Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AFC Minta FIFA Selesaikan Konflik Sepak Bola Palestina-Israel

AFC meminta FIFA untuk segera menyelesaikan masalah persepakbolaan terkait konflik Israel-Palestina.
Markas FIFA di Zurich, Swiss/Reuters-Arnd Wiegmann
Markas FIFA di Zurich, Swiss/Reuters-Arnd Wiegmann

Bisnis.com, JAKARTA - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) meminta Federation Internationale de Football Association (FIFA) untuk segera menyelesaikan masalah persepakbolaan terkait konflik Israel-Palestina.

Ketua AFC Sheik Slaman bin Ebrahim Al Khalifa mengatakan batas waktu untuk mengakhiri masalah ini sudah berulang kali terlewati, dan pihak Palestina ingin melihat "sepak bola dimainkan di negeri mereka".

Sengketa muncul karena ada enam tim dari klub divisi bawah Liga Israel yang bermarkas di wilayah pendudukan Tepi Barat dan melakukan pertandingan di sana.

Persatuan Sepak Bola Palestina (PFA) mengatakan bahwa hal tersebut bertentangan dengan statuta FIFA yang menyebutkan bahwa tim dari negara anggota badan sepak bola dunia tidak boleh melakukan pertandingan di wilayah milik negara anggota lainnya tanpa izin.

Permukiman Israel dinilai tidak sah berdasarkan hukum internasional, meski Israel mempermasalahkan hal itu.

PFA juga mengeluhkan bahwa Israel menghadapi aktivitas mereka, termasuk membatasi pergerakan pemain antara Tepi Barat dan Gaza, dan menghadang sejumlah perjalanan internasional.

Pemerintah Israel telah menyampaikan kekhawatiran soal keamanan aktivitasnya, dan federasi sepak bola Israel, yang adalah anggota badan sepak bola Eropa, mengatakan bahwa mereka tidak bertanggung jawab terkait dengan aksi dari pemerintahannya.

AFC dalam sebuah pernyataan menyebutkan bahwa komite eksekutif telah mendukung pembuatan rekomendasi untuk mendesak FIFA agar mengeluarkan resolusi terkait konflik ini.

AFC mengimbau FIFA untuk menerapkan aturan yang sesuai dengan statuta FIFA sesegera mungkin. "Palestina adalah anggota AFC dan mereka ingin melihat sepak bola mereka dimainkan di negeri sendiri," kata Sheikh Salman.

"Kami ingin adanya batas waktu yang pasti, karena sebelumnya selalu dilewati. Kami semua ingin masalah ini dapat diselesaikan," katanya.

PFA pada kongres FIFA 2 tahun lalu mengimbau adanya sanksi bagi Israel, namun dibujuk untuk mencabut mosinya di menit terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper