Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Joachim Loew Bertahan di Timnas Jerman

Pelatih timnas Jerman Joachim Loew mengatakan ia akan bertahan untuk memimpin sang juara Piala Dunia mempertahankan gelar mereka di Rusia pada 2018, meski sempat ragu apakah ia akan meneruskan pekerjaannya setelah kekalahan yang mengecewakan di semifinal Piala Eropa 2016 dari Prancis pada pekan lalu.
Joachim Loew/Reuters
Joachim Loew/Reuters

Bisnis.com, BERLIN -  Pelatih timnas Jerman Joachim Loew mengatakan ia akan bertahan untuk memimpin sang juara Piala Dunia mempertahankan gelar mereka di Rusia pada 2018, meski sempat ragu apakah ia akan meneruskan pekerjaannya setelah kekalahan yang mengecewakan di semifinal Piala Eropa 2016 dari Prancis pada pekan lalu.

Loew, yang telah melatih Jerman selama sepuluh tahun dan membawa mereka ke lima penampilan semifinal secara beruntun di Piala Dunia dan Piala Eropa, mengatakan dalam pernyataan pada Selasa (12/7/2016) bahwa ia berencana meneruskan pekerjaannya, mengakhiri sejumlah spekulasi yang menyebutkan  dirinya akan mengundurkan diri.

"Meski kami mengalami kekecewaan, tim tidak kecewa," kata Loew, yang merupakan asisten pelatih Juergen Klinsmann selama dua tahun sebelum mengambil alih peran arsitek tim pada 2006.

"Ini merupakan tim termuda di turnamen dan saya terus melihat potensi hebat," tambah Loew, mengacu pada usia rata-rata pemain di timnya yakni 25,4 tahun, yang menduduki peringkat kedua dalam daftar usia rata-rata tim di turnamen itu setelah Inggris. Italia memiliki usia rata-rata paling tua yakni 29,4 tahun.

"Saya yakin  mereka akan memberi banyak kegembiraan kepada kami pada masa yang akan datang dan itulah mengapa saya tetap antusias mengenai meneruskan pekerjaan dengan pemain-pemain ini dan membantu perkembangan mereka menuju Piala Dunia 2018 di Rusia."

Loew memicu spekulasi bahwa ia berpeluang mengundurkan diri tepat setelah Jerman kalah 0-2 dari Prancis di semifinal, ketika ia ditanyai mengenai masa depannya.

"Saya tidak tahu," ucapnya kepada televisi ZDF beberapa menit setelah peluit panjang berbunyi. "Itu akan memerlukan sedikit waktu (untuk membuat keputusan)." Komentar itu memicu gelombang dukungan untuk Loew dan jajak pendapat yang dilakukan oleh institut jajak pendapat Emnid untuk surat kabar Bild am Sonntag memperlihatkan 84% penduduk Jerman menginginkan pria yang mereka panggil "Jogi' itu meneruskan pekerjaannya.

Dikenal juga dengan julukan "Bundestrainer," Loew telah memimpin timnya setidaknya sampai semifinal di setiap turnamen yang mereka ikuti sejak ia mengambil alih peran arsitek timnas setelah Piala Dunia 2006, di mana Jerman di bawah asuhan Klinsmann juga mencapai semifinal sebelum disingkirkan Italia.

Loew juga memimpin Jerman ke gelar Piala Dunia 2014 -- Piala Dunia keempat negara itu setelah 1954, 1974, dan 1990. Catatan statistik Loew bersama timnas Jerman adalah 137 pertandingan, dengan 90 kemenangan dan 23 kekalahan.

Jerman akan mulai mempertahankan gelar Piala Dunia mereka pada 4 September saat mereka memainkan pertandingan kualifikasi melawan Norwegia.

Loew merupakan salah satu pelatih timnas dengan masa kerja terpanjang di seluruh dunia, tetapi ia hanya menduduki peringkat ketiga di Jerman setelah sepuluh tahun masa baktinya itu. Sepp Herberger melatih timnas selama 20 tahun, dan Helmut Schoen menduduki peran itu selama 12 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper