Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Pra-Piala Dunia 2018: Uruguay & Ekuador Pesta Gol, Pimpin Klasemen

Uruguay dan Ekuador memastikan menghuni posisi dua teratas dalam klasemen sementara Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan setelah sama-sama menang dengan skor telak 3-0.
Edinson Cavani setelah mencetak gol Uruguay ke gawang Venezuela/Reuters-Andres Stapff
Edinson Cavani setelah mencetak gol Uruguay ke gawang Venezuela/Reuters-Andres Stapff

Bisnis.com, JAKARTA - Uruguay dan Ekuador memastikan menghuni posisi dua teratas dalam klasemen sementara Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan setelah sama-sama mencatat kemenangan dengan skor telak 3-0 atas lawan-lawannya dalam pertandingan pada Jumat pagi WIB (7/10/2016).

Di Stadion Centenario di Montevideo, tuan rumah Uruguay mendominasi jalannya pertandingan melawan tamunya Venezuela dan dengan dua gol dari Edinson Cavani dan satu lagi disumbang Nicolas Lodeiro.

Meskipun tidak mencetak gol, bintang serangan Uruguay tetaplah Luis Suarez. Dia memberi dua assist untuk gol pertama dari Lodeiro dan gol ketiga dari Cavani.

Selain itu, sejumlah pergerakan dan aliran bola dari pemain Barcelona itu sebenarnya membuahkan peluang emas, namun gagal dimanfaatkan pemain Uruguay lainnya seperti Matias Corujo dan Carlos Sanchez.

Pada babak pertama, sebenarnya Venezuela yang memiliki lebih banyak peluang. Pada menit ke-21 Adalberto Penaranda telah berhasil melewati kiper Uruguay Fernando Muslera, namun tendangannya masih tipis menyamping di sisi luar tiang kanan gawang.

Berselang 7 menit kemudian, giliran Jose Salomon Rondon yang mempunyai peluang emas, namun tendangannya pun masih tipis melebar gawang Uruguay.

Di tengah sejumlah peluang Venezuela, semenit kemudian tuan rumah justru berhasil mencuri gol. Umpan silang lambung Luis Suarez dari sisi kanan wilayah pertahanan Venezuela berhasil disambar dengan sundulan kepala sambil menjatuhkan diri oleh Lodeiro.

Kiper Venezuela Daniel Hernandez Santos sempat menepis bola, namun laju yang deras membuat si kulit bundar tetap menerobos masuk gawang sehingga mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan skuat asuhan Oscar Washington Tabarez.

Menjelang akhir babak pertama, Venezuela sempat menjebol gawang Uruguay, namun wasit Raul Orozco dari Bolivia memutuskan untuk menganulirkan karena salah satu pemain tamu terperangkap jebakan offside.

Memasuki 45 menit babak kedua pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh Beins Sports, Uruguay meningkatkan dominasi dan Venezuela praktis tak lagi memiliki peluang berarti.

Begitu babak kedua dimulai, masih dalam hitungan detik, Uruguay langsung menggebrak dan menjebol gawang lawan untuk kedua kalinya. Kali ini melalui Cavani yang mencatatkan nama di papan skor.

Menerima umpan Carlos Sanchez dari jarak sepertiga lapangan, Cavani, yang sehar-hari merumput bersama juara Prancis Paris Saint-Germain, menang duel udara atas Wilker Angel dan melepas tendangan keras yang tak terbendung kiper Hernandez, skor 2-0.

Uruguay unggul jumlah pemain sejak menit 65 setelah bek tangguh Venezuela Oswaldo Vizcarrondo harus meninggalkan lapangan setelah mendapat kartu kuning kedua akibat menghadang pergerakan Luis Suarez dengan tangan.

Tuan rumah akhirnya menambah satu gol lagi, kembali lewat kontribusi Cavani 11 menit sebelum laga usai. Gol bermula dari serangan Sanchez di sisi kiri pertahanan Venezuela, dia mengirim umpan silang mendatar ke Suarez, namun Suarez dengan tumit melepas bola ke arah Cavani yang langsung mengakhiri dengan tendangan keras yang sungguh sulit ditepis kiper Hernandez, 3-0.

Uruguay sebenarnya pantas mendapat hadiah penalti ketika pada injury time pemain Venezuela Jose Velazquez secara nyata melakukan handsball di kotak terlarang, namun wasit Orozco mengabaikannya. Skor akhir tetap 3-0 untuk La Celeste, julukan Uruguay.

Sementara itu, Ekuador memetik kemenangan dengan skor sama 3-0 atas Chile di Stadion Olimpico Atahualpa di Quito. Ketiga gol tuan rumah dilesakkan oleh Antonio Valencia (19’), Cristian Ramirez (23’), dan Felipe Caicedo (46’).

Dengan hasil dua laga itu, Uruguay memimpin klasemen dengan nilai 19, diikuti Ekuador 16. Namun, posisi Ekuador rentan turun lagi jika Brasil dan Argentina berhasil menang dalam pertandingan yang masih dan segera berlangsung.

Dalam laga lainnya, Paraguay kalah menyesakkan di kandang sendiri di Stadion Defensores del Chaco di Asuncion setelah kebobolan pada injury time babak kedua dari tamunya Kolombia. Gol Kolombia dicetak Edwin Cardona dengan assist Carlos Bacca.

Hasil pertandingan matchday kesembilan Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan: Ekuador 3 vs Chile 0; Uruguay 3 vs Venezuela 0; Paraguay 0 vs Kolombia 1; Brasil 4 vs Bolivia 0 (hingga babak I).

Jadwal berikutnya: Peru vs Argentina Jumat (7/10/2016) mulai pk. 09:15 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper