Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Piala AFF: Indonesia Lolos ke Final, Skor Agregat 4-3 vs Vietnam

Indonesia akhirnya lolos ke final Piala AFF 2016 setelah menang dengan skor agregat 4-3 atas Vietnam di semifinal.
Timnas Indonesia setelah memastikan lolos ke final Piala AFF 2016/Antara-Widodo S. Jusuf
Timnas Indonesia setelah memastikan lolos ke final Piala AFF 2016/Antara-Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia akhirnya lolos ke final Piala AFF 2016 setelah menang dengan skor agregat 4-3 atas Vietnam di semifinal. Dalam laga leg kedua di Stadion My Dinh di Hanoi, Indonesia dan Vietnam seri 2-2 setelah leg pertama pekan lalu di Bogor Merah Putih menang 2-1.

Sebagaimana disiarkan RCTI, kemenangan Indonesia dalam laga pada Rabu (7/12/2016) harus melalui perjuangan luar biasa terutama menghadapi kekerasan hati para pemain Vietnam. Beruntung, mental baja para pemain Indonesia membuktikan bahwa skuat Garuda layak tampil di final menghadapi pemenang Thailand vs Myanmar.

Begitu kick off, Vietnam langsung menekan. Sejumlah peluang tercipta, namun justru Indonesia berhasil mencuri gol lebih dulu pada menit 54 lewat cocoran Stefano Lilipaly memanfaatkan kesalahan koordinasi kiper dan bek Vietnam yang keliru mengantisipasi umpan lambung menyilang dari Boaz Solossa.

Sepanjang laga Vietnam terus melakukan tekanan. Namun pada menit ke-75 Indonesia diuntungkan oleh kartu merah yang diterima kiper Vietnam Trn Nguyên Mnh akibat bereaksi berlebihan ketika dilanggar pemain Indonesia.

Vietnam yang telah melakukan tiga pergantian pemain tak bisa lagi memasukkan kiper cadangan. Alhasil, ditariklah Qu Ngc Hi menjadi penjaga gawang.

Ironisnya, Indonesia malah kebobolan dua gol setelah unggul jumlah pemain dan menghadapi lawan yang tampil bukan dengan kiper sesungguhnya.

V Vn Thanh mencetak gol pertama Vietnam dalam laga itu pada menit ke-84 memanfaatkan umpan tendangan bebas  Phm Thành Lng dan pada injury time lahirlah gol kedua tuan rumah melalui V Minh Tun.

Oleh karena skor agregat 3-3 dan skor 2-1 sama persis dengan kemenangan Indonesia 2-1 di leg pertama, maka dilakukan perpanjangan waktu 2 x 15. Hasilnya, Indonesia memastikan kemenangan lewat penalti Manahti Lestusen pada menit ke-97 setelah kiper dadakan Qu Ngc Hi melanggar Ferdinand Sinaga di dalam kotak terlarang.

Laga final akan dimainkan dua leg pada 14 dan 17 Desember, Indonesia akan jadi tuan rumah lebih dulu melawan pemenang Thailand versus Myanmar. Leg kedua semifinal Thailand vs Myanmar digelar Kamis malam (8/12/2016) di Bangkok. Skor leg pertama Thailand memang 2-0 atas tuan rumah Myanmar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper