Walters.

Coutinho, diistirahatkan oleh Klopp karena sakit, masuk menggantikan darah muda Trent Alexander-Arnold yang sebelumnya diplot sebagai bek sayap kanan, sedangkan Firmino, yang diistirahatkan karena kelelahan, masuk menggantikan Ben Woodburn yang sebelumnya ditempatkan sebagai penyerang bayangan.

Kemenangan itu sekaligus menandai skema alternatif 3-5-1-1 yang sebelumnya amat jarang dipakai Klopp untuk Liverpool.

Divock Origi yang ditempatkan sebagai penyerang tunggal kesulitan mendapatkan pasokan bola matang dari rekan-rekannya, bahkan Liverpool yang menguasai 53 persen bola di babak pertama tak sekalipun menemui sasaran dari hanya dua percobaan tembakan yang mereka lepaskan.

Keadaan itu berhasil dimanfaatkan baik oleh Stoke yang akhirnya mencuri keunggulan 1-0 lewat Walters yang menanduk umpan silang kiriman Xherdan Shaqiri pada menit 44.

Akan tetapi keadaan berubah sejak Coutinho dan Firmino masuk, Liverpool lebih terorganisir memanfaatkan penguasaan bola dan akhirnya menyamakan kedudukan lewat Coutinho pada menit 70 yang menyambar bola liar di dalam kotak penalti.

Firmino lantas melengkapi kebangkitan Liverpool dengan menyelesaikan umpan lambung terarah dari area sendiri oleh Georginio Wijnaldum dengan tendangan sentuhan pertama yang sukses menaklukkan penjaga gawang Lee Grant sekaligus membuat tim tamu berbalik unggul 2-1.

Meski duo Samba menjadi aktor utama kemenangan Liverpool, penjaga gawang Simon Mignolet juga patut mendapat acungan jempol karena berkali-kali mengamankan gawangnya dari ancaman serangan Stoke yang berusaha memanfaatkan rapuhnya pertahanan tim tamu.

Beruntung, Liverpool bisa pulang dari Stadion bet365 dengan poin penuh melengkapi raihan 63 poin demi tetap berada di peringkat ketiga klasemen, meski di laga lain Manchester City (61) berhasil menang atas lawannya.

Sementara Stoke (36) harus rela turun ke peringkat ke-11 karena Burnley (36) meraih hasil imbang di laga lain.

Adapun Manchester City meraih kemenangan dengan membekuk Hull City 3-1 di Stadion Etihad, Manchester.

Fabian Delph turut menyumbangkan satu gol dalam kemenangan City tersebut, setelah terakhir kali ia mencetak gol untuk tim besutan Pep Guardiola itu di ajang kualifikasi Liga Champions pada Agustus 2016.

Gol Delph dicetak dari tepian kotak penalti menyambut umpan kiriman Raheem Sterling dengan sepakan keras ke sudut tiang jauh dan tak terjangkau penjaga gawang Edlin Jakupovic pada menit 64.

Gol tersebut melengkapi gol yang dicetak Sergio Aguero serta gol pembuka hasil bunuh diri Ahmed Elmohamady.

Pada menit 31, Elmohamady yang berada di tiang jauh bukannya membuang bola umpan silang Jesus Navas yang gagal disambut Aguero malah menyarangkannya ke dalam gawang sendiri.

Meski terus menekan tim tamu, City baru bisa menggandakan keunggulan pada menit 48 saat Aguero melepaskan tendangan melewati kerumunan pemain di hadapan gawang menyambut umpan tarik Sterling.

Berikut hasil ke-32 hingga Minggu dini hari WIB: Tottenham Hotspur 4 vs Watford 0; Manchester City 3 vs Hull City 1; Middlesbrough 0 vs Burnley 0; Stoke City 1 vs Liverpool 2; West Bromwich Albion 0 vs Southampton 1; West Ham United 1 vs Swansea City 0; Bournemouth 1 vs Chelsea 3.

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Minggu, 9 April:

19:30   Sunderland vs Manchester United

22:00   Everton vs Leicester City

Selasa, 11 April:

02:00   Crystal Palace vs Arsenal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/PremierLeague.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper