Bisnis Indonesia - bisnis.com
Selasa, 27 September 2016

Hasil PON 2016: Jateng Tumbangkan Papua Di 8 Besar

Newswire Kamis, 22/09/2016 23:22 WIB
Hasil PON 2016: Jateng Tumbangkan Papua di 8 Besar
Antara

Bisnis.com, BEKASI - Tim sepak bola Jawa Tengah berhasil menumbangkan Papua dengan skor tipis 1-0 dalam babak 8 besar sepak bola Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat, pada Kamis malam (22/9/2016).

Gemuruh ribuan pendukung kedua tim di tribun stadion menandakan berjalannya pertandingan yang sempat tertunda 30 menit akibat penanganan lapangan yang tergenang air hujan.

Ketangkasan pemain dari kedua tim tidak optimal dipertontonkan akibat akurasi kontrol bola yang terkendala lapangan becek serta kontur lapangan yang bergelombang.

Peluang emas muncul dari umpan panjang bek Jateng kepada penyerang Heru Setiawan di menit 37 dan dimanfaatkan optimal pemain nomor punggung 31 itu dengan melesatkan tendangan keras ke arah gawang lawan dari luar kotak penalti.

Kiper Papua Hendra nampak kurang cermat mengatasi kencangnya laju bola yang ditendang Heru setelah memantul keras tepat di depan kikinya.

Pantulan bola melampaui tubuh kiper Papua dan lolos dari tangkapan Hendra lalu jatuh tepat di dalam gawangnya hingga mengubah kedudukan 1-0 untuk Jateng.

Pada menit akhir pertandingan babak pertama, Wasit Handiyana mengangkat kartu merah yang menandakan kapten Jateng Soni Kurniawan harus keluar lapangan setelah menjegal pemain Papua Maekel Kodel.

Keputusan Handiyana itu dikeluarkan setelah Soni mengakumulasi dua kartu kuning dari kesalahan yang sama sebelumnya di pertengahan babak pertama pertandingan.

Tim asuhan pelatih Anjar Jambore tetap tampil optimal meski ditinggal sang kapten pada berlangsungnya babak kedua pertandingan dengan mengempur lini pertahanan Papua.

Strategi bermain menyerang tetap dipertahankan Anjar meski timnya tampil hanya dengan sepuluh orang pemain dan berhasil menciptakan dua peluang emas yang gagal dikoreksi menjadi gol oleh dua penyerang Jateng.

Serangan yang dibangun Tim Papua pada menit 55 lewat peluang emas operan lambung di sisi gawang lawan berhasil diantisipasi lewat tangkapan kiper Fery Agus Kurniawan. Jateng berhasil mempertahankan skor 1-0 hingga pertandingan usai.

"Kami beruntung malam ini bisa menang berkat bola pantulan di gawang Papua," kata asisten pelatih Firmandoyo.

Menurut dia, sanksi kartu merah sang kapten bisa diatasi pihaknya dengan menurunkan bantuan pemain depan untuk melapis pertahanan belakang.

"Selain menyerang, kami juga berupaya mempertebal lini bertahan dengan bantuan pemain depan setelah Soni kena kartu merah," katanya.


Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Apps Bisnis.com available on:    
more...