Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Striker Ajax, Ezra Walian Jadi WNI, Siap Bela Garuda

Penyerang Jong Ajax berusia 19 tahun, Ezra Walian resmi menjadi warga negara Indonesia setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) naturalisasinya.
Ezra Walian/Youtube
Ezra Walian/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA -  Penyerang Jong Ajax berusia 19 tahun, Ezra Walian resmi menjadi warga negara Indonesia setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) naturalisasinya.

Keppres dengan Nomor 5/PWI Tahun 2017 itu ditetapkan oleh Presiden pada 20 Maret 2017, berdasarkan informasi  di Jakarta, Senin (20/3/2017), dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Selain Ezra, Keppres tersebut juga mengesahkan sang ayah Glenn Arthur Walian menjadi warga negara Indonesia.

Di  Ajax contracteert jeugdspeler Walian, situs Resmi AFC Ajax, Ezra Harm Ruud Walian --kelahiran 22 Oktober 1997 dan umur 19 tahun--  pemain sepak bola keturunan Indonesia yang bermain untuk tim muda Ajax. Ia berposisi sebagai striker. Ayahnya bernama Glenn Walian berasal dari Manado, Indonesia sedangkan ibunya Linda Bos merupakan warga asli Belanda. Ezra Walian telah menandatangani kontrak profesional bersama Ajax Amsterdam dengan durasi 4 tahun hingga 30 Juni 2017.

Lion City Cup player profile: Ezra Walian di Goal.com Singapore dan New Ajax B2 wins Lions City Cup, situs Resmi AFC Ajax,  ditulis,  Ezra Walian mulai mencuat saat baru bergabung dengan tim junior Ajax dan langsung bermain di turnamen Lion City Cup Singapore 2012 di mana dirinya membawa Ajax B2 (U-16) menjadi juara dan top skor di turnamen junior yang juga diikuti beberapa tim besar Eropa seperti Manchester City dan FC Porto tersebut.

Setelah menyandang status sebagai WNI, Ezra pun memiliki hak untuk masuk ke tim nasional Indonesia yang dilatih Luis Milla.

Pria bernama lengkap Ezra Harm Ruud Walian itu pun kemungkinan besar mengisi satu tempat di tim Garuda yang akan melawan Myanmar dalam laga uji coba di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (21/3).

Hal ini sudah ditegaskan oleh Luis Milla dalam konferensi pers jelang pertandingan tersebut beberapa jam lalu.

"Kalau administrasinya sudah lengkap dia akan main. Menurut saya, dia pemain berbakat dan bisa masuk ke dalam sistem permainan kami," ujar Milla.

Ezra Harm Ruud Walian merupakan pemain kelahiran 22 Oktober 1997. Pemain keturuan Manado ini saat ini memperkuat tim Jong Ajax yang berlaga di liga kasta kedua Belanda, Divisi 1 atau lebih dikenal Eerste Divise.

Pemain berposisi penyerang ini merupakan anggota timnas Belanda mulai dari U-15, U-16 dan U-17.

Jika masuk skuad tim nasional, yang masih dalam tahap seleksi menuju SEA Games 2017, Ezra akan bersaing dengan dua nama lain di posisi yang sama yaitu Ahmad Nurhadianto dan Dendy Sulistyawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper