Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Ketua Umum PSSI Maulwi Saelan Meninggal

Mantan Ketua Umum PSSI periode 1964-1970 yang juga salah satu penjaga gawang legendaris Indonesia, Maulwi Saelan, meninggal dunia di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, Senin, setelah sebelumnya menjalani perawatan
Maulwi Saelan./.Youtube
Maulwi Saelan./.Youtube

Bisnis.com, JAKARTA- Mantan Ketua Umum PSSI periode 1964-1970 yang juga salah satu penjaga gawang legendaris Indonesia, Maulwi Saelan, meninggal dunia di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, Senin (10/10/2016), setelah sebelumnya menjalani perawatan.

"Iya, barusan saya mendapatkan kabar," kata mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko seperti dikutip Antara pada Senin.

Selama berkarier di sepak bola, pria kelahiran Makassar, 8 Agustus 1926 ini telah mengharumkan nama Indonesia dikancah internasional. Bahkan, pria yang juga mantan ajudan Presiden Soekarno itu bermain luar biasa saat mengawal gawang Timnas Merah Putih di Olimpiade Melbourne 1956.

Saat itu, Maulwi Saelan sukses menahan gempuran pemain Uni Soviet sehingga timnas mampu menahan imbang 0-0. Padahal, Uni Soviet saat itu merupakan salah satu tim terkuat di dunia saat itu. Prestasi tersebut bisa dikatakan fenomenal dan hingga saat ini belum mampu diimbangi oleh timnas saat ini.

Selama menjalani perawatan, almarhum Maulwi Saelan juga sempat dijenguk oleh salah satu calon Ketua Umum PSSI yang juga mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko. Namun, Moeldoko menegaskan kunjungan itu bukan untuk mencari simpati publik.

Sebelum meninggal di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Maulwi Saelan sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Pondok Indah kurang lebih tiga pekan dan kondisi sempat membaik. Namun, kondisinya kembali menurun dan dibawa ke ICU Rumah Sakit Pertamina.

Berdasarkan data yang dilansir oleh tim media PSSI, Maulwi Saelan meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Pertamina, pukul 18.30 WIB. Ajudan presiden pertama RI Soekarno ini akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta pada Selasa (11/10/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper