Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulut Sambut KLB PSSI di Makassar

Komunitas dan asosiasi sepak bola di Sulawesi Utara mendukung dan menyambut gembira Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI digelar pada 17 Oktober 2016 di Makassar, Sulawesi Selatan.
Kantor PSSI di Senayan, Jakarta/Antara-Wahyu Putro
Kantor PSSI di Senayan, Jakarta/Antara-Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA - Komunitas dan asosiasi sepak bola di Sulawesi Utara mendukung dan menyambut gembira Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI digelar pada 17 Oktober 2016 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Ketua Asprov PSSI Sulut Jackson Kumaat menyatakan optimistis bahwa Makassar akan sukses menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan Kongres PSSI, karena ibu kota Sulsel itu merupakan kota yang memiliki sejarah sepak bola dan animo masyarakat terhadap cabang olahraga populer itu sangat tinggi.

"Kami dukung penuh Makassar sebagai tuan rumah. Yakin sukses sebagai kota bola dan fanatik terhadap sepak bola nasional," ujarnya.

Menurut Jackson, Kongres PSSI akan menandai kebangkitan sepakbola Indonesia pada 17 Oktober mendatang. Dalam kongres nanti, 107 suara dukungan akan melakukan pemilihan ketum, waketum, dan komite eksekutif PSSI periode mendatang. "Semua pemilik suara memiliki hak yang sama dan tidak ada yang dibeda-bedakan," katanya.

Sebelumnya diberitakan PSSI mengumumkan sejumlah tahapan menjelang Kongres Luar Biasa (KLB) yang bertujuan memilih ketua umum (ketum), wakil ketua umum (waketum), dan komite eksekutif (exco).

Pada Kamis (11/8/2016), Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan menyatakan bahwa KLB PSSI bakal digelar pada 17 Oktober 2016 di Makassar.

"Untuk tanggal, KLB dengan agenda pemilihan ketum, waketum, dan exco sudah ditetapkan pada KLB sebelumnya. Lalu KLB PSSI selanjutnya berlangsung di Makassar," kata Hinca.

Untuk para bakal calon yang ingin maju ke pemilihan, Komite Pemilihan (KP) membuka pendaftaran dari 22 Agustus sampai 5 September 2016. Setelah tahapan awal ini, Komite Pemilihan melakukan verifikasi selama seminggu dari 5 September sampai 11 September 2016.

Sedangkan untuk pendaftaran calon, Hinca menyebutkan dilakukan di kantor Yayasan Pimpinan Pusat Pepabri, Jalan Diponegoro 53, Menteng, Jakarta Pusat.

Setelah tahap verifikasi selesai, hasilnya akan diumumkan pada 11 September 2016. Baru pada 12-16 September 2016, Komite Banding Pemilihan (KBP) akan mulai bekerja jika ada calon yang mengajukan banding.

Rapat hasil banding penentuan dilakukan pada 17 dan 18 September 2016. PSSI kemudian secara resmi mengumumkan semua calon yang akan bertarung di KLB pada 19 September 2016.

Dari 19 September sampai 17 Oktober, semua calon bisa berkampanye. Akan tetapi, PSSI juga akan menggelar dialog semacam adu visi misi, selanjutnya Kongres akan melakukan pemilihan ketum, waketum, dan exco PSSI periode mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper