Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

18 Calon Pemain Timnas U-19 Lolos ke Seleksi Tahap 2

Sebanyak 18 dari 41 pemain yang mengikuti seleksi nasional tahap pertama Timnas U-19 dipastikan lolos ke seleksi tahap kedua.
Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri/Antara-Fikri Yusuf
Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri/Antara-Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 18 dari 41 pemain yang mengikuti seleksi nasional tahap pertama Timnas U-19 dipastikan lolos ke seleksi tahap kedua yang rencananya bakal dilakukan di empat kota yaitu Pekanbaru, Jakarta, Surabaya, dan Makassar pada 6-12 Maret.

"Mereka kami berikan kesempatan kedua. Setelah libur satu hari proses seleksi akan kami lakukan. Untuk peserta lainnya hasil seleksi dari masing-masing Asprov," kata pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri seusai memimpin latihan di lapangan NYTC Bojongsari, Depok, Jawa Barat, pada Sabtu (4/3/2017).

Meski mengatakan ada 18 pemain yang akan dipanggil untuk mengikuti seleksi tahap kedua, mantan pelatih Bali United itu belum bersedia mengumumkan secara detail nama-nama pemain yang dinilai cukup berpotensi memperkuat Timnas U-19 itu.

Menurut dia, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh calon pemain timnas yaitu kemampuan, fisik, kesehatan hingga psikologi pemain. Adapun lokasi seleksi didasarkan pada banyaknya kontribusi pemain yang diseleksi.

"Psikotes kemarin sudah kami lakukan. Jadi tidak hanya fisik dan teknik bermain bola saja. Semuanya kami nilai. Untuk Psikotes saja kami mendatangkan ahli dari UGM," kata pria asal Sumatra Barat itu.

Jika pada seleksi pertama berasal dari PPLP, klub dan Piala Suratin, pada seleksi tahap kedua ini berasal dari seleksi yang dilakukan oleh Asprov PSSI. Seleksi ini adalah yang terakhir sebelum pemusatan nasional yang bakal diikuti 35 pemain.

"Setelah seleksi tuntas, kami punyai waktu 3 hari untuk menentukan nama pemain. Ada 35 nama yang nantinya menjalani pemusatan latihan nasional. Selama pelatihan nanti akan ada sistem promosi degradasi," kata Indra.

Tidak hanya 35 pemain hasil seleksi nasional yang bakal dipantau. Rencananya bakal ada 13 pemain Indonesia yang saat ini menimba ilmu di luar negeri juga bakal dipanggil untuk menjalani seleksi. Sesuai dengan rencana, seleksi bakal digelar pada 6-10 April.

Melihat kemampuan pemain yang ada saat ini, Indra Sjafri mengaku bakal mendapatkan tim yang kuat. Apalagi beberapa pemain hasil seleksi dinilai memiliki kemampuan yang luar biasa.

"Ada sekitar lima pemain yang istimewa. Tapi kami tidak bisa menyebut siapa dia. Biar tidak besar kepala," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper