Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Stadion Baru Persiba Balikpapan Masuki Tahap Akhir

Pembangunan Stadion Batakan di Balikpapan, Kalimantan Timur, sudah memasuki tahap akhir, yaitu pemasangan rumput lapangan.
Stadion Batakan/Persiba Channel
Stadion Batakan/Persiba Channel

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pembangunan Stadion Batakan di Balikpapan, Kalimantan Timur, sudah memasuki tahap akhir, yaitu pemasangan rumput lapangan.

"Begitu rumputnya tiba, segera kami pasang," kata Pengendali Lapangan Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan, Usman.

Saat ini rumput khusus pesanan dari Malang, Jawa Timur tersebut masih dalam perjalanan dengan kapal laut dari Surabaya. Rumput akan ditanam dalam ukuran 20X20 cm. Panjang lapangan hijau adalah 105 meter dan lebar 68 meter.

Stadion Batakan dibangun sebagai proyek tahun jamak dengan total anggaran Rp1,2 triliun. Kontraktor pelaksananya PT Waskita Karya.

Pada awal pekan ini puluhan pekerja tengah menyelesaikan pemasangan atap stadion dan penuntasan penyiapan lapangan hijau. Pada tahap pertama pengerjaan, area lapangan dicor dengan beton, lalu ditutup pasir, kemudian ditambahkan tanah serta tanah humus (top soil) tempat rumput tumbuh nanti.

"Ya bawahnya lapangan dibeton ini baru di Balikpapan. Biasanya langsung tanah. Pertimbangannya karena lokasi stadion ini dekat laut. Kita jaga supaya kondisi lapangan tidak turun," kata Usman.

Selanjutnya pekerjaan dengan dana dari APBD 2017 adalah pemasangan bangku penonton, pembuatan areal parkir dan jalan masuk, termasuk lanjutan penuntasan pembebasan lahan. "Tahun ini kami tidak sediakan bangku karena memang tidak termaktub dalam kontrak," kata Usman.

Bila sudah ada nanti, bangku-bangku stadion yang warna-warni bisa disusun sedemikian rupa mengikuti pola yang menarik. Tulisan “Persiba” sebagai klub yang menggunakan stadion itu sebagai markas juga dapat dibuat di tribun dengan menyusun pola yang sudah ditentukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper