Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mangkir Bayar, AFC Putus Kontrak Perusahaan China

Perusahaan China LeSports mengatakan kontrak 4 tahunnya untuk menyiarkan kompetisi-kompetisi di bawah naungan AFC diputus pekan lalu.
Markas AFC di Kuala Lumpur/Soccerway
Markas AFC di Kuala Lumpur/Soccerway

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan China LeSports mengatakan kontrak 4 tahunnya untuk menyiarkan kompetisi-kompetisi di bawah naungan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) diputus oleh organisasi itu pekan lalu setelah gagal membayar cicilan terkait kesepakatan, kata sumber Reuters.

Kontrak itu, yang bernilai sampai 100 juta dolar AS, merupakan kesepakatan dengan unit olahraga dari raksasa teknologi China LeEco pada Oktober 2015 dan memberikan hak-hak penyiaran eksklusif kepada perusahaan China itu untuk pertandingan-pertandingan di bawah AFC.

Kesepakatan itu dibatalkan pekan lalu, kata sejumlah sumber, setelah LeSports gagal untuk membayar cicilan terakhir di kontrak yang mencakup Liga Champions Asia, putaran final zona Asia untuk putaran final Piala Dunia 2018, dan Piala Asia dari 2017 sampai 2020.

Belum ada pihak yang dapat dimintai komentar dari LeEco, sementara AFC mengatakan pihaknya tidak berada dalam posisi untuk berkomentar.

AFC mengawasi seluruh sepak bola di Asia dan turnamen klub papan atas, Liga Champions Asia, termasuk klub-klub papan atas dari benua itu serta Australia yang juga anggota AFC.

LeSports, yang juga memegang hak-hak China untuk putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia, melakukan pembayaran menit terakhir pada Desember untuk memastikan pihaknya menghormati komitmen-komitmen untuk menyiarkan Liga Inggris.

LeEsco mengumumkan pada Januari bahwa pihaknya menerima investasi baru bernilai 15,04 miliar yuan (2,19 dolar) dari perusahaan pengembang properti Sunar China Holdings.

Meski tim sepak bola nasional China mengalami kesulitan dalam beberapa tahun terakhir, ketertarikan kepada permainan di level klub telah membesar di China.

Guangzhou Evergrande menjuarai Liga Champions Asia pada 2013 dan 2015 dan masuknya bakat-bakat asing dengan bayaran tinggi, termasuk pemain asal Brasil Oscar dan Carlos Tevez asal Argentina, telah membanjiri Liga China untuk musim baru yang akan dimulai pekan depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper