Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Pra-Piala Dunia U-20: Uruguay Bantai Argentina, Ekuador Ganjal Brasil

Argentina di luar dugaan dihantam dengan skor telak 0-3 oleh Uruguay, sementara Brasil ditahan imbang 2-2 oleh Ekuador dalam Pra-Piala Dunia U-20 2017.
Pemain Uruguay U-20 Rodrigo Bentancur (kiri) dan Diego Nicolas de la Cruz merayakan gol ke gawang Argentina U-20/Conmebol.com
Pemain Uruguay U-20 Rodrigo Bentancur (kiri) dan Diego Nicolas de la Cruz merayakan gol ke gawang Argentina U-20/Conmebol.com

Bisnis.com, JAKARTA - Juara bertahan Argentina di luar dugaan dihantam dengan skor telak 0-3 oleh Uruguay, sementara Brasil ditahan imbang 2-2 oleh tuan rumah Ekuador dalam pertandingan fase akhir Kejuaraan Sepak Bola Amerika Selatan U-20 yang sekaligus merupakan Pra-Piala Dunia U-20 2017.

Dalam pertandingan di Stadion Olimpico Atahualpa di Quito, ibu kota Ekuador, pada Selasa pagi WIB (21/1/2017), ketiga gol Uruguay dilesakkan Diego Nicolas de la Cruz (38’), Mathias Olivera (40’), dan Rodrigo Amaral (62’).

Uruguay baru bisa menjebol gawang Argentina setelah skuat muda Tango harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-32 akibat gelandang Tomas Belmonte kena kartu merah langsung, tanpa didahului kartu kuning, dari wasit Diego Haro dari Peru.

Ini merupakan pertemuan kedua Uruguay dan Argentina dalam turnamen ini. Di fase Grup B, kedua tim bermain imbang 3-3.

Dalam pertandingan berikutnya di tempat yang sama, Brasil harus menerima kenyataan pahit gagal mempertahankan keunggulan 2-0 dan akhirnya dipaksa seri 2-2 oleh tuan rumah Ekuador yang menghasilkan dua gol dari titik penalti.

Pada babak pertama Brasil telah unggul 2-0 berkat gol-gol dari Guilherme Arana pada menit ke-15 dan digandakan 10 menit berikutnya melalui Maycon de Andrade. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Ekuador membalas dua gol, semua dari titik penalti, melalui Renny Jaramillo pada menit 70 dan 8 menit kemudian melalui Pervis Estupinan. Skor 2-2 berakhir hingga laga yang dipimpin wasit Mario Alberto Diaz dari Paraguay usai.

Ini merupakan pertemuan kedua Brasil dan Ekuador dalam turnamen ini. Di fase Grup A, Brasil mampu menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1-0.

Sebelum Uruguay versus Argentina, di tempat yang sama digelar laga pembukaan fase akhir antara Kolombia melawan Venezuela yang berakhir dengan skor imbang 1-1.

Venezuela membuka skor lebih dulu melalui kontribusi Yeferson Soteldo pada menit ke-36 dan Kolombia baru mampu menyamakan skor lewat titik penalti Juan Camilo Hernandez 5 menit menjelang laga usai.

Hebatnya, Kolombia justru bisa memberikan gol balasan setelah hanya bermain dengan 10 orang setelah pada menit ke-70 bek Carlos Cuesta terkena kartu kuning kedua dari wasit Jonathan Fuentes (Uruguay).

Dari hasil tiga pertandingan tersebut, Uruguay untuk sementara memimpin klasemen fase akhir dengan nilai 3, diikuti Brasil, Ekuador, Kolombia, dan Venezujela masing-masing dengan nilai 1, sedangkan Argentina di dasar klasemen belum meraih poin.

Kejuaraan di Ekuador ini berlangsung pada 19 Januari - 11 Februari 2017 diikuti 10 anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) yakni Argentina, Brasil, Uruguay, Bolivia, Peru, Kolombia, Venezuela, Paraguay, Chile, dan tuan rumah Ekuador.

Ke-10 tim dibagi ke dua grup. Grup A diisi Ekuador, Brasil, Kolombia, Paraguay, dan Chile, sedangkan Grup diisi juara bertahan Argentina, Uruguay, Peru, Venezuela, dan Bolivia.

Tiga tim teratas masing-masing grup melaju ke babak akhir. Dari enam tim yang masuk babak akhir yakn I Uruguay, Brasil, Argentina, Kolombia, Venezuela, dan tuan rumah Ekuador, empat tim teratas akan lolos ke Piala Dunia U-20 edisi 2017 yang berlangsung pada 20 Mei - 11 Juni di Korea Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Conmebol.com & Soccerway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper