Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terancam Jadi Musafir, Persiba Balikpapan Pilih Benuo Taka

Manajemen Persiba Balikpapan bakal memilih Stadion Benuo Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sebagai kandang Tim Beruang Madu pada ISC 2017.
Para pemain Persiba Balikpapan sedang berlatih/Antara-Saiful Bahri
Para pemain Persiba Balikpapan sedang berlatih/Antara-Saiful Bahri

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Manajemen Persiba Balikpapan bakal memilih Stadion Benuo Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sebagai kandang Tim Beruang Madu pada Indonesian Soccer Championship 2017 jika stadion milik pemkab setempat tersebut lolos verifikasi.

"Kalau Stadion Benuo Taka PPU lolos verifikasi, kita pilih PPU," kata Sekretaris Umum Persiba Balikpapan Irvan Taufik di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Kamis (27/10/2016).

Stadion Benuo Taka sebetulnya tak lebih dari 10 km dari pusat Kota Balikpapan, namun karena ada Teluk Balikpapan di antaranya, maka jadi diperlukan tak kurang dari 60 menit efektif untuk mencapai stadion itu dari Balikpapan. Ada masa sekitar 20 menit yang diperlukan untuk menyeberang teluk dengan kapal cepat.

Menurut Irfan, akan lebih menguntungkan jika tim kebanggaan masyarakat Kota Balikpapan tersebut bermarkas di Stadion Benuo Taka.

Balistik dan berbagai basis suporter lainnya akan mudah datang ke stadion dan mendukung Beruang Madu berlaga.

Bahkan dapat dipastikan juga Persiba akan mendapat banyak suporter baru, yaitu warga Penajam Paser Utara yang notabene pernah menjadi warga Balikpapan saat masih bernama dan dalam administrasi Kecamatan Balikpapan Seberang.

Kehadiran Persiba di Penajam Paser Utara juga akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat karena dipastikan ada ribuan suporter Persiba dan tim lawan yang akan menyerbu daerah itu untuk menyaksikan timnya bertanding.

"Sekarang ini kami menunggu undangan Pemkab PPU untuk melihat kondisi stadion, lalu kami mengundang penyelenggara liga ISC untuk memverifikasi stadion," katanya.

Dengan masa lima bulan lagi, menjelang bergulirnya ISC 2017, akan ada cukup waktu untuk perbaikan seandainya tim verifikasi merekomendasikan stadion tersebut.

"Agar stadion bisa digunakan untuk pertandingan kompetisi kelas Liga Super Indonesia," kata Irfan.

Persiba Balikpapan terancam tidak punya kandang setelah PT Pertamina (Persero), selaku pemilik Stadion Parikesit dan Pesora, komplek olahraga dan perumahan di kawasan Karanganyar, tempat Persiba selama ini bermarkas, dibongkar pada Maret 2017.

Pertamina akan menggunakan lahan tersebut untuk perluasan kilang minyak Balikpapan.

Manajemen Persiba dengan dukungan Pemkot Balikpapan masih mencoba mendapat perpanjangan masa pinjam pakai sampai stadion berkapasitas 40.000 tempat duduk di Batakan selesai dan bisa digunakan.

Pilihan lain bagi Persiba adalah menjadi tim musafir. Pemkot Balikpapan menawarkan pindah sementara ke Stadion Mulawarman, Bontang, yang dulu menjadi markas tim elite PKT Bontang, lebih kurang 5 jam perjalanan darat dari Balikpapan ke utara.

Ada juga pilihan menjadi tim menumpang di Stadion Sultan Agung, stadion markas Persiba Bantul, Yogyakarta.

"Stadion Mulawarman dan Stadion Sultan Agung jelas tak bermasalah diverifikasi, tapi namanya juga tim musafir, Persiba akan jauh dari suporternya. Pertandingan kandang jadi serasa tandang, dan kemungkinan menang dan dapat poin jadi menurun," kata Irfan Taufik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper