Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemampuan Pemain Timnas U-19 Dinilai Cukup Merata

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Eduard Tjong menilai kemampuan pemain yang menjalani seleksi di Lapangan National Youth Training Centre (NYTC), Bojongsari, Depok, Jawa Barat merata sehingga tim pelatih cukup kesulitan untuk menentukan pemain yang akan dibawa ke Piala AFF 2016.
Ilustras/Antara
Ilustras/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-19 Eduard Tjong menilai kemampuan pemain yang menjalani seleksi di Lapangan National Youth Training Centre (NYTC), Bojongsari, Depok, Jawa Barat merata sehingga tim pelatih cukup kesulitan untuk menentukan pemain yang akan dibawa ke Piala AFF 2016.

"Seleksi memang baru dilakukan dua hari. Tapi berdasarkan penilaian yang kami lakukan, pemain yang menjalani seleksi kemampuannya merata," kata Eduard Tjong di sela seleksi di Bojongsari, Depok, Selasa.

Guna membangun timnas Garuda Muda yang akan bertanding pada Piala AFF 2016 di Hanoi, Vietnam, 11-24 September, pelatih yang dipanggil Edu ini memanggil 40 pemain dari berbagai klub, akademi sepak bola maupun PPLM. Mereka diberi kesempatan yang sama untuk menunjukkan kemampuan.

Proses seleksi Timnas Indonesia U-19 ini dimulai dengan tes fisik yang melibatkan tim dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Khusus fisik, hampir semua pemain kondisinya bagus meski cukup lama libur latihan. Selanjutnya tes yang harus dijalani ini cara bermain hingga visi bermain sepak bola.

"Jadi kami akan terus memantau mereka sampai masa seleksi selesai, baru setelah itu kami baru bisa memutuskannya. Yang terpenting, pemain yang saya pilih nanti adalah pemain-pemain terbaik yang ada," kata mantan pelatih PS TNI itu.

Pada hari kedua pelaksanaan seleksi, Edu memfokuskan pada game atau pertandingan. Semua pemain seleksi diberikan kesempatan menunjukkan kemampuan dalam bermain sepak bola. Bahkan pihaknya mengaku puas dengan anak asuhnya karena sudah bisa memahami program yang diberikan.

"Saya mau pemain tidak lama memegang bola dan mereka menerapkannya saat latihan tadi. Meski ada beberapa kesalahan yang terjadi, tapi saya senang pemain sudah mulai paham keinginan saya," kata mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Selama masa seleksi, timnas Garuda Muda ini akan dijadwalkan akan menjalani tiga pertandingan uji coba. Uji coba pertama akan berhadapan dengan PPLM di Lapangan NYTC, 5 Agustus. Uji coba kedua dijadwalkan 7 Agustus, namun calon lawan belum ditentukan dan satu lagi adalah uji coba internasional yang dijadwalkan melawan Timnas Filipina.

Setelah menjalani semua rangkain seleksi tahap pertama, jumlah pemain akan disusutkan dari 40 menjadi 25 pemain. Lokasi pemusatan latihan juga akan berubah. Sesuai dengan rencana, pemusatan latihan akan dipindah ke Yogjakarta. Ada beberapan alasan dipilih Yogjakarta karena timnas membutuhkan atmosfer penonton. Selain ini banyak mitra tanding seperti PSS Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper