Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kosta Rika Dominasi Pemain & Pelatih Terbaik Zona Concacaf

Bryan Ruiz, pemain Timnas Kosta Rika dan klub Portugal Sporting Lisbon, terpilih sebagai pemain terbaik zona Concacaf edisi 2016.
Amelia Valverde, pelatih timnas wanita Kosta Rika yang baru berusia 29 tahun/FIFA.com
Amelia Valverde, pelatih timnas wanita Kosta Rika yang baru berusia 29 tahun/FIFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bryan Ruiz, pemain Timnas Kosta Rika dan klub Portugal Sporting Lisbon, terpilih sebagai pemain terbaik Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia (Concacaf) edisi 2016 yang diumumkan pada Kamis dini hari WIB (19/1/2017).

Ini gelar perdana Ruiz, yang membawa negaranya untuk pertama kali lolos ke perempat final Piala Dunia yakni di Brasil 2 tahun lalu, sebagai pemain terbaik zona Concacaf.

Striker berusia 31 tahun itu, yang kapten Timnas Kosta Rika, membantu Sporting Lisbon finis sebagai runner up di liga teratas Portugal musim 2015-2016. Dia juga memainkan peran penting yang mengantas Kosta Rika sekarang menapaki tahap akhir Pra-Piala Dunia 2018 Rusia zona Concacaf.

Bryan Ruiz memulai karier profesional bersama klub di negaranya, Deportiva Alajuelense, 13 tahun silam. Pada 2006 dia langsung bertualang ke Eropa, bergabung dengan klub kondang Belgia Gent.

Kariernya berlanjut ke Belanda pada 2009 untuk merumput bersama klub Eredivisie Belanda Twente Enschede. Berselang 2 tahun kemudian dia pindah ke Inggris bersama Fulham dan pada 2014 sempat dipinjamkan ke klub hebat Belanda, PSV Eindhoven.

Pada 2015 dia mulai bermain untuk Sporting Lisbon. Bersama klub ibu kota Portugal berjuluk Singa itu, Ruiz telah bermain dalam 50 pertandingan dengan mengontribusi sembilan gol.

Adapun, untuk Timnas Kosta Rika, Ruiz telah bermain dalam 91 pertandingan dan menghasilkan 23 gol sejak debut untuk negaranya 12 tahun lalu.

Bukan hanya Ruiz yang membanggakan Kosta Rika. Oscar Ramirez, pelatih Timnas Kosta Rika, juga terpilih sebagai pembesut terbaik sepanjang tahun lalu.

Pelatih timnas wanita Kosta Rika Amelia Valverde juga terpilih sebagai pelatih putri terbaik. Hebatnya, dia barfu saja berusia 29 tahun 5 hari yang lalu. Dia mulai melatih timnas wanita Kosta Rika tepat setahun yang lalu ketika baru berusia 28 tahun.

Sementara itu, Alex Morgan terpilih sebagai pemain terbaik wanita zona Concacaf edisi 2016. Ini gelar kedua untuk pemain timnas wanita Amerika Serikat berusia 27 tahun tersebut setelah meraihnya pada edisi 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper