Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tendangan Kalajengking Skrabb & Free Kick Faiz Calon Gol Terbaik Dunia

Sebuah gol yang dicetak dengan tendangan tendangan kalajengking dalam liga Swedia termasuk dalam kandidat penerima penghargaan gol terbaik FIFA.
Markas FIFA di Zurich, Swiss/Reuters-Arnd Wiegmann
Markas FIFA di Zurich, Swiss/Reuters-Arnd Wiegmann

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah gol yang dicetak dengan tendangan tendangan kalajengking (skorpion) dalam liga Swedia termasuk dalam kandidat penerima penghargaan FIFA (Federation Internationale de Football Associations) sebagai gol terbaik dunia 2016.

Simon Skrabb, pemain klub Swedia Atvidaberg, mencetak salah satu paling tidak biasa dalam sejarah sepak bola, yakni menendang bola dengan tumit dalam posisi membelakangi si kulit bundar. Dia melakukan tendangan akrobatik yang membuahkan gol itu setelah menerima umpan Kristian Bergstrom.

Salah satu tendangan skorpion paling bersejarah, namun dimaksudkan untuk menyelamatkan gawang dari kebobolan, dilakukan kiper Timnas Kolombia Rene Higuita ketika beruji coba melawan Inggris pada 1992.

Negeri jiran Malaysia juga mencatatkan gol salah satu pemainnya, Mohd Faiz Subri, yang dibuat untuk Penang ketika dia menjebol gawang lawan dengan tendangan bebas sejauh 35 meter.

Selain itu, tendangan gunting Mario Gaspar untuk Timnas Spanyol ketika menghadapi Inggris dalam laga uji coba termasuk dalam kandidat peraih Ferenc Puskas Awrad, yang penganugerahannya dilakukan bersamaan dengan penyerahan Ballon d’Or untuk pemain terbaik pada 9 Januari 2017.

Calon lainnya milik pemain putri Timnas Venezuela Daniuska Rodriguez ketika dia melakukan solo run dalam sebelum mengakhirinya dengan menjebol gawang lawan dalam Kejuaraan Amerika Selatan U-17.

Ironisnya, dari 49 gol yang dijaringkan pemain bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo sepanjang 2016, tak satu pun yang dinilai layak dinominasikan meraih penghargaan sebagai gol terhebat sedunia.

Gol bintang Barcelona masuk dalam kandidat penerima Ferenc Puskas Award, yakni ketika dia menjebol gawang Amerika Serikat di Copa America Centenario melawan AS.

Begitu juga dengan gol Neymar untuk Barcelona saat dia mencungkil bola melewat kepala lawan dan kemudian menghajarnya dengan tendangan voli, masuk sebagai calon pemerima penghargaan tersebut.

Yang juga masuk daftar kandidat ialah gol Hal Robson-Kanu untuk Wales ke gawang Belgia dalam Piala Eropa (Euro) 2016. Saat itu dia membawa bola dari wilayahnya sendiri ke arah gawang Belgia dan menuntaskannya menjadi gol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper