Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PSSI Sulsel Siap Gelar Liga 3

Asosiasi Provinsi PSSI Sulawesi Selatan siap menggelar kompetisi Liga 3 yang rencananya digulirkan setelah Idulfitri 2017.
Ilustrasi/Reuters-Jorge Adorno
Ilustrasi/Reuters-Jorge Adorno

Bisnis.com, MAKASSAR - Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Sulawesi Selatan siap menggelar kompetisi Liga 3 yang rencananya digulirkan setelah Idulfitri 2017.

Ketua Asprov PSSI Sulsel Mulyadi menyatakan pihaknya meminta setiap klub di 24 kabupaten/kota atau calon anggota klub PSSI yang memenuhi persyaratan untuk ambil bagian dalam kompetisi kasta ketiga di Indonesia tersebut.

"Jadi kami meminta setiap klub PSSI untuk segera mempersiapkan timnya sebaik mungkin agar bisa lolos ke tingkat nasional. Selain anggota klub PSSI, kompetisi Liga 3 ini juga bisa diikuti oleh klub calon anggota seperti halnya Perseka Bosowa," kata Mulyadi.

Sekretaris PSSI Sulsel, Syamsir menjelaskan untuk klub yang sudah bergabung dalam PSSI Sulsel sendiri sudah mencapai 26 klub yang rata-rata diwakili satu klub dari setiap kabupaten/kota di Sulsel.

Namun untuk penyelenggaraan kali ini, dibuka kesempatan besar bagi klub calon anggota PSSI untuk ikut ambil bagian asal memenuhi segala persyaratan.

Adapun persyaratan yang dimaksud seperti akte pendirian klub, kepengurusan yang aktif dan memang menjalankan pembinaan secara berkelanjutan.

"Kami tidak memberi batasan peserta. Artinya jika bisa melibatkan lebih banyak klub tentu akan semakin baik karena membuat persaingan lebih ketat. Sebaliknya jika minim peserta justru harus menjalani play off atau tidak mendapatkan tiket otomatis di liga 3 tingkat nasional," ujarnya.

Untuk tim yang berhak lolos dan berlaga di Liga 3 nasional kata dia, akan diambil tiga peringkat terbaik dengan catatan jumlah peserta yang lebih banyak.

Adapun untuk pemain yang bisa berlaga di Liga 3 tersebut, lanjut dia, minimal pemain yang kelahiran 1 Januari 1994. Selain itu atau lebih tua dari itu maka dipastikan tidak berhak tampil dan memperkuat klubnya di Liga 3 musim 2017.

"Untuk kompetisi Liga 3 tingkat nasional sendiri direncanakan September. Artinya kita punya waktu sekitar dua bulan (setelah Lebaran) untuk melaksanakan kompetisi Liga 3 di Sulsel," jelasnya.

Menurut dia, untuk saat ini sudah ada beberapa tim yang menyatakan kesiapannya ambil bagian. Pihaknya juga masih menunggu konfrmasi dari tim yang lain terkait kepeserataannya pada ajang tersebut.

"Setiap klub bisa menghubungi Asprov PSSI Sulsel untuk pendaftaran. Kami masih menunggu dan meminta setiap klub PSSI bisa ambil bagian," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper