Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Michael Essien Jadi Pemain Persib, Ini Harga Transfernya

Michael Essien Jadi Pemain Persib, Ini Harga Transfernya
Michael Essien/Sky Sports
Michael Essien/Sky Sports

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan pemain Chelsea, Michael Essien, sedang jadi buah bibir netizen Indonesia. Pemain asal Ghana itu disebutkan tengah berada di Indonesia dan akan bergabung dengan Persib Bandung.

Manajemen Persib tak memberi kepastian soal kabar ini. Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Zainuri Hasyim masih hendak mengecek kabar itu tersebut. "Di medsos memang beredar seperti itu. Nanti saya kroscek dulu sama teman-teman di jakarta dia liburan atau apa di Jakarta," ujar Zaenuri, Senin, 13 Maret 2017. (Baca: Benarkah Mantan Pemain Chelsea Michael Essien Akan Bergabung ke Persib?)

Munculnya isu itu tak lepas dari kondisi pemain 34 tahun itu. Ia sudah enam bulan tak memiliki klub, setelah meningalkan klub Yunani, Panathinaikos.

Kabar terbaru, ia kesulitan menemukan klub  baru di Eropa. Maklum tampilannya dianggap sudah tak lagi kinclong. Di klub terakhirnya ia tampil 15 kali dan hanya menyarangkan satu gol.

Tiga klub Swedia dikabarkan sama-sama menolak untuk merekrut pemain ini, yakni AIK, Hammarby, dan IFK Goeteborg. Agennya, Hamid Kabodvand, sempat menawarkan dia ke klub Allsvenskan. "Essien butuh bermain dan menjaga kebugarannya. Jadi Allsvenskan adalah sempurna," kata dia seperti dikutip Pulse.com.

Untuk menjaga kebugarannya  belakangan ia ikut berlatih di Chelsea. Sebelumnya, Essien pernah delapan musim bermain di klub itu dan menyumbang 25 gol dalam 256 laga. Ia meninggalkan Stamford Bridge pada 2014 dan sempat bermain di Real Madrid, Milan, sebelum beragabung di Panathinaikos.

Lalu, mungkinkah klub Indonesia, termasuk Persib, merekrutnya? Masih tanda tanya. Soalnya, meski tak memiliki klub, pemain ini masih berbanderol cukup tinggi. Data di laman Transfermarkt, menyebut harga pemain  800 ribu euro atau sekitar Rp 11,4 miliar.

Jumlah itu jelas sangat fantastis untuk ukuran klub Indonesia. Bahkan banyak klub yang total pengeluarannya selama semusim tak lebih dari Rp 20 miliar. Persib sendiri, kabarnya, pernah mengeluarkan dana besar saat memboyong pemain naturalisasi, Sergio van Dijk, tahun 2012, yakni sekitar Rp 4 miliar.

Tentu ceritanya akan lain sama sekali bila Essien mau menurunkan harganya dan menikmati masa-masa akhir kariernya di Indonesia, yang dalam peta sepak bola Eropa masih dianggap antah berantah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper