Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SEMIFINAL LIGA CHAMPIONS: REAL MADRID vs MANCHESTER CITY 1-0, Derby Madrid di Final

Derby Madrid di final Liga Champions 2016. Real Madrid menyusul sukses Atletico Madrid ke final setelah menundukkan Manchester City 1-0 di leg kedua semifinal di Stadion Santiago Bernabeau, Madrid, Rabu (4/5/2016) atau Kamis (5/5/2016).
Proses terjadinya gol Real Madrid, Gareth Bale (kiri) melepas tendangan, diblok Fernando, tapi malah masuk gawang/Reuters
Proses terjadinya gol Real Madrid, Gareth Bale (kiri) melepas tendangan, diblok Fernando, tapi malah masuk gawang/Reuters
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA - Derby Madrid di final Liga Champions 2016. Real Madrid menyusul sukses Atletico Madrid ke final setelah menundukkan Manchester City 1-0 di leg kedua semifinal di Stadion Santiago Bernabeau, Madrid, Rabu (4/5/2016)  atau Kamis (5/5/2016).

Santiago Bernabeu, Madrid bergemuruh usai wasit meniup peluit panjang.   Los Merengues (Tim Meringue) kembali ke final setelah gol bunuh diri Fernando menit ke-20, yang mencoba memblok tendangan Gareth Bale, mengubah keadaan. Di leg pertama di Stadion Etihad pekan lalu, kedua tim bermain imbang 0-0.

Kamis (5/5/2016)Real Madrid vs Manchester City 1-0 (1-0)
01.45 WIBRCTI

Padahal, hasil imbang 1-1, cukup mengantarkan City lolos ke final untuk kali pertama. Bagi Los Blancos (Tim Putih), dengan tekad tidak ada tawar menawar, menang harga mati, tampil menyerang bersama Cristiano Ronaldo. Akhirnya, gol bunuh diri pemain asal Brasil itu --Fernando-- mengulang sukses  Selasa (18/9/2013), saat Madrid  mampu menundukkan City dengan skor 3-2 di Spanyol.

 Madrid tampil tanpa Karim Benzema. Dibekap cedera. Real Madrid bersyukur,  Cristiano Ronaldo fit-lagi  dan dapat membawa mereka ke final Liga Champions.

 

19:58 WIB
Pellegrini: Jangan Hanya Mikirin Cristiano Ronaldo

Bos Manchester City Manuel Pellegrini memperingatkan timnya harus lebih khawatir   sekedar tentang Ronaldo.

"Cristiano akan selalu menjadi pemain yang berbeda. Dia mencetak banyak gol dan memiliki seluruh enam tahun di sini," kata pria asal Chili, yang menukangi Real Madrid ketika klub menandatangani Ronaldo.

Namun dia menambahkan: ".. Saya tidak berpikir Real hanya Cristiano Ronaldo. Kita harus bekerja sebagai tim bertahan  dan menyerang. Hal ini tidak hanya terhadap Ronaldo tetapi melawan Real Madrid."

Dia juga menekankan sisi Spanyol akan harus bersaing dengan ancaman serangan City, menyoroti 28 gol Sergio Aguero.

Pemain asal  Argentina itu istirahat saat  City kalah  4-2 di Southampton pada  Minggu dan Pellegrini mengatakan:. "Saya selalu mengatakan ini semacam  permainan yang diputuskan oleh teknis pemain  yang terbaik. Kami memiliki Sergio dan saya yakin kita akan melihat dia dalam performa bagus . "

Pemain depan Real  Karim Benzema hanya bisa  berjalan  pada hari Senin dan pemain internasional Prancis itu masih diragukan karena masalah hamstring.

Gelandang Brasil Casemiro menerima benturan saat menang di La Liga Sabtu 1-0 dari Real Sociedad tetapi diperkirakan akan menghadapi City.

14:00 WIB
Head to Head dan 5 Penampilan Terakhir
Real Madrid:
30/4/16 Real Sociedad 0 - 1 Real Madrid
26/4/16 Manchester City 0 - 0 Real Madrid
23/4/16 Rayo Vallecano 2 - 3 Real Madrid
20/4/16 Real Madrid 3 - 0 Villarreal
16/4/16 Getafe 1 - 5 Real Madrid

 

Manchester City
1/5/16 Southampton 4 - 2 Manchester City
26/4/16 Manchester City 0 - 0 Real Madrid
23/4/16 Manchester City 4 - 0 Stoke City
19/4/16 Newcastle United 1 - 1 Manchester City
16/4/16 Chelsea 0 - 3 Manchester City

Head To Head:
26/4/16 Manchester City 0 - 0 Real Madrid
24/7/15 Manchester City 1 - 4 Real Madrid
21/11/12 Manchester City 1 - 1 Real Madrid
18/9/12 Real Madrid 3 - 2 Manchester City

13:53 WIB
HASIL AKHIR PEKAN

Real Sociedad 0-1 Real Madrid (Bale Menit Ke-80)
Peringkat ketiga Madrid mendaftarkan kemenangan kesepuluh Liga berturut-turut, hasil terbaik mereka sejak 12 kali berturut-turut dari 20 September - 12 Desember 2014, meskipun absennya  Ronaldo dan Benzema. Gareth Bale menjadi penentu raihan poin penuh untuk Merengues, memanfaatan umpan silang Lucas Vázquez ini. Zidane memberikan pengalaman Liga peada pemain depan 19 tahun Borja Mayoral,  pencetak gol terbanyak sepanjang masa di UEFA Liga Pemuda.

Southampton 4-2 Manchester City (Long 25, Mané 28 57 68; Iheanacho 44 78)
Agüero tetap di bangku cadangan saat City yang berada di urutan keempat kalah di pantai selatan meskipun dua gol dari Kelechi Iheanacho, 19 tahun, yang kini telah menyarangkan empat di dua penampilan terakhirnya di Premier League. Pellegrini melakukan delapan perubahan dari sisi yang menarik melawan Madrid pekan lalu.

Panduan Form (semua kompetisi, terbaru pertama)
City: K-S-M-S-M-M
Real Madrid: M-S-M-M-M-M

12:16 WIB
Cristiano Ronaldo Pimpin Madird

Real Madrid berharap Cristiano Ronaldo yang telah kembali bugar dapat memimpin mereka menuju final Liga Champions, meski mitranya di lini depan Karim Benzema masih diragukan dapat tampil pada pertandingan Rabu melawan Manchester City.

Ronaldo menyelesaikan sesi latihan penuh pada Senin untuk pertama kalinya sejak mengalami cedera otot paha belakang saat melawan Villarreal pada 20 April, dan ia diharapkan dapat tampil pada leg kedua semifinal melawan City yang mampu menahan imbang 0-0 pada pertandingan leg pertama.

Benzema, yang juga diganggu masalah otot paha belakang, hanya dapat melakukan latihan lari pada Senin.

Juara Eropa sepuluh kali itu meraih kemenangan 1-0 di markas Real Sociedad di Liga Spanyol pada Sabtu, tanpa kehadiran dua pencetak gol terbanyak mereka.

Bintang Portugal Ronaldo tidak ambil bagian pada pertandingan pekan lalu di Manchester, sedangkan penyerang Benzema ditarik keluar lapangan saat turun minum. Meski Real memiliki peluang-peluang yang lebih baik, namun lini depan mereka tumpul pada babak kedua.

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi klub Ronaldo telah membukukan 47 gol di semua kompetisi pada musim ini.

Trigol pada leg kedua perempat final melawan VfL Wolfsburg membalikkan defisit dua gol dari pertandingan pertama, yang sempat berpotensi mengeliminasi pasukan Zinedine Zidane.

Manajer City Manuel Pellegrini melakukan delapan perubahan terhadap timnya saat melawan Southampton pada Minggu, sebagai persiapan untuk lawatan ke Madrid, namun rencananya menjadi senjata makan tuan sebab mereka kalah 2-4.

Pria Chile itu mempertahankan keputusannya untuk mengistirahatkan sejumlah pemain andalannya, ketika timnya berniat mencapai final Liga Champions.

"Saya akan kembali melakukan hal yang sama karena kami memiliki pertandingan penting pada Rabu," kata Pellegrini.

Real mengincar penampilan di final untuk ke-14 kalinya, 60 tahun setelah menang 4-3 atas Stade de Reims untuk menjuarai kompetisi perdana.

Tim raksasa asal ibukota itu telah melaju sebanyak tujuh kali dari delapan pertandingan Eropa setelah ditahan imbang tanpa gol pada leg pertama, di mana mereka hanya kalah dari Spartak Moscow pada perempat final Piala Eropa 1991.

Real juga tidak terkalahkan dalam pertandingan-pertandingan empat besar mereka di Liga Champions di Santiago Bernabeu saat melawan tim-tim asal Inggris.

"Keuntungan bermain kandang akan membantu. Para penggemar harus mendukung kami, kami mengandalkan mereka dan saya yakin mereka tidak akan mengecewakan kami," kata pemain jangkar Casemiro.

"Ketika mereka berada di belakang kami, mereka sangat membantu. Manchester City harus merasakan bahwa Bernabeu begitu kuat."

11:12 WIB
Bale dan Cristiano Ronaldo akan Tampil

Seperti telah disebutkan, Ronaldo telah dinyatakan fit untuk pertandingan Rabu (4/5/2016), dan hanya membutuhkan satu gol lagi untuk menyamai rekor sepanjang masa dari 17 dalam satu musim Liga Champions atas nama dirinya.

Gareth Bale, yang mencetak gol kemenangan di akhir pekan, juga akan tampil, tapi ada keraguan atas Karim Benzema setelah ia tertatih-tatih di leg pertama.

Orang Prancis ini telah gagal untuk menghasilkan gol dalam empat pertandingan terakhirnya di Liga Champions, namun telah mencetak gol di dua dari tiga pertandingan melawan City.

Di tempat lain, Casemiro yang diragukan bagi tim tuan rumah terjawab setelah ikut pelatihan, sementara orang-orang seperti Pepe, Marcelo dan Dani Carvajal diharapkan akan tampil setelah duduk pada akhir pekan.

Keylor Navas telah membuat 10 clean sheet dalam 11 sebelumnya dalam penampilan di Liga Champions dan telah menyelamatkan 30 dari 32 tembakan pada target bahwa ia telah dihadapi dalam kompetisi.

Sergio Aguero telah gagal untuk memiliki tembakan pada target dalam kompetisi ini untuk 432 menit dan sekarang empat pertandingan tanpa gol di Liga Champions - kekeringan terpanjang di Eropa sejak Oktober 2012.

Pemain asal Argentina ini diistirahatkan pada akhir pekan, tetapi salah satu dari sejumlah pemain yang akan kembali pada pertengahan pekan, bersama dengan orang-orang seperti Vincent Kompany dan Kevin de Bruyne.

Yaya Toure telah melakukan perjalanan dengan skuad setelah absen di dua pertandingan terakhir karena cedera paha, tetapi Pellegrini akan tanpa David Silva setelah ia dipaksa keluar karena cedera hamstring di leg pertama.

Prediski Line Up (versi sportmole.co.uk)

Real Madrid :
Navas; Carvajal, Pepe, Ramos, Marcelo; Modric, Casemiro, Kroos; Bale, Benzema, Ronaldo

Man City :
Hart; Sagna, Kompany, Otamendi, Clichy; Fernando, Fernandinho, Navas, Toure, De Bruyne; Aguero

10:53 WIB
FAKTA PERTANDINGAN

Fakta pertandingan

Real Madrid
• Madrid telah memenangkan sepuluh pertandingan liga berturut-turut, run terbaik mereka sejak Desember 2014 di bawah Carlo Ancelotti (12).

• Ronaldo memiliki 16 gol dalam kompetisi musim ini - selisih satu dari rekornya sendiri untuk kampanye Piala Eropa tunggal, yang terjadi 2013/14.

• Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak kedua di Liga musim ini di belakang Luis Suárez (35) pada 31 gol, dan pemain pertama dalam sejarah liga telah menemukan clean 30 kali dalam enam musim berturut-turut.

• Ronaldo tidak bermain sejak dipaksa turun saat Madrid menang 3-0 melawan Villarreal pada 20 April dengan hamstring sedikit. Dia sebelumnya tampil setiap liga dan pertandingan Liga Champions musim ini.

• Benzema, diganti pada babak pertama saat melawan Rayo Vallecano de Madrid akhir pekan sebelumnya karena masalah otot, ditarik di babak pertama di Manchester karena menderita cedera hamstring dan absen saat kemenangan 1-0 di Real Sociedad de Fútbol di Sabtu.

• Madrid adalah satu-satunya tim yang telah mencetak lebih dari 100 gol dalam tujuh musim Liga berturut-turut; mereka memiliki 105 di 2015/16.

Manchester City
• City delapan pertandingan tak terkalahkan di semua kompetisi dan berakhir dengan kekalahan 4-2 Minggu di Southampton FC.

• Kelechi Iheanacho memiliki empat gol dalam dua penampilan liga terakhirnya.

• Yaya Touré mengalami cedera kaki kanan dalam kemenangan 4-0 atas Stoke City FC pada 23 April dan duduk saat leg pertama melawan Madrid dan pertandingan Southampton.

• David Silva absen selama dua sampai tiga minggu akibat cedera hamstring yang dideritanya di semi-final leg pertama.

04:19 WIB
Prediksi lineup

Prediksi lineup
Real Madrid: Navas; Carvajal, Ramos, Pepe, Marcelo; Modri, Kroos, Isco; Bale, Jesé, Ronaldo.
Absen:  Benzema (hamstring), Casemiro (hip)

Man. City: Hart; Sagna, Otamendi, Kompany, Clichy; Fernando, Fernandinho; Navas, Touré, De Bruyne; Agüero.
Absen: Silva (hamstring), Zabaleta (calf)
Diragukan: Touré (muscular problem)

04:16 WIB
APA YANG MANAJER KATAKAN

Zinadine Zidane, Manajer Real Madrid

Cristiano Ronaldo oke, 100%. Ini akan menjadi bencana jika kita tidak pergi melalui. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit dari leg pertama karena kami tahu itu semua akan diputuskan. Mereka memiliki pemain bagus, terutama di depan, tapi kami akan bermain sepak bola  seperti biasa. Kita tidak akan memiliki permainan yang sama seperti leg kedua melawan Wolfsburg. Kita tidak bisa berpikir kami akan mencetak dua atau tiga dalam 15 menit. Ini adalah permainan yang berbeda dan kami tahu kami akan menderita dari menit pertama hingga  90. Kita harus sabar dan tenang.

Kami harus berpikir tentang bermain sepak bola, menekan tinggi dan menjadi intens. Kita juga tahu kami bermain dengan lawan yang sangat sulit yang akan membuat hal-hal sulit. Tidak ada rencana khusus untuk [Sergio] Agüero, yang merupakan pemain penting bagi mereka.

Real Madrid coach Zinedine Zidane and Manchester City manager Manuel Pellegrini before the game

Manuel Pellegrini, manajer Manchester City
Tujuan kami harus  ke final,  kita tidak pernah mencapai sebelumnya. Kami memiliki banyak iman dalam kemampuan kita dan berharap untuk membuktikannya. Itu selalu baik untuk kembali di Santiago Bernabéu - Saya memiliki kenangan yang sangat baik berada di sini. Tekanan di stadion ini selalu besar tapi kami memiliki kepribadian dan tim untuk menang.

Kami memiliki kesempatan untuk membuat sejarah klub, tapi kami harus bermain dengan baik. Kami mencoba untuk menekan dan mencuri bola di Manchester tapi itu bukan hari yang baik. Besok kami akan mencoba untuk memiliki kepemilikan dan menyerang dari menit pertama. pertandingan besar diputuskan oleh yang terbaik, tapi kami harus bermain sebagai sebuah tim defensif dan ofensif melawan Real Madrid; bukan hanya Cristiano. (foto: REUTERS)

20:14 WIB
ZIDANE: Cristiano OK, 100%

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa  kompetisi - dengan 93 gol - absen di leg pertama yang berakhir tanpa gol dengan cedera hamstring.

"Cristiano  OK, 100%. Dia dilatih pagi ini dan dia akan berada di sana besok," kata bos Nyata Zinedine Zidane.

Gelandang kota Yaya Toure juga telah berlatih pada Selasa setelah ketinggalan dua pertandingan terakhir karena cedera paha.

Gelandang  Samir Nasri, forward David Silva (hamstring) siap tampil dan bek Pablo Zabaleta  tidak hadir. Tidak ada alasan  mengapa pemain asal Argentina itu menghilang di sesi latihan.

Ronaldo, yang juga duduk di  dua pertandingan terakhir timnya di La Liga, menyelesaikan sesi latihan penuh pada hari Senin untuk pertama kalinya sejak cedera pada  20 April.

Mantan pemain depan Manchester United, 31, telah menjaring 47 gol di semua kompetisi musim ini dan merupakan pencetak gol terbanyak di Liga Champions dengan 16,  selisih satu gol dari rekornya 2013-14 yang dimenangkan  Real.

Karim Benzema, 28, hanya bisa jangan berjalan  pada hari Senin dan striker Prancis itu masih ragu dengan masalah hamstring.

Gelandang Brasil  Casemiro, 24, menerima hantaman saat menang di La Liga Sabtu 1-0 di Real Sociedad tetapi diperkirakan akan menghadapi City pada Bernabeu.

14:52 WIB
Background Pertandingan

Manchester City
• Dua musim terakhir  di UEFA Champions League City  berakhir di babak 16 setelah kalah dari  Barcelona, pada 2013/14 dan 2014/15.

• Kemenangan agregat  3-1   melawan Dynamo Kyiv di babak 16 musim ini  (3-1, 0-0 rumah)   kemenangan KO  City pertama di Piala Eropa. Selain kekalahan mereka dari Barcelona,  kekalahan mereka sebelumnya  2-1 (agregat) dari Fenerbahçe SK pada 1968-1969  di putaran pertama.

• City meraih kemenangan KO kedua mereka dengan kekalahan kandang 1-0 dari Paris Saint-Germain di leg kedua perempat final, namun menyelesaikan agregat 3-2.

• Tim  Manuel Pellegrini ini telah memenangkan tiga dan seri satu  dari lima pertandingan mereka di rumah dalam UEFA Champions League musim ini, meskipun mereka menderita kekalahan 2-1 dari Juventus pada matchday satu.

• Manchester  telah bertemu lawan dari Spanyol di kompetisi musim ini, mengalahkan Sevilla FC 2-1 di kandang dan 3-1 di babak penyisihan grup.

• Rekor di kandang City melawan tim Spanyol adalah M-3 S-2 K-2,   kekalahan itu datang melawan Barcelona. Secara keseluruhan   rekor City M-5 S-3 K-7.

• Rekor  mereka dalam dua leg  dengan tim Spanyol adalah M-1 K-3.

• City mungkin tidak pernah di semi-final sebelumnya, tetapi tim Villarreal CF yang diasuh Pellegrini  sudah lolos sejauh ini pada 2005/06,  meski kalah 1-0 dari Arsenal FC dalam dua leg.

14:49 WIB
Background pertandingan

Real Madrid
• Madrid berada di empat besar ini untuk keenam kalinya secara beruntun, mereka telah kehilangan lima dari enam semifinal di Liga Champions  terakhir mereka. Mereka menderita empat kekalahan dan mengambil satu hasil imbang dalam away, satu-satunya pengecualian kemenangan 4-0 di FC Bayern München pada leg kedua 2013/1Real Madrid
• Madrid berada di empat besar ini untuk keenam kalinya secara beruntun, mereka telah kehilangan lima dari enam semifinal di Liga Champions  terakhir mereka. Mereka menderita empat kekalahan dan mengambil satu hasil imbang dalam away, satu-satunya pengecualian kemenangan 4-0 di FC Bayern München pada leg kedua 2013/14.

• Madrid kalah pada pertandingan terakhir tandang mereka di Liga Champions, kalah 2-0 di VfL Wolfsburg di perempat final leg pertama - mereka memenangkan kembali 3-0 untuk lolos . Mereka sebelumnya telah mengoleksi tiga kemenangan dan sekali
• Kekalahan 2-1  di Juventus pada semifinal leg pertama musim lalu adalah  dua kekalahan  terakhir mereka di 12 pertandingan tandang di Eropa, dengan delapan kemenangan pada waktu itu.

• Madrid telah memenangkan tiga kunjungan terakhir mereka ke Inggris, melawan Tottenham Hotspur FC (1-0, 2010/11), Manchester United FC (2-1, 2012/13) dan Liverpool FC (3-0, 2014/15) .

The Merengues tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir mereka melawan klub Inggris (M-6 S-2) sejak kekalahan 4-0 di Liverpool pada 2008/09  di babak 16 leg kedua - kekalahan terburuk di Liga Champions UEFA.

• Rekor Madrid dalam dua leg  terhadap lawan tim asal Inggris adalah M-7 K-4.

• Rekor Spanyol melawan tim Inggris  M-6S-3K-5; secara keseluruhan  M-13S-9 K-10.

Keseluruhan Rekor Semifinal Piala Eropa

• Madrid adalah M-13 K-13 (away (a) atau home (h):
2-3 v Juventus, 2014/15 (1-2 a, 1-1 h)
5-0 v FC Bayern München, 2013/14 (1-0 h, 4-0 a)
3-4 v Borussia Dortmund, 2012/13 (1-4 a, 2-0 h)
3-3 v FC Bayern München, 1-3 melalui adu penalti, 2011/12 (1-2 a, 2-1 h)
1-3 v FC Barcelona, 2010/11 (0-2 h, 1-1 a)
3-4 v Juventus, 2002/03 (2-1 h, 1-3 a)
3-1 v FC Barcelona, 2001/02 (2-0 a, 1-1 h)
1-3 v FC Bayern München, 2000/01 (0-1 h, 1-2 a)
3-2 v FC Bayern München, 1999/2000 (2-0  h, 1-2 a)
2-0 v Borussia Dortmund, 1997-1998 (2-0 h, 0-0 a)
1-6 v AC Milan, 1988-1989 (1-1  h, 0-5 a)
1-1 v PSV Eindhoven, kalah gol tandang, 1987-1988 (1-1 h, 0-0 a)
2-4 v FC Bayern München, 1986-1987 (1-4 a, 1-0 h)
2-1 v FC Internazionale Milano, 1980-1981 (2-0 h, 0-1 a)
3-5 v Hamburger SV, 1979-1980 (2-0 h, 1-5 a)
1-3 v FC Bayern München, 1975-1976 (1-1 h, 0-2 a)
1-3 v AFC Ajax, 1972-1973 (1-2 a, 0-1 h)
3-4 v Manchester United FC, 1967-1968 (0-1 a, 3-3 h)
2-1 v FC Internazionale Milano, 1965-1966 (1-0 h, 1-1 a)
8-1 v FC Zürich, 1963-1964 (2-1 a, 6-0 h)
6-0 v R. Standard de Liège, 1961-1962 (4-0 h, 2-0 a)
6-2 v FC Barcelona, 1959-1960 (3-1 h, 3-1 a)
2-1 (replay) v Klub Atlético de Madrid, 1958-1959 (2-1 h, 0-1 a, 2-1 replay)
4-2 v Vasas SC, 1957-1958 (4-0 h, 0-2 a)
5-3 v Manchester United FC, 1956-1957 (3-1 h, 2-2 a)
5-4 v AC Milan, 1955-1956 (4-2 h, 1-2 a)

13:28 WIB
Pertemuan sebelumnya

Pertemuan sebelumnya
• Dalam penyisihan grup 2012/13,  Madrid dua kali bangkit dari ketinggalan untuk menang 3-2 di Spanyol pada matchday satu. City memimpin dua kali melalui Edin Dzeko (68) dan Aleksandar Kolarov (85) tapi Madrid merespons melalui Marcelo (76) dan Karim Benzema (87) sebelum Cristiano Ronaldo meraih kemenangan menit ke-90.

• Tim di Santiago Bernabeu pada 18 September 2012:
Real Madrid: Casillas, Arbeloa, Pepe, Varane, Marcelo, Khedira (Modric 73), Xabi Alonso, Di María, Essien (Özil 65), Ronaldo, Higuain (Benzema 73).
Manchester City: Hart, Maicon (Zabaleta 74), Kompany, Nastasic, Clichy, Javi García, Y Toure, Barry, Silva (Dzeko 63), Nasri (Kolarov 37), Tévez.

• Hasil 1-1 di Manchester, penalti Sergio Agüero ini membatalkan keunggulan melalui Benzema. Madrid berakhir dengan sepuluh orang saat Álvaro Arbeloa mengumpulkan kartu kuning kedua karena pelanggaran kepada Agüero dan mengakibatkan tendangan penalti.

• Tim di Stadion Etihad Manchester pada 21 November 2012:
Manchester City: Hart, Maicon, Zabaleta, Kompany, Nastasic, Kolarov (Javi García 46), Nasri (Tévez 60), Y Toure, Silva, Aguero (Milner 88), Dzeko.
Real Madrid: Casillas, Arbeloa, Ramos, Pepe, Coentrao, Khedira, Xabi Alonso, Di María (Albiol 87), Modric (Callejón 68), Ronaldo, Benzema (Varane 75).

• Empat poin membantu José Mourinho Madrid finish di posisi kedua di Grup D, di belakang Borussia Dortmund; City, kemudian dikelola oleh Roberto Mancini, berakhir di bawah dengan tiga poin setelah tidak memenangkan pertandingan.

12:23 WIB
CATATAN SEMIFINAL

Real Madrid ke semifinal Liga Champions  kelima untuk 5 musim terakhir.
• Madrid lolos ke semifinal enam kali berturut-turut, melebihi rekor 2008 /09 dan 2012 /13 rekor Barcelona sebanyak lima. Bayern membuat lima.
• Terakhir kali,  Real Madrid gagal lolos keempat kalinya pada 2008/09.
• Sejak Marseille memenangkan edisi pertama pada 1992-1993, hanya dua tim yang  memenangkan Liga Champions wlaupun sebelumnya tidak pernah memenangkan Champion Clubs 'Piala Eropa - Borussia Dortmund pada  1996 / 97 dan Chelsea di 2011/12. Dortmund adalah satu-satunya tim yang memenangkan persaingan baru di Liga Champions atau Piala Eropa pada penampilan final pertama mereka.


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters/uefa/bbc
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper