Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelatih Timnas Luis Milla Pilih Formasi 4-3-3

Pelatih kepala Timnas Indonesia Luis Milla menyukai formasi 4-3-3 yang identik dengan klub La Liga Spanyol, FC Barcelona, di masa kepemimpinan pelatih Pep Guardiola.
Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla/Antara-Sigid Kurniawan
Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla/Antara-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, TANGERANG - Asisten pelatih Timnas Indonesia U-22 Bima Sakti Tukiman mengatakan pelatih kepala Luis Milla menyukai formasi 4-3-3 yang identik dengan klub La Liga Spanyol, FC Barcelona, di masa kepemimpinan pelatih Pep Guardiola.

"Milla memang suka formasi 4-3-3. Namun apakah itu akan diterapkan untuk tim nasional Indonesia, ya, tergantung kebutuhan," ujar Bima usai seleksi perdana hari kedua tim nasional di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang, Banten.

Luis Milla, lanjut Bima, ingin tim yang dilatihnya bermain dengan tempo cepat, lugas dalam menyerang dan bisa membangun pertahanan yang baik.

Oleh karena itu, pria asal Spanyol yang pernah bermain di Barcelona dan Real Madrid tersebut ingin menemukan pemain yang bisa menerjemahkan taktik tersebut dalam lapangan.

"Setelah tiga kali latihan dalam seleksi perdana ini, para pemain memiliki kualitas yang baik dan bisa bermain cepat. Itu membuat kami optimistis," kata Bima.

Dalam seleksi, Milla memang terlihat menitikberatkan umpan-umpan pendek sebagai pondasi membangun serangan.

Pelatih berusia 50 tahun itu menginstruksikan pemainnya untuk menemukan celah agar leluasa mengoper saat menyerang dan melakukan transisi lekas ke posisi bertahan ketika kehilangan bola.

Hasil latihan di seleksi pertama itu nantinya dipantau lebih lanjut dalam latih tanding internal 11 lawan11 , yang memang belum pernah dilakukan.

"Di hari terakhir seleksi perdana, Kamis, kami mau melihat kemampuan para pemain dalam game sebelas lawan sebelas," tutur Bima.

Adapun PSSI seleksi hari ini merupakan rangkaian seleksi perdana timnas U-22. Kegiatan itu berlangsung pada 21-22 Februari 2017 dan diikuti 25 pemain pilihan Luis Milla. Hari pertama, Selasa (21/2), kegiatan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB.

Sementara untuk Rabu (22/2) diadakan dua sesi yaitu pagi mulai pukul 08.00 WIB dan sore pukul 16.00 WIB. Pada Kamis (23/2), kegiatan berawal pukul 08.00 WIB dengan menu latih tanding internal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper