Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TIMNAS INDONESIA: Kasih Pemain Muda, Kata Bambang Nurdiansyah

Mantan striker timnas Bambang Nurdiansyah mengusulkan agar tim nasional dihuni oleh pemain muda yang telah berprestasi demi regenerasi pemain yang bagus.
Timnas Indonesia U-23/Antara-Wahyu Putro
Timnas Indonesia U-23/Antara-Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA -  Mantan striker timnas Bambang Nurdiansyah mengusulkan agar tim nasional dihuni oleh pemain muda yang telah berprestasi demi regenerasi pemain yang bagus.

"Potong saja generasi timnas senior, jika  mengutamakan prestasi timnas, karena saya melihat kemampuan pemain muda sudah banyak yang bagus," kata Bambang dalam diskusi prestasi timnas di ruang PSSI Pers, Senayan, Jakarta, Kamis (19/5/2016).

Ia menjelaskan  pemain senior yang sekarang, angkatan dari Christian Gonzales sudah dianggap susah bersaing dengan pemain muda dari negara lain.

"Pemain muda asuhan pelatih Indra Sjafri itu baik semua, masukkan saja dan diolah kembali menjadi satu tim, mereka butuh jam terbang, saya rasa ini waktu yang tepat," ucapnya.

Selain itu, ia juga menyarankan  sebuah tim sepak bola khususnya timnas tidak hanya butuh pemain dan pelatih yang bagus, tetapi membutuhkan tim ahli gizi, dokter spesialis olahraga, pelatih fisik dan fisioterapi yang mumpuni sehingga kemampuan terbaik bisa dikeluarkan.

Hal tersebut ia ambil dari acuan tim di Eropa, di mana dukungan tim tersebut adalah merupakan persyaratan standar sebuah tim untuk mendapatkan prestasi.

Bambang juga menegaskan  sebagus apapun individu, tidak akan berkembang apabila sistem atau organisasi tidak mendukungnya.

"Permasalahan tidak kunjung datangnya prestasi timnas, bukanlah kemampuan individu, namun persiapan dari kegiatan yang kurang digarap secara serius, karena untuk memenangkan sebuah kompetisi haruslah dipersiapkan benar-benar matang, tidak hanya asal bertanding," tuturnya.

"Ini semua harus serius digarap, jangan hanya satu dua pihak, tapi kesatuan tim," ujarnya.

Sebelumnya, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menjelaskan telah menyerahkan kepada Komite teknik untuk merancang Timnas sebelum  23 Mei 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper