Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Pra-Piala Dunia 2018: Hajar Peru, Satu Poin Lagi Brasil Lolos ke Rusia

Brasil makin dekat untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah menundukkan Peru 2-0 dalam pertandingan terakhir pekan ke-12 Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.
Renato Augusto (kanan) merayakan gol kedua Brasil ke gawang Peru bersama Gabriel Jesus yang mencetak gol pertama./Reuters-Guadalupe Pardo
Renato Augusto (kanan) merayakan gol kedua Brasil ke gawang Peru bersama Gabriel Jesus yang mencetak gol pertama./Reuters-Guadalupe Pardo

Bisnis.com, JAKARTA - Brasil makin dekat untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah menundukkan tuan rumah Peru dengan skor 2-0 dalam pertandingan terakhir pekan ke-12 Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan pada Rabu pagi WIB (16/11/2016).

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Nasional Peru di Kota Lima, kedua gol tim tamu yang merupakan juara dunia lima kali itu dilesakkan oleh Gabriel Jesus pada menit ke-57 dan Renato Augusto 12 menit sebelum wasit Wilmar Roldan dari Kolombia mengakhiri laga.

Gabriel Jesus, pemain Palmeiras yang telah akan menekn kontrak dengan jagoan Liga Primer Inggris Manchester City pada Januari 2017, tak kuasa menyembunyikan kebanggaannya dengan kenyataan golnya membawa Brasil menang.

"Saya bekerja keras, diam-diam, berharap untuk membantu rekan tim saya di lapangan," kata striker berusia 19 tahun itu kepada TV Globo setelah pertandingan.

"Ada banyak pemain di Brasil yang pantas memakai nomor 9, tetapi saya bangga bahwa diberi kesempatan ini. Saya bangga mendapat kehormatan mengenakan jersey ini."

Gabriel Jesus menampilkan permainan memikat dalam laga tersebut. Bukan hanya menjaringkan gol, dia juga memberi assist bagus untuk gol kedua yang dikontribusi Renato dengan bidikan dari jarak sekitar 12 meter.

Dengan kemenangan itu, Brasil memuncaki klasemen sementara dengan koleksi nilai 27 atau 4 angka meninggalkan peringkat kedua Uruguay yang kalah 1-3 di kandang Chile beberapa jam sebelumnya.

Secara matematis, dengan setiap tim menyisakan enam pertandingan, perolehan angka Brasil itu masih bisa dikejar oleh tim peringkat kelima yang merupakan slot terakhir yang berpeluang lolos ke Rusia melalui jalur play-off antarbenua.

Artinya, secara matematis, Brasil belum bisa dikatakan lolos ke Rusia. Namun, berdasarkan pengalaman sejak 1998 di mana Pra-Piala Dunia zona Amerika Selatan selalu digelar dengan sistem yang mempertemukan semua tim dengan pola kandang dan tandang, tim yang mendapat nilai 28 selalu lolos ke putaran final.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Brasil tinggal memerlukan satu angka lagi untuk lolos ke Rusia. Kepastian itu kemungkinan akan didapat ketika bertandang ke Uruguay dalam pekan ke-13 yang digelar pada 21 Maret tahun depan.

Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan yang diikuti 10 negara hanya meloloskan tim yang finis di klasemen dengan posisi empat teratas langsung ke putaran final Piala di Rusia 2 tahun mendatang, sedangkan peringkat kelima berebut satu tiket ke-32 atau terakhir melawan juara zona Oseania yang kemungkinan besar diisi Selandia Baru.

Dengan pertandingan pekan ke-12 telah selesai digelar, posisi teratas klasemen sementara Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan diisi Brasil dengan nilai 27, diikuti Uruguay 23, Ekuador 20, Chile 20, Argentina 19, Kolombia 18, Paraguay 15, Peru 14, Bolivia 7, dan Venezuela 5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper