Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Liga Europa: MU Lolos ke 32 Besar, Southampton Tersingkir

MU lolos ke 32 besar Liga Europa setelah menundukkan Zorya 2-0, sementara Southampton gagal karena ditahan 1-1 oleh Hapoel Beer Sheva.
Henrikh Mkhitaryan (kedua kanan) melepas tendangan yang menjebol gawang Zorya Luhansk dan meloloskan MU ke 32 besar Liga Europa/Shutterstock
Henrikh Mkhitaryan (kedua kanan) melepas tendangan yang menjebol gawang Zorya Luhansk dan meloloskan MU ke 32 besar Liga Europa/Shutterstock

Bisnis.com, JAKARTA - Manchester United melaju ke 32 besar Liga Europa setelah menundukkan tuan rumah klub Ukraina Zorya Luhansk dengan skor 2-0 dalam pertandingan terakhir Grup A, sementara Southampton gagal karena di kandang sendiri ditahan 1-1 oleh klub Israel Hapoel Be’er Sheva.

Kemanangan dalam pertandingan di Stadion Chornomorets, Odessa, Ukraina, itu membuat MU mengumpulkan total 12 poin dan menempati peringkat kedua klasemen akhir Grup A di bawah juara grup, Fenerbahce (13), yang di laga lain menang atas Feyenoord (7).

Setelah melewati babak pertama dengan keadaan imbang tanpa gol meskipun tampil dominan, MU hanya memerlukan 3 menit memasuki babak kedua untuk membuka keunggulan lewat gol dari Henrikh Mkhitaryan yang merangsek ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan yang menipu penjaga gawang Igor Levchenko.

Selanjutnya, meskipun hingga sepanjang pertandingan mereka menguasai 71 persen pengendalian bola dan melepaskan tak kurang dari 19 percobaan tembakan yang tujuh di antaranya tepat sasaran, MU harus menunggu hingga dua menit jelang waktu normal usai untuk menggandakan keunggulan.

Pada menit 88, Paul Pogba melepaskan umpan terobosan kepada Zlatan Ibrahimovic yang mengecoh barisan pertahanan tuan rumah dan melepaskan penyelesaian tajam yang memaksa Levchenko kembali memungut bola dari gawangnya dan memastikan kemenangan MU menjadi 2-0 atas Zorya.

Sementara itu di Stadion St. Mary di Southampton dalam pertandingan Grup K, tuan rumah di luar dugaan dipaksa imbang 1-1 oleh tamunya dari Israel, Hapoel Be’er Sheva.

Lebih ironis lagi, di hadapan pendukungnya sendiri, Soton baru bisa membalas gol pada injury time babak kedua melalui Virgil van Dijk dengan assist Dusan Tadic. Sebelumnya pada menit 78 Maor Buzaglo membuka skor untuk Hapoel.

Dengan hasil itu, kedua tim sama-sama mendulang nilai 8 dan Southampton unggul selisih gol 2 berbanding 0, namun tim asuhan pelatih Claude Puel itu kalah head to head dalam hal produktivitas gol karena skor saat bermain di Israel dalam pertemuan pertama imbang 0-0.

Di Grup K ini klub Republik Ceska Sparta Praha tetap jadi juara meski terakhir kalah 1-2 di kandang Inter Milan. Dua gol tuan rumah dilesakkan Eder Citadin Martins (23’, 90’), sedangkan gol tunggal Sparta dihasilkan Lukas Marecek (54’). Klasemen akhir Grup K, Sparta 12, Hapoel 8, Soton 8, dan Inter 6.

Dalam fase grup, kompetisi antarklub Eropa level kedua setelah Liga Champions ini diikuti 48 tim yang terbagi dalam 12 grup. Dua tim yang finis di posisi dua teratas setiap grup akan lolos ke babak 32 besar, yang dilengkapi delapan tim peringkat ketiga setiap grup Liga Champions.

Tim-tim yang lolos ke 32 besar dari fase grup Liga Europa ialah Fenerbahce, MU (Grup A), APOEL, Olympiakos (B), Saint-Etienne, Anderlecht (C), Zenit St. Petersburg, AZ Alkmaar (D), AS Roma, Astra Giurgiu (E), Athletic Bilbao, Genk (F), Ajax Amsterdam, Celta Vigo (G), Shkahtra Donetsk, Genk (H), Schalke 04, Krasnodar (I), Fiorentina, PAOK (J), Sparta Praha, Hapoel Be’er Sheva (K), Osmanlispor, Villarreal (L).

Adapun delapan tim dengan status peringkat ketiga fase grup Liga Champions yang masuk ke 32 besar Liga Europa ialah Ludogorets Razgrad, Besiktas, Borussia Monchengladbach, Rostov, Tottenham Hotspur, Legia Warsawa, Kopenhagen, dan Olympique Lyonnais.

Hasil lengkap pertandingan matchday terakhir atau keenam Liga Europa yang berlangsung sejak Kamis malam WIB (8/12/2016) hingga Jumat pagi WIB (9/12/2016):

Grup A:Feyenoord Rotterdam 0 vs Fenerbahce 1; Zorya Luhansk 0 vs Manchester United 2

Grup B: Young Boys 3 vs Astana 0; APOEL 2 vs Olympiakos Piraeus 0

Grup C: Mainz 2 vs Qabala 0; Anderlecht 2 vs Saint-Etienne 3

Grup D: AZ Alkmaar 3 vs Zenit St. Petersburg 2; Maccabi Tel Aviv 2 vs Dundalk 1

Grup E: Viktoria Plzen 3 vs Austria Wina 2; Astra Giurgiu 0 vs AS Roma 0

Grup F: Rapid Wina 1 vs Athletic Bilbao 1; Sassuolo vs Genk (ditunda ke Jumat pk. 18:30 WIB karena  cuaca buruk)

Grup G: Standard Liege 1 vs Ajax Amsterdam 1; Panathinaikos 0 vs Celta Vigo 2

Grup H: Konyaspor 0 vs Gent 1; Sporting Braga 2 vs Shakhtar Donetsk 4

Grup I: Salzburg 2 vs Schalke 0; OGC Nice 2 vs Krasnodar 1

Grup J: Karabakh 1 vs Fiorentina 2; PAOK 2 vs Slovan Liberec 0

Grup K: Inter Milan 2 vs Sparta Praha 1; Southampton 1 vs Hapoel Be’er Sheva 1

Grup L: Osmanlispor 2 vs Zurich 0; Villarreal 2 vs Steaua Bukarest 1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters, Soccerway, & Antara/UEFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper