Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PREDIKSI JERMAN VS INGGRIS: Pembuktian Taktik Southgate Lawan Tim Besar

PREDIKSI JERMAN VS INGGRIS: Pembuktian Taktik Southgate Lawan Tim Besar
Gareth Southgate/Reuters-Carl Recine
Gareth Southgate/Reuters-Carl Recine

Bisnis.com, JAKARTA - Gareth Southgate, yang baru terpilih sebagai manajer tetap tim nasional sepak bola Inggris pada 30 November lalu, punya ambisi besar. Ia ingin membawa Inggris menjuarai Piala Dunia 2022.

Ambisi itu disampaikan Jermain Defoe. “Tujuan utamanya adalah menjadi juara dunia, dan Anda lihat posisi kami di peringkat dunia (ke-14). Anda ingin meningkatkan penampilan, tahap demi tahap,” kata dia.

Penyerang klub Sunderland berusia 34 tahun ini dipanggil kembali masuk skuad Three Lions oleh Southgate untuk menghadapi tuan rumah Jerman pada pertandingan persahabatan internasional di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis dinihari nanti.

Partai klasik Inggris melawan Jerman ini akan menjadi ajang uji coba pasukan Southgate sebelum menjamu Lithuania dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018, Minggu mendatang.

Untuk mencapai ambisi besar 2022, Southgate memang merintisnya dari persiapan menjalani laga kualifikasi Piala Dunia 2018.

Mantan pemain gelandang Aston Villa dan tim nasional Inggris ini menyiapkan secara serius timnya, baik secara teknis maupun mental. Pasalnya, Inggris belum pernah merebut gelar juara turnamen besar sejak memenangi Piala Dunia 1966.

Senin lalu, misalnya, Southgate memperlihatkan rekaman video kegagalannya melakukan tendangan penalti saat membela Inggris menghadapi Jerman pada babak semifinal Piala Eropa, 19 tahun silam.

Southgate juga mengundang para tokoh sepak bola Inggris datang ke markas latihan tim nasional di St George’s Park di Burton-on-Trent untuk melihat skuad baru mereka.

Penyerang klub Leicester City, Jamie Vardy, juga mengungkapkan bahwa Southgate juga menunjukkan kepada mereka rekaman video kekalahan Inggris melawan Islandia pada Piala Eropa 2012.

Pesan Southgate melalui penayangan rekaman-rekaman pertandingan tersebut, menurut pemain lini tengah Southampton, James Ward-Prowse, adalah untuk menjadi kuat dan kompak dalam segala hal.

“Kami ingin menjadi yang terbaik di dunia. Jika Anda ingin memenangi turnamen-turnamen, Anda harus menjadi kesatuan tim yang kuat,” kata Ward-Prowse. 

Pertandingan dinihari nanti akan menjadi awal pembuktian ambisi besar Southgate menuju Piala Dunia 2022.

Pelatih berusia 46 tahun ini banyak melakukan rotasi pemain yang menarik perhatian. Ia mencoret Wayne Rooney, yang biasanya menjadi kapten tim, karena penampilan Rooney menurun di Manchester United. Di sisi lain, ia memanggil Defoe, yang sudah empat tahun tidak bermain untuk tim nasional.

Southgate akan mendapat ujian dari tim racikan manajer Joachim Loew yang sudah menangani Jerman sejak 2006.

Dalam rentang waktu 10 tahun lebih, Loew banyak merekrut pemain muda yang membuat timnya menjadi finalis Piala Eropa 2008, merebut peringkat ketiga Piala Dunia 2010, dan memenangi Piala Dunia 2014.

Mantan bintang tim Jerman, Lothar Matthaeus, menyebutkan banyak bintang muda mereka yang kini menonjol di skuad Low. Mereka, antara lain, pemain lini tengah Leroy Sane di Manchester City, bek Nicklas Sule dari klub Hoffenheim, dan gelandang Julian Brandt dari klub Bayern Leverkusen.

Prediksi susunan pemain Jerman vs Inggris:

Jerman 3-4-2-1: Leno; Howedes, Mustafi, Hummels; Oezil, Draxler, Rudy, Gerhardt; Goretzka, Gundogan; Muller.

Inggris 4-2-3-1: Hart; Clyne, Cahill, Stones, Rose; Henderson, Dier; Sterling, Lallana, Lingard; Vardy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper