Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil-Pra Piala Dunia 2018: Uruguay Ngamuk, Brasil Menang, Argentina Nyaris Tumbang

Uruguay menghajar Paraguay 4-0, Brasil menang tipis 2-1 atas Kolombia, sementara Argentina nyaris kalah dan akhirnya imbang 2-2 versus Venezuela dalam Pra-Piala Dunia 2018.
Neymar da Silva Jr (kanan) merayakan golnya yang menentukan kemenangan Brasil atas Kolombia bersama Dani Alves/Reuters-Bruno Kelly
Neymar da Silva Jr (kanan) merayakan golnya yang menentukan kemenangan Brasil atas Kolombia bersama Dani Alves/Reuters-Bruno Kelly

Bisnis.com, JAKARTA - Uruguay mengamuk dan mengambil korban Paraguay dengan kemenangan telak 4-0, Brasil menang tipis 2-1 atas Kolombia, sementara Argentina nyaris kalah dan akhirnya imbang 2-2 versus Venezuela dalam lanjutan Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.

Di Stadion Centenario di Montevideo pada Rabu pagi WIB (7/9/2016), tuan rumah Uruguay menghancurkan Paraguay dengan skor telak 4-0 berkat kombinasi ketajaman lini depan Luis Suarez dan Edinson Cavani.

Pertandingan baru berjalan 18 menit, La Celeste, julukan Timnas Uruguay, telah unggul berkat sontekan Cavani dari dalam kotak penalti memanfaatkan umpan silang Suarez yang sebelumnya bekerja keras menyusuri sisi kiri wilayah pertahanan Paraguay.

Cristian Rodriguez lantas menggandakan keunggulan pada menit ke-43 melalui sundulan kepala menyambar umpan sepak pojok Gaston Ramirez. Akhirnya Uruguay unggul tiga gol saat jeda setelah Suarez sukses mengeksekusi pada injury time babak pertama.

Wasit Wilton Pereira Sampaio dari Brasil memutuskan memberi hadiah tendangan penalti untuk Uruguay setelah pemain Paraguay Pablo Cesar Aguilar melanggar keras Luis Suarez di dalam kotak terlarang.

Babak kedua, berjalan 9 menit, Cavani mencetak gol keduanya dalam laga tersebut yang mengantarkan Uruguay memenangi pertandingan dengan skor telak 4-0. Seperti gol pertama, kali ini pun dia menyambar umpan Suarez yang menerobos kotak penalti Paraguay dengan melewati tiga pemain.

Kali ini Edinson Cavani menuntaskan upaya Suarez itu dengan sambaran sundulan kepala dari jarak dekat yang sulit untuk diantisipasi dengan tepat oleh penjaga gawang Paraguay Diego Daniel Barreto Caceres.

Dengan kemenangan itu, Uruguay mengembalikan posisinya ke teratas lagi dalam susunan klasemen sementara Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan lantaran dalam laga lainnya Argentina di luar dugaan dipaksa imbang 2-2 oleh tuan rumah Venezuela.

Venezuela, yang belum pernah menang dalam delapan laga Pra-Piala Dunia 2018, bahkan nyaris mempermalukan tamunya karena sempat unggul 2-0 di Stadion Metropolitan Merida melalui Juan Pablo ’Juanpi’ Anor pada menit 35 dan Josef Martinez ketika babak kedua berjalan 8 menit.

Argentina, yang tak diperkuat Lionel Messi dan Sergio Aguero lantaran cedera, bisa membalas dua gol lewat Lucas Pratto 5 menit kemudian dan Nicolas Otamendi 7 menit menjelang laga usai.

Dalam pertandingan lainnya, Brasil mengandaskan perlawanan Kolombia 2-1 di Stadion Arena de Amazonia di Manaus, kota di tengah rimba Amazon. Neymar da Silva Jr menjadi penentu kemenangan Brasil dengan satu gol dan satu assist.

Assist pemain Barcelona itu disambar Joao Miranda untuk membuat Brasil unggul 1-0 ketika laga baru berjalan 2 menit. Namun, gol bunuh diri Marquinhos membuat Kolombia sempat menyamakan skor 1-1 pada menit 36.

Neymar membuktikan bahwa perannya begitu penting bagi Brasil ketika golnya pada menit ke-74 dengan umpan Philippe Coutinho menjadikan tuan rumah mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 2-1.

Hasil dua pertandingan lainnya, tuan rumah Chile ditahan imbang tanpa gol oleh Bolivia, sedangkan tuan rumah Peru juga dipaksa imbang 1-1 oleh Peru menekuk Ekuador 2-1.

Dengan setuiap tim telah bermain delapan kali, posisi lima besar Pra-Piala Dunia zona Amerika Selatan sementara teratas diisi Uruguay dengan nilai 16, diikuti Brasil dan Argentina 15, serta Kolombia dan Ekuador 13.

Hanya empat tim dari 10 kontestan yang langsung lolos dari zona ini ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Sedangkan tim peringkat kelima harus berebut satu tiket dengan juara Pra-Piala Dunia 2018 zona Oseania yang kemungkinan besar diisi Selandia Baru sebagai tim terkuat wilayah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper