Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zabivaka, Serigala Maskot Resmi Piala Dunia 2018 Rusia

Serigala yang memancarkan kelucuan, pesona, dan kepercayaan diri, telah dipilih oleh masyarakat Rusia sebagai maskot resmi Piala Dunia FIFA 2018 Rusia.
Legenda sepak bola asal Brasil Ronaldo bersama Zabivaka, maskot Piala Dunia 2018/The Guardian
Legenda sepak bola asal Brasil Ronaldo bersama Zabivaka, maskot Piala Dunia 2018/The Guardian

Bisnis.com, JAKARTA - Serigala yang memancarkan kelucuan, pesona, dan kepercayaan diri, telah dipilih oleh masyarakat Rusia sebagai maskot resmi Piala Dunia FIFA 2018 Rusia.

Dinamai Zabivaka, berarti "orang yang mencetak skor" dalam bahasa Rusia, serigala ini dirancang oleh mahasiswa desainer Ekaterina Bocharova dan mendapatkan suara terbanyak dalam voting yakni 53 persen, diikuti harimau (27 persen) dan kucing (20 persen).

Lebih dari 1 juta suara masuk dalam voting via FIFA.com dan melalui pertunjukan live di TV Channel 1 Rusia selama sebulan, menyimpulkan proses kreatif yang paling menarik untuk maskot resmi dalam sejarah Piala Dunia FIFA, tulis Federation Internationale de Football Association (FIFA) dalam laporannya.

"Untuk sampai ke tahap melihat serigala yang dipilih saat ini, kami pertama kali mengumpulkan preferensi anak-anak Rusia melalui sebuah polling online. Berdasarkan ide-ide, mahasiswa mengajukan desain mereka dan sekarang masyarakat telah memilih karakter favorit mereka di antara tiga finalis," kata Sekjen FIFA Fatma Samoura.

"Selama 18 bulan setelah kick-off proyek ini, kami sangat senang bahwa maskot 2018 adalah hasil dari upaya tim di mana orang-orang Rusia menunjukkan bakat kreatif mereka dan komitmen yang kuat untuk meraih sukses Piala Dunia FIFA," lanjutnya.

Ketua Komite Penyelenggara Lokal Vitaly Mutko menuturkan, "Saya yakin Zabivaka akan menjadi hit besar di kalangan penggemar di Piala Konfederasi FIFA 2017 dan Piala Dunia FIFA 2018 Rusia."

Tampil bersama tiga finalis maskot di acara Channel 1 itu di antaranya legenda sepak bola Brasil dan pemenang Piala Dunia FIFA dua kali Ronaldo.

Malam yang membawa kembali kenangan indah baginya, karena dialah yang memperkenalkan maskot resmi Piala Dunia FIFA 2014, 4 tahun lalu di TV Brasil.

"Fuleco adalah sukses besar di Brasil, anak-anak saya mencintainya, orang-orang dewasa juga. Hal ini luar biasa bagaimana waktu berlalu dan di sini kami memperkenalkan maskot untuk 2018," kata mantan pemain yang mencetak 15 kali dalam Piala Dunia FIFA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/FIFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper