Bisnis Indonesia - bisnis.com
Selasa, 27 September 2016

Hasil PON 2016: Dua Kali Menang Di 8 Besar, Jabar Ke Semifinal

Newswire Kamis, 22/09/2016 23:44 WIB
Hasil PON 2016: Dua Kali Menang di 8 Besar, Jabar ke Semifinal
Antara

Bisnis.com, BEKASI - Kesebelasan tuan rumah Jawa Barat dipastikan lolos melaju ke babak semifinal cabang olah raga sepak bola Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 setelah memperoleh enam poin dari dua kali kemenangan di Grup D.

"Kami sekarang berada di puncak klasemen sementara Grup D setelah mengalahkan Kalimantan Timur 1-0," kata pelatih Jabar Lukas Tumbuan di Cikarang, Bekasi, pada Kamis malam (22/9/2016).

Sementara kesebelasan Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan akan bersaing sengit untuk memperoleh tiket lolos semifinal setelah keduanya sama-sama mengantongi perolehan 3 poin klasemen Grup D.

Hasil tiga poin klasemen dikantongi Kaltim setelah menang dari Bangka Belitung di Stadion Wibawa Mukti di Cikarang, Kabupaten Bekasi 3-0, Selasa (20/9/2016).

Babel kembali dipermalukan lewat kekalahan keduanya saat duel dengan Sulsel dengan skor tipis 4-3 pada laga lanjutan perdelapan besar di stadion yang sama hingga berbuah tiga poin klasemen untuk Sulsel.

Kekalahan berturut-turut Babel memaksa tim asuhan pelatih Welly Podungge dipastikan pulang kampung karena hingga Kamis malam masih berada di dasar klasemen tanpa perolehan poin meskipun masih menyisakan satu pertandingan melawan tim tuan rumah yang diagendakan berlangsung Sabtu (24/9/2016).

Menyikapi agenda pertandingan tersebut, manajer Jabar Duddy Sutandi mengaku tidak akan meenguras stamina pemain inti saat menghadapi Babel. "Akan ada rotasi besar-besaran untuk mengistirahatkan pemain inti dan memberi kesempatan pemain yang belum turun."

Sementara itu, persaingan ketat masih terjadi di klasemen Grup E yang akan mempertemukan kesebelasan Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah dan Papua di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi.

Sumsel berhasil mengantongi perolehan empat poin klasemen setelah membalas kekalahannya dari Kalimantan Selatan di laga perdelapan besar dengan skor 2-0, Kamis malam.

Satu poin tambahan dikantongi Sumsel saat menahan imbang pemain Papua 1-1 lewat kaki pemain Yogi Novrian di menit 59 pada Selasa (20/9/2016).

Kalimantan Selatan berhasil menyaingi perolehan poin klasemen Jawa Tengah dengan sama-sama mengantongi tiga poin.

Tiga poin Kalsel disumbang lewat poin tunggal duet Paolo Sitanggang dan Nahzarul Fahmi saat kontra Jateng di Stadion Patriot Chandrabaga, Selasa (20/9/2016).

Paolo yang saat itu dipercaya sebagai pengumpan tendangan sudut, melesatkan bola tepat ke arah Nazahrul yang sudah bersiap di mulut gawang Jateng.

Sundulan tajam Nazahrul yang lolos dari kawalan tiga pemain belakang Jateng tak mampu ditepis kiper Fery hingga mengubah kedudukan gol menjadi 1-0 untuk Kalsel.

Kekalahan Jateng atas Kalsel tidak lantas membuat tim asuhan Anjar Jambore pasrah di dasar klasemen Grup E.

Jateng berhasil menumbangkan Papua 1-0 lewat gol keberuntungan yang lesatkan Heru Setiawan di menit 37 dan dimanfaatkan optimal dengan tendangan keras ke arah gawang lawan dari luar kotak penalti.

Kiper Papua Hendra nampak kurang cermat mengatasi kencangnya laju bola sepakan Heru setelah memantul keras tepat di depan kikinya.

Pantulan bola melampaui tubuh kiper Papua dan lolos dari tangkapan Hendra lalu jatuh tepat di dalam gawangnya hingga mengubah kedudukan 1-0 untuk Jateng. Papua harus puas dengan perolehan satu poin usai ditahan imbang Sumsel 1-1.

Berikut susunan klasemen sementara cabang sepak bola PON XIX/2016:

Grup D: Jawa Barat 6; Kalimantan Timur 3; Sulawesi Selatan 3; Bangka Belitung 0.

Grup E 1. Sumatra Selatan 4; Kalimantan Selatan 3; Jawa Tengah 3; Papua 1.


Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Apps Bisnis.com available on:    
more...