Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Marc Wilmots Pelatih Baru Pantai Gading

Pantai Gading menunjuk Marc Wilmots sebagai pelatih tim nasional mereka dan menyebut mantan pelatih Belgia itu sebagai tangkapan besar.
Pelatih Timnas Pantai Gading Marc Wilmots/Reuters-Regis Duvignau
Pelatih Timnas Pantai Gading Marc Wilmots/Reuters-Regis Duvignau

Bisnis.com, JAKARTA - Pantai Gading menunjuk Marc Wilmots sebagai pelatih tim nasional mereka dan menyebut mantan pelatih Belgia itu sebagai tangkapan besar.

Pria 48 tahun itu, yang dipecat oleh Belgia pada Juli tahun lalu setelah kegagalan untuk membawa timnas mereka melampaui perempat final Piala Eropa 2016, menggantikan Michel Dussuyer asal Prancis.

"Penunjukan Marc Wilmots merupakan tangkapan besar untuk Federasi Sepak Bola Pantai Gading (FIF) yang, meski dengan minimnya sumber daya yang ada, telah mampu untuk mempekerjakan pelatih yang telah dikenal dunia ini," demikian pernyataan federasi sepak bola negara itu.

Pihaknya mengatakan Wilmots, yang meneken kontrak 2 tahun, "terbujuk oleh proyek olahraga federasi itu."

Mantan gelandang serang Timnas Belgia menjadi pelatih ke-10 dalam 10 tahun terakhir untuk memimpin tim yang dijuluki sebagai Gajah-gajah, yang seperti timnas Belgia, memiliki reputasi sebagai tim yang lebih populer dengan nama besar namun minim prestasi, meski mereka mampu menjuarai Piala Afrika 2015.

Pelatih-pelatih sebelumnya ialah Uli Stielike (asal Jerman), Gerard Gili (Prancis), Sabri Lamouchi (Prancis), Herve Renard (Prancis), Vahid Halilhodzic (Bosnia), Sven-Goran Eriksson (Swedia), Georges Kouadio (Pantai Gading), Francois Zahoui (Pantai Gading), dan Dussuyer (Prancis

Dussuyer mengundurkan diri setelah timnya tersingkir di fase grup Piala Afrika tahun ini di Gabon.

Bagaimanapun, mereka berada di posisi yang bagus di Pra-Piala Afrika, memimpin klasemen Grup C Afrika dengan raihan 4 angka dari dua pertandingan.

Wilmots membawa Belgia ke perempat final Piala Dunia terakhir dan memuncaki peringkat dunia FIFA dengan tim yang dibangun melalui keberadaan bintang Chelsea Eden Hazard dan dua pemain Manchester City Vincent Kompany dan Kevin De Bruyne.

Meski kekalahan 1-3 dari Wales pada perempat final Piala Eropa 2016 membuat banyak kritik tertuju kepada Wilmots, para penggemar Belgia masih takjub atas apa yang dapat terjadi pada tim yang diharapkan akan memberikan trofi utama ke negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper