Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIGA CHAMPIONS: Bayern Munchen vs Arsenal, The Gunners Dalam Tekanan (SCTV)

Perjuangan the Gunners Arsenal untuk meraup poin tiga di leg pertama babak 16 Liga Champions pada Rabu (15/2/2017) atau Kamis (16/2/2017) dari tuan rumah Bayern Munchen, bukan hal mudah jika tidak bisa dibilang mustahil. Pertandingan akan ditayangkan SCTV Kamis (16/2/2017) pukul 02.45 WIB.
Pelatih Arsenal, Arsene Wenger/freedomonline.com.ng
Pelatih Arsenal, Arsene Wenger/freedomonline.com.ng

Bisnis.com, JAKARTA - Perjuangan the Gunners Arsenal untuk meraup poin tiga di leg pertama babak 16 Liga Champions pada Rabu (15/2/2017) atau Kamis (16/2/2017) dari tuan rumah Bayern Munchen, bukan hal mudah jika tidak bisa dibilang mustahil. Pertandingan akan ditayangkan SCTV Kamis (16/2/2017) pukul 02.45 WIB.

Merujuk kepada pertemuan sebelumnya, dimanakedua tim telah bertemu sepuluh kali  sejak 2000/01, klub Jerman ini telah memenangkan lima dari game-game itu dan klub Inggris tiga,  Bayern mengalahkan Arsenal di babak 16 pada 2004/05, 2012/13 dan 2013/14.

Pada penyisihan grup musim lalu, Arsenal memang mampu mengatasi Bayern 2-0  berkat gol dari Olivier Giroud dan Mesut Özil. Namun, tim Jerman kemudian menang 5-1 saat bertemu  di Munchen melalui gol  Thomas Müller (2), David Alaba dan Arjen Robben. Giroud  mencetak gol untuk Arsenal.

Munchen --tim yang berdiri 27 Februari 1900, yang artinya kini memasuki usia 117 tahun-- adalah tim besar dalam segala aspek. Pernah melahirkan bintang dunia Franz Beckenbauer  yang mampu memenangkan Piala Eropa tiga kali berturut-turut (1974-1976).

Bahkan, memiliki budaya prestasi yang tinggi --misalnya kita ukur dalam kasta kompetisi tertinggi di Eropa yaitu Liga Champions-- dalam jumlah yang tidak sedikit. Setidaknya sudah lima kali dan runner up juga lima kali.

Tentu, dengan ukuran yang sama, dari sisi usia, the Gunners jauh lebih uzur karena berdiri pada 1886. Itu artinya sudah berusia 136 tahun. Namun, dari sisi budaya prestasi, rasanya, seperti kurang terbangun. Di kancah tertinggi --Liga Champions-- hanya runner up pada 2005-2006, begiupun pada  Piala Super Eropa 1994.

Kini, saat kinerja Arsenal yang tidak stabil hingga melahirkan tekanan pada Arsene Wenger, Munchen seperti lawan besar bagi the Gunner. Kekalahan 1-2 dari Hull City di kompetisi menjadi kisah yang kurang menyenangkan bagi Arsenal saat melawan Munchen di Jerman. Sebaliknya Munchen, yang terus menebar ancaman kepada para lawan-lawannya kenadati kini masih bercokol di posisi kedua klasemen Bundesliga, Munchen seperti raksasa. Besar dan menakutkan.

Fakta pertandingan

Bayern
Lahm dan Boateng terancam absen di leg kedua jika meraih satu kartu kuning lagi.

• Bayern meraih 11 pertandingan tanpa terkalahkan,  sepuluh di antaranya menang, sejak kalah 3-2 dari FC Rostov pada matchday lima.

• Tim Ancelotti akan menjadi tuan rumah FC Schalke 04 di perempat final Piala Jerman  pada 1 Maret.

• Lahm mengumumkan pada  7 Februari bahwa ia akan pensiun pada akhir musim ini, meskipun kontraknya masih sampai musim panas 2018.

• Ribery (sejak 31 Januari dibekap hamstring) telah kehilangan dua pertandingan terakhir Bayern. Boateng sudah tidak bermain sejak menjalani operasi otot dada pada  20 Desember.

• Lewandowski,  pesepakbola asal Polandia memasuki tahun keenam  secara berturut-turut pada  4 Februari, telah mencetak 30 gol dalam 33 pertandingan untuk klub dan negara pada musim ini.

• Lewandowski telah menulis perpanjangan kontrak sejak matchday enam (sampai 2021), Rafinha (2018) dan Robben (2018).

• Anggota tim nasional Jerman asal klub TSG 1899 Hoffenheim Niklas Süle dan Sebastian Rudy akan bergabung dengan Bayern pada 1 Juli.

Perubahan skuad UEFA Champions League
Masuk: Christian Früchtl
• Absen : Holger Badstuber, Julian Green

Arsenal
• Arsenal telah memenangkan delapan dari 13 pertandingan mereka sejak matchday enam, empat di antaranya kalah.

• Membuat start pertamanya sejak 8 Mei 2016 setelah operasi lutut, Danny Welbeck mencetak dua gol dalam kemenangan 5-0 di putaran keempat Piala FA  di Southampton FC pada  28 Januari.

• Theo Walcott membuat hat-trick, kelimanya bagi The Gunners, saat melawan Southampton.

• Arsenal akan tampil melawan tim lapis kelima lapis Sutton United FC di putaran kelima Piala FA  pada  20 Februari.

• Aaron Ramsey absen selama tiga minggu setelah mengalami cedera betis pada saat kalah  2-1 di rumah ke Watford FC pada 31 Januari.

• Pergantian Héctor Bellerín yang  cedera kepala berlanjut ketika dia mencoba untuk mencegah gol pertama Chelsea FC saat the Gunners kalah  3-1 di Stamford Bridge pada 4 Februari. Namun, ia sempat tampil penuh saat Arsenal kalah 2-0 Sabtu lalu dari Hull City AFC.

Perubahan skuad UEFA Champions League
• Masuk: Ryan Huddart, Per Mertesacker, Reiss Nelson, Danny Welbeck
• Absen: Chuba Akpom, Krystian Bielik, Marc Bola, Aaron eyoma, Kaylen Hinds, Carl Jenkinson, Stephy Mavididi, Tyrell Robinson, Gedion Zelalem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : uefa.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper