Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rahmad Siap Tinggalkan Terengganu Demi Timnas Indonesia

Rahmad Darmawan memastikan siap melatih Timnas Indonesia senior meskipun saat ini masih terikat kontrak dengan tim asal Malaysia yaitu T-Team (Terengganu).
Rahmad Darmawan/Antara
Rahmad Darmawan/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Rahmad Darmawan memastikan siap melatih Timnas Indonesia senior yang akan turun pada Piala AFF (Asean Football Federation) 2016 akhir tahun nanti, meskipun saat ini masih terikat kontrak dengan tim asal Malaysia yaitu T-Team (Terengganu).

"Saya selalu siap untuk timnas. Kami akui saat ini memang ada kendala. Makanya kami mohon bantuan federasi untuk membantu menyelesaikan kalau nantinya terpilih menjadi pelatih timnas," kata RD, panggilan akrabnya, selepas pemaparan program di Kantor PSSI Senayan, Jakarta, pada Rabu (1/6/2016).

Menurut dia, kontrak dengan T-Team baru akan berakhir pada November nanti. Hanya saja, berdasarkan diskusi dengan panel PSSI untuk menentukan pelatih timnas senior jika pelatnas Piala AFF 2016 dimulai dari Oktober. Mantan pelatih Persija itu mengaku tidak ada masalah.

"Oktober kompetisi di Malaysia sudah selesai. Jadi saya kira sudah tidak ada masalah. Hanya saja, saya terikat kontrak hinga November. Sekarang tinggal bagaimana komunikasi dilakukan," ucapnya.

Pria kelahiran Metro,  Lampung, itu terlihat antusias untuk kembali menukangi Timnas Garuda. Bahkan, mantan pelatih Persipura Jayapura itu mengaku dalam pertemuan dengan pihak PSSI tidak membicarakan honor yang bakal diterima. Pada intinya, RD siap untuk kembali.

Meski demikian, semuanya harus tetap melalui proses yang benar mengingat posisinya saat ini masih terikat kontrak dengan klub asal Malaysia. Bahkan, ada rencana klub yang ditukangi saat ini akan mengajukan perpanjangan kontrak.

"Di T-Team memang ada opsi satu plus satu. Tim juga sudah tahun kalau saya menjadi salah satu kandidat. Saya ke sini (PSSI) juga mendapatkan persetujuan dari klub. Jika diperpanjang sebenarnya tidak ada masalah," ujarnya.

Apabila kontraknya diperpanjang oleh T-Team, kata RD, sebenarnya tidak ada masalah. Apalagi kompetisi di Malaysia baru akan digulirkan pada Januari atau Februari 2016. Khusus untuk persiapan Piala AFF hingga pertandingan tidak membutuhkan waktu yang lama.

"Saya tetap mengamati perkembangan sepak bola Indonesia. Jadi siapa saja pemain terbaik saat ini sudah terdata. Yang jelas, timnas senior harus diperkuat pemain terbaik baik yang bermain didalam negeri maupun luar negeri. Jangan lagi ada ini pemain Timnas U-19, U-23 atau yang lain," kata RD, menegaskan.

Meskipun sudah siap menjadi pemain timnas, RD tetap harus bersabar karena untuk mengisi pos pelatih timnas senior ada kandidat lainya yang salah satunya Nil Maizar. Pelatih klub Semen Padang ini dikenal dengan pelatih bertangan dingin yang mampu mengorbitkan pemain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper