Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Euro 2016: Gol di Ujung Waktu Ekstra, Portugal Lolos ke 8 Besar

Portugal melaju ke perempat final Piala Eropa (Euro) 2016 setelah menundukkan Kroasia dengan skor tipis 1-0 lewat perpanjangan waktu dalam babak 16 besar,
Pemain Portugal Ricardo Quaresma selepas memastikan kemenangan timnya atas Kroasia di babak 16 besar Euro 2016/Reuters-Lee Smith
Pemain Portugal Ricardo Quaresma selepas memastikan kemenangan timnya atas Kroasia di babak 16 besar Euro 2016/Reuters-Lee Smith

Bisnis.com, JAKARTA - Portugal melaju ke perempat final Piala Eropa (Euro) 2016 setelah menundukkan Kroasia dengan skor tipis 1-0 lewat perpanjangan waktu dalam babak 16 besar yang berlangsung di Stadion Bollaert-Delelis di Kota Lens, Prancis.

Dalam pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh RCTI dan digelar pada Minggu dini hari WIB (26/6/2016), gol kemenangan Portugal dihasilkan Ricardo Quaresma melalui sundulan dari jarak dekat menyelesaikan kerja sama Nani dan Cristiano Ronaldo.

Gol itu terjadi pada menit ke-117 atau hanya 3 menit sebelum pertandingan dengan babak tambahan waktu 2 x 15 menit selesai. Perpanjangan waktu selama 30 menit diberikan setelah dalam waktu reguler 90 menit laga imbang tanpa gol.

Ini merupakan laga keempat Portugal di ajang ini yang di waktu reguler hanya bermain imbang, namun kenyataannya Ronaldo dan kawan-kawan bisa melaju ke babak 8 besar tanpa satu kemenangan pun dalam waktu permainan normal 2 x 45 menit.

Dalam waktu normal selama 90 menit, pada babak pertama Portugal lebih banyak melancarkan serangan cepat lewat sisi sayap sementara Kroasia bermain lebih sabar dengan umpan-umpan pendek dari lini tengah ke depan.

Pada awal babak kedua, pelatih Portugal melakukan perubahan taktik dengan memainkan Renato Sanches untuk menggantikan Andre Gomes.

Kroasia mengancam gawang Portugal lewat kerja sama satu-dua antara Ivan Strinic dan Mario Mandzukic yang diselesaikan sepakan Marcelo Brozovic, namun tidak berbuah gol pada menit 52.

Sebaliknya, Renato Sanches juga bermain umpan satu-dua dengan Joao Mario Costa kemudian melepaskan tendangan yang melebar ke sisi kanan gawang Kroasia pada menit 58.

Kroasia kembali memiliki peluang matang melalui tendangan bebas Darijo Srna yang ditanduk Domagoj Vida pada menit 62, namun tidak ada gol yang tercipta.

Renato Sanches kerap menggiring bola melintasi tengah lapangan kemudian melepaskan umpan tarik ke sisi sayap yang membuat beberapa pemain Kroasia kerepotan.

Menjelang babak kedua berakhir Portugal memainkan Quaresma menggantikan Joao Mario, sementara Krosia menurunkan Nikola Kalinic menggantikan Mario Mandzukic. Skor 0-0 bertahan hingga laga babak kedua usai.

Akhirnya pada babak perpanjangan waktu, keputusan pelatih Portugal Fernando Santos memasukkan Quaresma terbukti menjadi resep manjur bagi tim itu untuk memecah kebuntuan dan memenangi pertandingan dengan cara yang cukup dramatis.

Dalam babak perempat final, Portugal akan bertemu dengan Polandia yang beberapa jam sebelumnya menundukkan Swiss melalui adu penalti 5-4 setelah dalam pertandingan selama 120 menit skor imbang 1-1. Laga itu dijadwalkan berlangsung pada Jumat (1/7/2016) mulai pk. 02:00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : The Guardian, Soccerway, & Antara/UEFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper