Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wales vs Serbia Tanpa Logo Bunga Poppy

Wales memutuskan tidak turut melakukan penentangan, menyusul sikap Inggris dan Skotlandia yang menentang FIFA dengan tetap mengenakan logo bunga poppy.
Gareth Bale dalam balutan jersey Timnas Wales/Reuters-Sergio Perez
Gareth Bale dalam balutan jersey Timnas Wales/Reuters-Sergio Perez

Bisnis.com, JAKARTA - Wales memutuskan tidak turut melakukan penentangan, menyusul sikap Inggris dan Skotlandia yang menentang FIFA dengan tetap mengenakan logo bunga poppy pada kaus-kaus dan ban lengan mereka dalam pertandingan Pra-Piala Dunia 2018 melawan Serbia.

Asosiasi Sepak Bola Wales (FAW) menyatakan Federation Internationale de Football Association (FIFA) menolak permintaan agar para pemain mereka dapat mengenakan logo bunga poppy untuk mengenang gencatan senjata yang mengakhiri Perang Dunia I.

Peraturan-peraturan FIFA melarang para pemain untuk mengenakan apa pun yang dapat dipandang sebagai pernyataan politik, dan FAW mengatakan timnya akan mengenakan ban lengan berwarna hitam pada pertandingan Grup D mereka.

"Sebagai asosiasi kami juga harus menghormati peraturan-peraturan FIFA dan menyusul diskusi-diskusi panjang dengan anggota Dewan FAW, staf, manajemen, dan para pemain, keputusan telah dibuat untuk tidak mengenakan (logo bunga) poppy saat melawan Serbia," kata Ketua Eksekutif FAW Jonathan Ford.

"Kami merasa tidak mampu untuk mengambil risiko penalti finansial atau pengurangan poin, bagaimana pun, sebagaimana kami yang telah selalu melakukannya setiap tahun, kami akan memberi penghormatan dengan cara-cara lain."

FAW mengatakan mosaik yang menggambarkan bunga poppy akan dibentangkan oleh para pendukung Wales di Stadion Cardiff City sebelum kick off.

Inggris dan Skotlandia, yang akan memainkan pertandingan Grup F di Wembley, mengatakan mereka akan menentang FIFA dan tetap mengenakan logo bunga poppy pada ban lengan hitam.

Empat asosiasi sepak bola Britania dan FIFA merupakan organisasi yang membentuk Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), yang bertanggung jawab untuk membuat peraturan-peraturan seputar olahraga ini.

Salah satu bagian hukum permainan berbunyi, "Peralatan tidak boleh memiliki slogan-slogan, pernyataan-pernyataan, atau gambar-gambar politis, religius, atau pribadi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters & Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper