Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SKANDAL ATUR SKOR LIGA ITALIA: Antonio Conte Dinyatakan Bersih

Antonio Conte, pelatih masa depan klub Liga Utama Inggris Chelsea, pada hari Senin dibersihkan dari peran apa pun dalam skandal pengaturan pertandingan 2011 saat dia bertugas Italia kedua tim divisi sepakbola Siena.
Antonio Conte/Reuters-Stefano Rellandini
Antonio Conte/Reuters-Stefano Rellandini

Bisnis.com, CREMONA, Italia  - Antonio Conte, pelatih masa depan klub Liga Utama Inggris Chelsea, pada hari Senin dibersihkan dari peran apa pun dalam skandal pengaturan pertandingan 2011 saat dia bertugas Italia kedua tim divisi sepakbola Siena.

Conte, yang akan melatih tim nasional Italia selama Piala Eropa musim panas ini sebelum mengambil pos barunya di Chelsea, divonis bebas oleh pengadilan di kota Italia utara Cremona.

Ia dituduh menyadari, tetapi tidak memiliki campur tangan untuk mencegah, dugaan penetapan pertandingan antara Siena dan tim yang terancam degradasi Albinoleffe, di mana Siena kalah 1-0.

Hakim dalam kasus tersebut, Pierpaolo Beluzzi, mengatakan tuduhan penipuan olahraga terhadap Conte adalah "tidak berdasar."

"Mereka yang dekat dengan saya tahu betapa aku telah menderita saat nama saya  dikaitkan dengan rasa malu dari pengaturan pertandingan," ujar Conte  di halaman Facebook-nya dan mengatakan empat tahun sejak ia  terlibat dalam kasus tersebut telah mimpi buruk."

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah pernah meragukan saya dan meyakinkan mereka bahwa saya telah keluar dari pengalaman ini lebih kuat dan bahkan lebih termotivasi," katanya.

Conte, 46 tahun, yang dalam bertugas empat bulan dilarang di pinggir lapangan yang dikenakan pada 2012 oleh federasi sepak bola Italia (FIGC) sehubungan dengan kasus yang sama, selalu membantah melakukan kesalahan.

Conte bermain lebih dari 400 pertandingan untuk Juventus dan melanjutkan untuk mengelola klub untuk tiga gelar Serie A berturut-turut 2012-2014 sebelum mengambil alih tim nasional Italia.

Permintaan itu menyusul dugaan upaya untuk memanipulasi pertandingan di Serie B, divisi dua Italia, dan third-tier Lega Pro selama musim 2010-11, dan terlibat di beberapa pertandingan Coppa Italia.

Juga pada  Senin, pengadilan Cremona memerintahkan 90 orang lain untuk diadili dalam kasus pengaturan pertandingan yang sama, pengaturan 6 Desember sebagai tanggal mulai untuk dengar pendapat.

Conte dan lima orang lainnya telah memilih percobaan jalur cepat.

FIGC telah melakukan investigasi sendiri dalam kasus ini, dengan lebih dari 50 pemain dilarang tampil sampai lima tahun dan sejumlah klub, termasuk Atalanta dan Siena, poin mereka dikurangi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper