Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Liga Champions: Hujan Gol, ManCity Menang 5-3, Atletico 4-2

Manchester City dan Atletico Madrid memenangi leg pertama 16 besar Liga Champions.
Para pemain Manchester City merayakan gol Leroy Sane (terbaring, tidak terlihat) ke gawang AS Monaco/Reuters-Lee Smith
Para pemain Manchester City merayakan gol Leroy Sane (terbaring, tidak terlihat) ke gawang AS Monaco/Reuters-Lee Smith

Bisnis.com, JAKARTA - Manchester City dan Atletico Madrid mencatat kemenangan dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa yang digelar pada Rabu pagi WIB (22/2/2017).

Dalam pertandingan hujan gol di Stadion Etihad di Manchester, tuan rumah Manchester City, kontestan Liga Primer Inggris, menghentikan perlawanan tamunya wakil Ligue 1 Prancis AS Monaco dengan skor 5-3.

AS Monaco sempat unggul 2-1 hingga turun minum sebelum babak kedua menjadi milik Manchester City dengan melesakkan empat gol tambahan.

Penyerang City Raheem Sterling membuka skor untuk membawa tuan rumah unggul lewat golnya yang sebenarnya tampak jelas offside pada menit ke-26, setelah dia dengan mudah menyontek bola umpan tarik kiriman Leroy Sane.

Namun, hanya 6 menit kemudian, Monaco menyamakan kedudukan yang berawal dari sapuan buruk penjaga gawang Willy Caballero yang malah direbut Fabio Enrique Tavares alias Fabinho.

Fabinho lantas melepaskan umpan silang yang berhasil disambut Radamel Falcao yang melayang demi menanduk bola ke dalam gawang sekaligus menyamakan kedudukan 1-1.

Monaco malah membalikkan keadaan dan merebut keunggulan dari tangan City pada menit ke-40 setelah Kylian Mbappe menguasai bola umpan Fabinho. Dia menang duel dengan Nicolas Otamendi dan melesakkan bola ke sudut kiri gawang City untuk mengubah skor jadi 2-1 bagi tim tamu.

Berkat gol itu, Mbappe, 18 tahun, menjadi pemain Prancis termuda kedua yang mencetak gol di ajang Liga Champions Eropa setelah Karim Benzema.

Memasuki babak kedua, Manchester City bangkit setelah Monaco gagal memanfaatkan peluang emas pada menit ke-50 akibat Radamel Falcao gagal mengeksekusi tendangan penalti karena tendangan lemahnya ke arah kiri gawang bisa diantisipasi dengan baik oleh kiper City Caballero.

Penalti yang diputuskan wasit Antonio Mateu dari Spanyol itu sendiri layak diperdebatkan, karena dari tayang ulang terlihat tekel Otamendi kepada Falcao bersih.

Kegagalan menambah gol menjadi bumerang bagi Monaco. Pada menit ke-58 Sergio Aguero berhasil mencetak gol penyama skor menjadi 2-2.

Falcao sempat membayar kesalahan dan menebus dosa kegagalan penaltinya dengan mengembalikan keunggulan tamu melalui golnya berselang 3 menit kemudian dengan memaksimalkan assist Thomas Lemar. Skor 2-3.

Namun, City kemudian menunjukkan keperkasaannya dengan menambah tiga gol beruntun hanya dalam rentang waktu 11 menit melalui Aguero (71’), John Stones (77’), dan Leroy Sane (82’), sehingga skor akhir 5-3 untuk tuan rumah asuhan pelatih Pep Guardiola.

Meski menang, hasil ini belum membuat ManCity sepenuhnya aman untuk melaju ke perempat final. Apalagi, Monaco berhasil mencetak hingga tiga gol dalam laga tandang tersebut. Kemenangan 2-0, 3-1, atau 4-2 di leg kedua akan meloloskan tim yang bermarkas di Kerajaan Monako itu ke 8 besar.

Dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions lainnya di Stadion BayArena di Leverkusen, Jerman, tuan rumah Bayer 04 Leverkusen merasakan kekalahan di hadapan pendukung sendiri dari jagoan La Liga Spanyol Atletico Madrid dengan skor 2-4.

Pada babak pertama saja, tuan rumah telah tertinggal 0-2. Keunggulan itu diraih Atletico berkat gol Saul Niguez dan Antoinne Griezmann yang membawa tim besutan Diego Simeone sementara ini memiliki keuntungan agregat dua gol tandang.

Gol pembuka Atletico pada menit ke-17 berawal dari umpan sodoran kapten Gabi Fernandez yang disambut Saul Niguez dengan aksi individual, menusuk ke dalam kotak penalti sebelum melepas tendangan kaki kiri ke pojok gawang dari sudut sempit.

Tim tamu hanya membutuhkan 8 menit untuk menggandakan keunggulan, setelah pengendalian bola Kevin Gameiro berhasil memancing barisan dua pemain bertahan Leverkusen sehingga membuka ruang untuk Griezmann dalam satu skema serangan balik.

Gameiro lantas mengirimkan bola matang yang dengan mudah dilesakkan Griezmann, memaksa penjaga gawang Leverkusen Bernd Leno kembali memungut bola dari dalam gawangnya sekaligus mengubah skor menjadi 2-0 bagi Atletico.

Griezmann, penyerang asal Prancis, hampir memperbesar keunggulan Atletico pada menit 34, namun penyelesaiannya atas umpan Gameiro melambung di atas gawang Leverkusen.

Sebaliknya, Leverkusen kesulitan untuk membangun serangan yang cukup membahayakan bagi barisan pertahanan tim tamu.

Memasuki babak kedua, Leverkusen seperti hendak bangkit ketika baru memasuki menit ketiga, Karim Bellarabi memperkecil skor menjadi 1-2.

Namun, asa tuan rumah kembali meredup setelah 10 kemudian Kevin Gameiro sukses mengeksekusi penalti untuk menjadikan skor 1-3.

Wasit William Collum menetapkan penalti setelah bek Leverkusen Aleksandar Dragovic melanggar Gameiro. Layak diperdebatkan apakah pelanggaran itu memang telah masuk ke area kotak penalti, namun wasit agaknya cukup dekat untuk memberi keputusan yang tepat.

Harapan kebangkitan bagi Leverkusen muncul lagi setelah pemain Atletico Stefan Savic melakukan gol bunuh diri pada menit 67, namun Fernando Torres yang baru main selama 8 menit menggantikan Yannick Carrasco berhasil menambah gol untuk tim tamu pada menit ke-86 sehingga skor akhir 2-4.

Kemenangan di kandang lawan dengan selisih dua gol dan mencetak empat gol membuat posisi skuat asuhan Diego Simeone relatif aman untuk melaju ke babak perempat final. Bahkan, kekalahan di kandang sendiri pada leg kedua dengan skor 0-2 atau 1-3 pun tetap meloloskan Atletico ke 8 besar.

Hasil dan jadwal leg pertama (dalam WIB):

Rabu, 15 Februari: Benfica 1 vs Borussia Dortmund 0; Paris Saint-Germain 4 vs FC Barcelona 0

Kamis, 16 Februari: Real Madrid 3 vs Napoli 1; Bayern Munchen 5 vs Arsenal 1

Rabu, 22 Februari: Manchester City 5 vs AS Monaco 3; Bayer Leverkusen 2 vs Atletico Madrid 4

Kamis, 23 Februari:

02:45   Porto vs Juventus

02:45   Sevilla vs Leicester City

Jadwal leg kedua (dalam WIB):

Rabu, 8 Maret:

02:45   Napoli vs Real Madrid

02:45   Arsenal vs Bayern Munchen

Kamis, 9 Maret:

02:45   Borussia Dortmund vs Benfica

02:45   Barcelona vs Paris Saint-Germain

Rabu, 15 Maret:

02:45   Juventus vs Porto

02:45   Leicester City vs Sevilla

Kamis, 16 Maret:

02:45   AS Monaco vs Manchester City

02:45   Atletico Madrid vs Bayer 04 Leverkusen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters & The Guardian
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper