Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JADWAL LIGA ITALIA PEKAN 38: Napoli dan AS Roma Berebut Tiket Langsung Liga Champions

JADWAL LIGA ITALIA PEKAN 38: Napoli dan AS Roma Berebut Tiket Langsung Liga Champions
Striker Napoli, Gonzalo Higuain/Reuters-Ciro de Luca
Striker Napoli, Gonzalo Higuain/Reuters-Ciro de Luca

Bisnis.com, JAKARTA - Kompetisi sepak bola domestik di Negeri Pizza, Liga Italia Seri A akan menggelar pekan pamungkas dari kalender sejumlah 38 pertandingan yang dilakoni oleh 20 tim peserta.

Liga Italia termasuk satu dari liga sepak bola bergengsi Eropa yang tidak menggelar pekan pamungkasnya secara serentak, melainkan satu pertandingan dilangsungkan pada empat gelombang, yakni satu pertandingan berlangsung Sabtu (14/5) malam WIB, Minggu (15/5) dini hari WIB, Minggu (15/5) malam WIB dan Senin (16/5) dini hari WIB.

Juventus sudah memastikan mempertahankan gelar juara Seri A pada pengujung April lalu dengan tiga laga sisa kala itu, sementara itu juru kunci Verona dan peringkat 19 Frosinone sudah dipastikan terdegradasi ke Seri B musim depan.

Dua tim yang mendampingi Juventus meraih tiket ke Liga Champions musim depan juga sudah pasti yakni Napoli yang saat ini menempati urutan kedua dengan 79 poin dan AS Roma (77). Hanya saja kedua tim masih memperebutkan siapa yang akan berhak langsung ikut serta di fase grup Liga Champions musim depan dan siapa yang harus melalui babak playoff terlebih dahulu.

Napoli diuntungkan sebab di laga pamungkas mereka akan menghadapi tim terdegradasi Frosinone, sedangkan Roma harus melawat ke Stadion San Siro melawan AC Milan yang sebetulnya bukan lawan sulit di tengah kondisi ikonsisten tim merah hitam tersebut.

Dua pertandingan tersebut termasuk rangkaian pertandingan gelombang kedua yang berlangsung pada Minggu (15/5) dini hari WIB.

Sementara itu untuk komposisi perolehan tiket ke Liga Europa, sementara ini akan diberikan tiket ke babak kualifikasi ketiga untuk tim yang finis di urutan keempat dan kelima.

Dengan demikian Inter Milan (67) yang saat ini menempati peringkat keempat dan urutan kelima Fiorentina (58) sudah dipastikan meraih tiket babak kualifikasi ketiga Liga Europa, sebab posisi keduanya tidak mungkin berubah apapun hasil pertandingan pamungkas kedua tim musim ini.

Sebab Sassuolo (58) yang berada di urutan keenam meskipun menang tidak akan bisa menggusur Fiorentina dari urutan kelima, sebab meski kedua tim di akhir musim memiliki poin yang sama, Sassuolo tetap kalah dalam catatan pertemuan antar kedua klub musim ini yang berakhir satu kali imbang dan satu kali dimenangi Fiorentina.

AC Milan (57) berpeluang menggusur Sassuolo dari urutan keenam mengingat selisih poin kedua tim hanya terpaut satu angka saja.

Milan akan menjamu Roma, sementara Sassuolo kedatangan Inter Milan, kedua laga tersebut berlangsung pada Minggu (15/5) dini hari WIB.

Milan perlu mencari aman dengan finis di urutan keenam, sebab jika mereka kalah di partai final Piala Italia melawan juara bertahan Juventus, maka tiket fase grup Liga Europa akan dilungsurkan kepada Inter Milan sementara dua tiket babak kualifikasi ketiga jatuh ke tim urutan lima dan enam.

Zona degradasi

Setelah Verona dan Frosinone dipastikan terdegradasi, menjelang laga pamungkas dua tim masih dibayangi ancaman degradasi yakni urutan 17 Palermo (36) dan peringkat ke-18 Carpi (35).

Kedua tim melakoni laga pamungkas musim ini pada Senin (16/5) dini hari WIB, Palermo akan menjamu juru kunci Verona sedangkan Carpi bertandang ke markas Udinese.

Kemenangan jelas menjadi tiket pasti bagi Palermo untuk bertahan di Seri A musim depan, namun jika mereka bermain imbang maka ada syarat lain yang harus terpenuhi yakni kegagalan Carpi meraih kemenangan di laga lain.

Sementara itu, bagi Carpi kemenangan atas Udinese saja tidak cukup untuk memastikan terhindar dari degradasi, sebab mereka membutuhkan Palermo tidak meraih tiga poin penuh di laga lain.

Carpi juga berpeluang untuk bertahan di Seri A dengan hasil imbang tentunya syaratnya Palermo kalah di laga lain.

Sebab jika kedua tim berakhir dengan perolehan poin yang sama, Carpi akan menempati urutan di atas Palermo, berkat aturan penentuan posisi yang ditentukan jika total poin setara adalah poin pertemuan head-to-head kemudian agregat gol pertemuan head-to-head baru kemudian agregat gol total.

Saat ini di dua kriteria pertama Palermo dan Carpi berdiri seimbang, namun di kategori agregat gol total, Carpi sedikit lebih unggul dibandingkan Palermo sebab mereka memiliki defisit 21 gol saja dibandingkan defisit 28 gol milik Palermo.

Berikut jadwal rangkaian pertandingan pekan pamungkas Liga Italia Seri A seturut laman resmi liga. (tuan rumah disebut pertama)

Jadwal Liga Italia, Sabtu (14/5) malam WIB

Juventus vs Sampdoria

Jadwal Liga Italia, Minggu (15/5) dini hari WIB

AC Milan - Roma

Napoli - Frosinone

Sassuolo - Inter Milan

Jadwal Liga Italia, Minggu (15/5) malam WIB

Chievo - Bologna

Empoli - Torino

Genoa - Atalanta

Jadwal Liga Italia, Senin (16/5) dini hari WIB

Lazio - Fiorentina

Palermo - Verona

Udinese - Carpi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper