Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Copa Libertadores: Independiente Terakhir Lolos ke Semifinal

Klub Ekuador Independiente del Valle menjadi tim terakhir yang lolos ke semifinal Copa Libertadores setelah menang adu penalti atas tuan rumah Pumas UNAM dari Meksiko.
Pelatih Independiente del Valle Pablo Repetto/Reuters
Pelatih Independiente del Valle Pablo Repetto/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Klub Ekuador Independiente del Valle menjadi tim terakhir yang lolos ke semifinal Copa Libertadores setelah menang adu penalti atas tuan rumah Pumas UNAM dari Meksiko dalam pertandingan leg kedua yang berlangsung pada Rabu pagi WIB (25/5/2016).

Setelah dalam laga leg pertama di kandang Independiente pekan lalu skor 2-1 untuk kemenangan wakil Ekuador, dalam leg kedua di Stadion Olímpico de Universitario di Coyoacan, Ciudad de Mexico, giliran Pumas menang 2-1.

Dengan demikian, skor agregat dua leg adalah 3-3 dan pemenangnya harus ditentukan melalui adu penalti. Dalam adu penalti, Independiente, yang ditukangi pelatih asal Uruguay Pablo Repetto berhasil menang 5-3.

Dalam laga leg kedua, kemenangan Pumas—asuhan pelatih Guillermo Vazquez—dalam waktu reguler 2 x 45 menit ditentukan dua gol gelandang Argentina Victor Ismael Sosa pada menit 16 dan 18, sedangkan gol tunggal dari Independiente dihasilkan Junior Sornoza pada menit 66.

Ironisnya, gol tim tamu justru dilesakkan setelah mereka bermain dengan 10 orang. Bek Independiente Luis Ayala harus meninggalkan lapangan permainan setelah menerima kartu merah dari wasit Victor casanova (Peru).

Setelah skor agregat 3-3, akhirnya lima eksekutor Independiente mampu menunaikan tugas dengan baik dalam adu penalti. Sebaliknya Pumas, Sosa yang dalam permainan mencetak dua gol untuk Pumas, justru gagal, sehingga skor 5-3 untuk Independiente. Eksekusi terakhir Pumas tak dilakukan, karena tak mungkin lagi menyamakan skor.

Di semifinal, Independiente bertemu dengan tim Argentina Boca Juniors, sedangkan Atletico Nacional Medellin dari Kolombia jumpa klub Brasil Sao Paulo. Leg pertama semifinal digelar pada 5-7 Juli, sedangkan leg kedua 12-14 Juli.

Copa Libertadores merupakan turnamen antarklub anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) level pertama—di atas Copa Sudamericana—yang diselenggarakan setiap tahun.

Meksiko, yang menempatkan Pumas UNAM di 8 besar, bukan anggota Conmebol, melainkan anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf). Namun, sejak hampir seperempat abad silam, Meksiko selalu diundang untuk mengirim wakilnya ke Copa Libertadores, selain setiap tahunnya juga tetap mengikuti Liga Champions Concacaf.

Berikut hasil lengkap fase perempat final Copa Libertadores (dalam WIB):

LEG PERTAMA

Kamis, 12 Mei:

Sao Paulo 1 vs Atletico Mineiro 0

Jumat, 13 Mei:

Nacional Montevideo 1 vs Boca Juniors 1

Rosario Central 1 vs Atletico Nacional Medellin 0

Rabu, 18 Mei:

Independiente del Valle 2 vs Pumas UNAM 1

LEG KEDUA

Kamis, 19 Mei:

Atletico Mineiro 2 vs Sao Paulo 1 (Sao Paulo lolos berkat produktivitas mencetak gol kandang lawan)

Jumat, 20 Mei:

Boca Juniors 1 vs Nacional Montevideo 1 (skor agregat 2-2, Boca menang adu penalti 4-3)

Atletico Nacional Medellin 3 vs Rosario Central 1 (Nacional Medellin menang skor agregat 3-2)

Rabu, 25 Mei:

07:45   Pumas UNAM 2 vs Independiente del Valle 1 (skor agregat 3-3, Independiente menang adu penalti 5-3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper